Menu
alasan belajar online
Education Advice

10 Alasan Belajar Online

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.07.23

Halo EFriends! Apakah kamu tahu bahwa belajar daring atau online sekarang sedang menjadi salah satu metode pembelajaran yang sangat populer? Kira-kira, mengapa banyak orang beralih ke pembelajaran daring saat sedang tidak bisa keluar rumah?

Saat berbicara tentang pendidikan, pembelajaran tatap muka secara langsung memang menjadi metode yang paling efektif. Namun, apakah kamu tahu apabila dilakukan secara tepat, pembelajaran daring bisa membawa banyak manfaat untukmu?

Sebelum mengintip manfaat-manfaat yang bisa kamu dapat melalui pembelajaran online, mungkin kamu juga harus mengetahui program-program online learning gratis dari EF. Yang pasti, pastikan program yang kamu ambil dapat mendukung program yang interaktif ya!

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak 10 alasan belajar online ala EFBlog dalam daftar di bawah ini:

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Kamu Bisa Belajar di Tempat dan Waktu yang Kamu Mau

belajar online dapat di tempat dan waktu yang kamu mau

Pernah membayangkan untuk belajar saat kamu masih mengenakan piama? Atau bahkan mengikuti kelas belajarmu sambil bersender di sofa favoritmu di rumah? Dengan pembelajaran lewat daring, kamu bisa melakukan semua itu!

Kamu juga bahkan bisa mengikuti kelas sambil menyeruput minuman kesukaanmu, atau membuat kegiatannya lebih mengasyikkan dengan mengenakan kostum superhero yang kamu sukai. Buat kegiatan belajar online-mu menjadi petualangan baru yang menyenangkan setiap hari!

2. Jadwal Belajarmu Lebih Mudah Diatur

belajar online memudahkan mengatur jadwal

Misalnya saja pada hari ini kamu mendapat jadwal untuk mempelajari materi kursusmu pada jam 1 siang, maka kamu bisa menggunakan beberapa jam sebelum kelas dimulai untuk membaca ulang materi yang telah disampaikan di kelas sebelumnya.

Kamu juga bisa menentukan sendiri waktu istirahatmu, dan merancang agenda untuk mengerjakan tugas atau mengikuti kelas lain. Praktis bukan?

3. Perhatian Guru akan Fokus Padamu

belajar online membuat guru fokus padamu

Salah satu kelebihan dari belajar daring adalah perhatian guru akan lebih fokus padamu. Saat berada di kelas, terkadang banyak sekali gangguan tak terduga yang terjadi, sehingga fokus guru menjadi terbagi-bagi.

Sedangkan, ketika pembelajaran daring berlangsung guru akan lebih fokus karena menatap langsung muridnya di dalam 1 layar. Jangan coba-coba tertidur karena kamu pasti akan langsung ketahuan!

4. Kamu Bisa Mendapatkan Teman dari Seluruh Indonesia atau Dunia

belajar online bisa mendapatkan teman dari indonesia atau dunia

Menyenangkan bukan memiliki teman dengan berbagai macam suku, ras, bangsa, dan bahasa? Kamu bisa mendapatkannya dengan metode pembelajaran daring. Temanmu tidak hanya orang-orang yang ada di satu kota, namun bisa dari seluruh Indonesia bahkan dunia.

Jika sudah seperti ini, tentunya akan sangat menguntungkan bagimu karena dapat belajar kebudayaan lain secara gratis. Menyenangkan sekali bukan?

5. Kamu Tidak Usah Memikirkan tentang Transportasi

belajar online tidak repot memikirkan transportasi

Kamu termasuk orang yang suka berhemat? Kalau begitu belajar daring benar-benar bermanfaat untukmu. Kenapa? Tentu saja karena kamu tidak perlu repot memikirkan tentang transportasi.

Uang yang seharusnya dikeluarkan untuk transportasi, dapat kamu tabung dan digunakan pada keperluan lainnya. Selamat kamu bisa berhemat!

6. Kamu Bisa Meningkatkan Kemampuanmu dengan Pesat

belajar online meningkatkan kemampuan dengan pesat

Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan yang dimiliki, inilah saat yang tepat. Sekarang ini banyak sekali kelas daring yang menawarkan berbagai macam materi menarik dengan rentan waktu yang tidak terlalu lama.

Sehingga, kamu bisa mengambil berbagai macam kelas yang dapat meningkatkan kemampuanmu. Yuk coba ikuti belajar daring!

7. Kamu Tetap Bisa Melakukan Hal Lain Setelah Belajar

bisa melakukan hal lain setelah belajar online

Belajar terus menerus tentu dapat membuat pikiran menjadi jenuh. Saat belajar daring, ketika sudah letih dan jenuh, kamu bisa melakukan hal lain yang dapat membuatmu kembali bersemangat.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah pintar-pintar mengatur waktu agar apa yang menjadi tanggungjawabmu tidak terbelangkai.

8. Kamu Belajar Bertanggungjawab

belajar online juga belajar bertanggungjawab

Belajar bertanggungjawab bukanlah sesuatu yang bisa kamu lakukan dalam satu malam lalu menjadi hebat akan hal itu. Perlu dilatih terus menerus, agar sifat tersebut melekat dalam dirimu.

Saat mengikuti kelas daring, kamu dituntut untuk bertanggungjawab akan tugas-tugasmu. Dengan tidak adanya guru yang mengawasi secara langsung, disitulah kamu harus melatihnya.

9. Kamu Bisa Berhemat

belajar online bisa berhemat

Kalau kamu ingin pergi ke tempat belajar, pastinya banyak yang harus dipersiapkan. Pertama sudah pasti pakaian, lalu sepatu, tas, transportasi, dan yang paling penting untuk dibawa adalah uang. Coba bayangkan, jika kamu bisa belajar dari rumah berarti kamu tidak perlu repot memikirkan semua itu.

Kamu bisa pakai baju yang sama tanpa orang lain peduli, tidak perlu menyiapkan uang untuk transportasi ataupun membeli makan di luar. Keinginanmu untuk berhemat bukan lagi hanya khayalan!

10. Kamu Bisa Mengikuti Kegiatan Online Lain yang Diadakan Tempat Belajarmu

belajar online bisa membuatmu melakukan kegiatan lain

Inilah manfaat yang sangat bisa kamu rasakan yaitu dapat mengikuti kegiatan online lain yang diakan tempat belajarmu. Sehingga, pengetahuanmu akan semakin luas dan kemampuanmu akan terus meningkat.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah, ambillah sesuai kemampuanmu. Karena jika terlalu bersemangat untuk mengikuti banyak kegiatan online, bisa saja kamu kewalahan untuk mengatur waktu.

Sekarang kamu pahamkan kenapa saat ini belajar daring menjadi salah satu metode pembelajaran yang sangat populer?

EF juga mempunyai sebuah program online yang dirancang eksklusif untuk kamu, loh! Yuk, jadi bagian dari program online terbaik sekarang dan temukan voucher di halaman ini!

Buruan, cuma untuk kamu yang beruntung!

Ben Small Stars
Author
Ben