Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Berbagai Hal yang Bisa Turis Lakukan di Bali Saat Nyepi
Gaya Hidup

Berbagai Hal yang Bisa Turis Lakukan di Bali Saat Nyepi

2020.03.02

Jika kamu pernah pergi ke pulau Bali, kamu pasti tahu bahwa sebagian besar masyarakat Bali adalah penganut agama Hindu. Ya, pulau yang sering dijuluki dengan paradise on earth ini memang ‘pusat’ dari agama Hindu di Indonesia. Oleh karenanya hari Nyepi adalah perayaan keagamaan yang tergolong penting bagi masyarakat Bali. Namun, bagaimana dengan turis? Yuk, simak berbagai kegiatan yang bisa dilakukan turis saat Nyepi di pulau Bali.

Mengikuti ritual yang dilakukan masyarakat

Layaknya penduduk di kota mati, Bali akan menghentikan seluruh aktivitas yang dilakukannya. Bahkan, jaringan internet juga akan dimatikan pada hari Nyepi.

Akan tetapi, ada banyak ritual yang dilakukan masyarakat Bali sebelum dan sesudah Nyepi, dan kamu sebagai turis bisa ikut menyaksikannya. Ini bisa menjadi salah satu aktivitas turis ketika Nyepi yang sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa menyaksikan upacara penyucian yang disebut dengan Melasti sebelum Nyepi.

Selain itu, kamu juga bisa melihat ritual lain seperti pengrupukan sebelum hari Nyepi tiba. Sementara itu, ada pula ritual yang dilakukan masyarakat Bali sesudah Nyepi. Salah satu contohnya adalah Ngembak Gen di mana masyarakat Bali beragama Hindu akan saling bermaaf-maafan.

Tak hanya itu, ada juga ritual bagi muda-mudi Hindu di Bali yang disebut dengan omed-omedan, di mana para anak muda di Bali akan diarak untuk saling berciuman sembari disiram air oleh penduduk lainnya.

Bermeditasi

Jika kamu berlibur di Bali pada hari Nyepi, kamu harus siap untuk seharian berdiam diri dan tidak pergi ke mana pun! Mengapa? Pasalnya, tidak ada satu pun tempat wisata ketika Nyepi yang melayani pengunjung. Bandara saja berhenti beroperasi pada hari tersebut, apalagi tempat wisata.

Demi menghargai perayaan keagamaan yang dianut sebagian besar masyarakat Bali, akan lebih baik jika kamu mengikuti tradisi sambil menikmati suasana Nyepi di Bali. Kapan lagi kamu bisa berada di suatu tempat yang hening dan sepi selama satu hari penuh?

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah bermeditasi. Suasana di Bali yang tenang saat hari Nyepi memang paling cocok bagi kamu yang ingin melakukan refleksi diri dan menenangkan pikiran. Mungkin ini adalah waktunya bagi kamu untuk berhenti sejenak dari segala kegiatanmu dan lebih fokus terhadap hal-hal yang ada di sekelilingmu, yang mungkin selama ini luput dari pikiran.

Stargazing

Suasana Bali di malam hari saat Nyepi sangatlah gelap karena pada saat itu tidak boleh ada lampu atau listrik yang menyala. Tak heran malam hari akan terasa lebih sepi dan gelap. Bagi kamu yang penakut, mungkin ini akan menjadi suatu hal yang menyeramkan.

Akan tetapi, jika kamu bisa melihat dari sudut pandang lain, sebenarnya ini adalah waktu yang tepat untuk melihat bintang! Kegiatan ini mungkin tidak mudah dilakukan di malam-malam lainnya di pulau Bali.

Bintang-bintang di langit akan terlihat lebih jelas dan indah pada malam itu. Belum lagi suasananya yang tenang, akan sangat mendukung sekali untuk kamu menikmati pemandangan yang mungkin tidak bisa kamu nikmati di Bali pada malam lainnya.

Mungkin tidak banyak yang bisa kamu lakukan di Bali saat hari Nyepi, apalagi jika kamu tidak ikut merayakannya. Namun, tidak masalah kan ikut menghargai perayaan tersebut barang satu hari saja? Jadilah orang yang kreatif dan nikmati hari Nyepi di Bali dengan caramu sendiri!

Daftar Konsultasi Gratis