Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Tips Saat Meeting Dengan Klien Internasional

Tips Saat Meeting Dengan Klien Internasional

2019.09.30

Pada dasarnya, berbisnisdengan orang lain memang membutuhkan manner tau sikap profesional yangharus dipraktikkan kepada satu sama lain. Begitu juga saat meeting.Tetapi, jika kamu berbisnis dengan klien internasional, ada beberapa hal, yangmungkin akan sedikit berbeda dari biasa, yang harus kamu lakukan untukmengatasi perbedaan budaya. Pasalnya, memahami dan menghargai budaya yangberbeda ini, mungkin akan menjadi cara untuk memudahkan kerjasama dengan orang tersebut. Lantas, apa saja yang harus kamu lakukan jika hendak meetingdengan klien internasional?

1. Datang tepat waktu

Hampir tidak ada yangsuka jika orang datang terlambat. Maka dari itu, datang tepat waktu bukanlahsebuah pilihan tetapi keharusan. Apalagi jika sedang meeting denganklien.

Bahkan, beberapa negaramenjadikan ketepatan waktu sebagai salah satu budaya mereka yang tidak bisadiganggu gugat. Jadi, kalau kamu hendak meeting dengan klieninternasional, jangan sampai datang terlambat.

2. Gunakan pakaian yang rapi

Perbedaan budaya jugamenentukan pakaian seperti apa yang seharusnya kamu kenakan. Hindari pakaian yang terlalu kasual seperti celana jeans, atau kaos berkerah saat sedangmeeting dengan klien internasional yang berasal dari negara tertentu.

Jika kamu tidak yakinpakaian apa yang seharusnya dikenakan, ikuti standar pakaian rapi untukkeperluan bisnis. Tunjukkan sisi profesionalitas kamu dengan mengenakan kemejaberdasi untuk pria dan blus dilengkapi blazer dan rok span bagi wanita.

3. Perhatikan gestur tubuh

Tidak semua orang sukabersalaman. Ada yang lebih memilih untuk memberi salam dengan caramembungkukkan badan atau hanya sekedar tersenyum. Bahkan, gaya bersalaman tiaporang dari berbeda negara pun bisa berbeda-beda.

Pastikan kamu telahmempelajari terlebih dahulu bagaimana cara memulai perkenalan saat meeting denganklien dari negara tertentu. Misalnya, ada yang suka disalami dengan kuat danpenuh keyakinan. Ada pula yang lebih suka tangannya dijabat dengan ringan,bahkan ada juga yang suka disalami dengan kedua tangan.

4. Perhatikan etika berbicara

Saat berdiskusi dan bernegosiasi, ada etika berbicara yang harus kamu perhatikan. Tapi, hal inijuga bisa bergantung dengan siapa kamu berbicara, karena berbeda negara,berbeda pula budayanya dalam berbicara.

Utamanya, janganmemotong pembicaraan orang lain. Selain itu, jika kamu mau menjelaskan sesuatu,ucapkan dengan jelas. Hindari menggunakan kalimat-kalimat retoris karena klientersebut belum tentu memahaminya.

Jika kamu berkomunikasidengan bahasa Inggris, hindari menggunakan bahasa Inggris untuk sehari-hari.Sebaiknya, gunakan bahasa Inggris untuk profesional demi menunjukkan manner yang baik.

5. Simpan gadget di dalam tas

Jika kamu tidak benar-benar menggunakannya, simpan gadget yang kamu miliki saat sedang meeting dengan rekan bisnis internasional. Hindari mengutak-atik ponsel untuk hal yang tidak ada hubungannya dengan meeting tersebut.

Untuk mengurangidistraksi, matikan nada dering dan getar ponsel hingga meeting berakhir.Dengan begitu, kamu tidak akan ‘penasaran’ atau tidak konsentrasi denganberjalannya diskusi karena ingin memeriksa notifikasi.

Meeting dengan klieninternasional memang terkadang tricky. Tetapi, semua akan menjadi mudahjika kamu tahu rahasianya. Oleh karena itu, praktikkan tips dan trik di atasagar meeting berhasil dan bisa juga dipraktikkan untuk meeting denganorang lokal lho, karena kita harus menjaga profesionalisme di mana pun dandengan siapapun.

Daftar Konsultasi Gratis