Menu
liburan
News and Lifestyle

5 Kegiatan Seru saat Liburan untuk Orang Tua dan Anak

2021.06.10

Saat mengisi waktu liburan, mungkin Anda bingung kegiatan apa yang harus dilakukan bersama-sama anak Anda ketika sedang dianjurkan untuk tidak pergi ke luar rumah. Nah, berikut beberapa bocoran kegiatan seru saat liburan untuk orang tua dan anak yang bisa Anda lakukan dengan si buah hati!

Kegiatan yang bisa Anda lakukan tidaklah harus menguras dompet Anda. Anda dapat memanfaatkan barang-barang yang mungkin tadinya hanya tergeletak di lemari dapur Anda, atau bahan-bahan bekas dari gudang Anda.

Yuk, simak 5 kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak saat liburan sekolah!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Membuat prakarya

Mungkin terlintas di pikiran Anda bahwa membuat suatu prakarya merupakan suatu hal yang merepotkan. Namun, tahukah Anda bahwa membangun suatu kreasi unik dengan anak Anda tidak hanya akan mempererat hubungan Anda dengan si kecil, namun juga melatih kreativitasnya?

Dewasa ini, banyak sekali tutorial membuat prakarya sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah. Contohnya saja, Anda dapat membuat jam dari kalender bekas atau bahkan peralatan untuk Halloween bersama anak Anda dengan menonton tutorial yang ada.

Voila! Kini anak Anda mendapatkan mainan baru buatannya sendiri, kreativitas yang lebih luas, serta waktu yang menyenangkan bersama orang tuanya!

2. Memasak makanan atau membuat kue sederhana

Jika prakarya terdengar merepotkan, maka memasak adalah cerita lain. Namun, sangatlah penting untuk membiasakan anak Anda, baik putera ataupun puteri, untuk terbiasa memasuki dapur. Jangan berikan mereka anggapan bahwa dapur adalah ‘zona milik orang dewasa’ saja. Libatkan mereka dalam kegiatan memasak Anda, tentunya dengan menggunakan peralatan yang ramah untuk anak dan pengawasan yang baik.

Anda dapat mengajak mereka untuk membuat kue atau penganan sederhana yang mudah seperti membuat kue kukis cokelat, ataupun roti lapis yang lezat. Biarkan mereka juga mencoba bahan-bahan makanan baru, sehingga mereka akan mendapatkan ilmu baru dan wawasan tentang makanan yang lebih luas.

3. Piknik di dekat rumah

piknik

Piknik tidak melulu harus dilakukan di tengah hutan, area camping, ataupun taman bermain yang populer. Anda bahkan dapat melakukannya di halaman rumah Anda! Ajak ia untuk menggelar tikar dan menata makanan serta minumannya.

Bahkan, Anda juga bisa membuat kegiatan ini lebih seru dengan membangun tenda dan menghabiskan waktu di dalamnya bersama anak Anda. Jangan lupa siapkan gitar serta marshmallow untuk membuat smores. Percayalah, kegiatan ini akan jadi memori yang tidak terlupakan!

4. Menonton video edukasi

video edukasi

Ada satu tantangan terbesar banyak orang tua dalam zaman teknologi seperti sekarang. Hal tersebut adalah sulitnya membatasi akses anak-anak terhadap konten yang tidak sesuai usia mereka. Karenanya, pengawasan harus menjadi hal yang Anda lakukan. Kenapa tidak sekalian membuat kegiatan seru saat Anda menonton video favoritnya?

Seperti halnya tutorial prakarya, Anda juga dapat menemukan banyak video-video edukasi yang bagus untuk anak Anda. Contohnya saja, Anda dapat menonton kartun petualangan yang mengajari tentang alfabet seperti Adventure to Letterland, atau menonton video menggambar cepat yang bisa mengajarkan idiom seperti EF Sketch.

5. Bermain games bersama-sama

board games

Jika Anda menganggap bermain games adalah melulu tentang video game yang banyak digandrungi anak-anak, maka Anda perlu mengenal istilah board games atau permainan papan. Terdapat banyak sekali jenis board game yang ada di dunia selain permainan terkenal seperti monopoli atau ular-tangga. Banyak di antara mereka juga yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi yang menyenangkan; seperti scrabbles atau What am I.

Selain permainan papan, Anda juga bisa mengajak mereka untuk bermain permainan tradisional seperti petak umpet atau gobak sodor. Banyak sekali pilihan permainan yang bisa Anda pilih untuk dimainkan bersama keluarga. Bahkan mungkin, Anda dapat menanyakan anak-anak permainan apa yang ingin mereka mainkan bersama-sama.

Setelah melihat 5 kegiatan seru yang bisa dimainkan bersama anak, yang manakah yang Anda akan pilih untuk mengisi liburan anak Anda? Anda dapat mengisi liburan anak-anak dengan kegiatan yang seru dan edukatif, sekaligus memanfaatkan momen tersebut untuk mendekatkan diri Anda dengan sang buah hati.

Di EF, kami juga menerapkan prinsip ini melalui kegiatan belajar yang seru dan menyenangkan. Seperti dalam program 6 Weeks of Fun Learning, saat anak-anak dapat menghabiskan waktu libur mereka dengan belajar bahasa Inggris melalui metode yang unik dan interaktif.

Penasaran dengan program ini? Yuk, isi formulir yang ada di halaman ini untuk mencoba kelas demo* dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan program liburan ini, gratis!*

Tunggu apa lagi? Segera isi liburan anak Anda dengan program terbaik dari EF!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 22-07-2021