Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Tips Mudah Menghafal Lirik Lagu dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

Tips Mudah Menghafal Lirik Lagu dalam Bahasa Inggris

2018.12.17

Musik dapat menjadi media yang tepat untuk menghibur diri setiap harinya. Karena, dengan mendengarkan musik ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan mulai dari menghindari stres, menenangkan pikiran sampai menjaga fokus saat beraktivitas. Selain musik yang dapat membawa suasana, lirik lagu yang dinyanyikan oleh sebuah lagu juga dapat menjadi media untuk mengekspresikan perasaan ataumoodyang tengah kamu rasakan. Saat mendengarkan lagu yang memiliki lirik, ikut bernyanyi jadi cara terbaik agar dapat membangkitkanmood. Sayangnya, menghafal lirik lagu kerap kali bukanlah hal yang mudah dilakukan terlebih jika lirik yang digunakan bukanlah berasal dari bahasa yang digunakan sehari-hari, yakni Bahasa Indonesia. Lagu-lagu yang menggunakan lirik Bahasa Inggris kerap kali sulit untuk dihafal apalagi jika intonasinya kurang jelas. Namun, dengan beberapa tips berikut kamu dapat menghafal lirik lagi dalam Bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Pilih Genre Lagu yang Tepat

Sebelum menghafal lirik dalam Bahasa Inggris, pilih terlebih dahulugenrelagu yang sesuai untuk dinyanyikan. Memilihgenrelagu sangat penting karena akan memudahkan kamu dalam mencerna dan menghafal lirik yang disampaikan oleh sang penyanyi. Pilihlah lagu dengangenrepop, klasik atau berbagaigenrelainnya yangeasy listeningdan mudah untuk dinyanyikan. Selain itu, jika kamu ingin menghafal lirik lagu dengan mudah hindarigenreseperti rap atau metal yang intonasinya sulit untuk dipahami sehingga menyulitkan kamu dalam menghafal liriknya.

Dengarkan Lagu Berulang Kali

Untuk menghafal lirik dari sebuah lagu berbahasa Inggris, kamu tidak dapat melakukannya sekali saja. Agar lebih mudah, maka kamu perlu mendengarkan lagu tersebut berulang kali dan berusaha untuk mencari tahu lirik yang dinyanyikan. Dengan mendengarkan lagu tersebut berulang kali, maka kamu bisa lebih mudah dalam menghafal lirik, terutama pada bagian yang kamu sukai dari lagu tersebut.

Hafalkan Lirik di Tiap Kalimatnya

Setelah mendengarkan berulang kali, maka secara perlahan kamu akan terbiasa irama dan lirik dari lagu tersebut. Agar lebih mudah untuk menghafal keseluruhan liriknya, kamu bisa mulai mencobanya dengan menghafal satu persatu lirik di tiap kalimatnya. Ulangi cara ini berkali-kali sampai kamu merasa lirik yang kamu hafalkan sudah pas dengan lagunya. Dengan cara menghafal satu persatu kamu akan semakin mudah untuk menghafal lirik lagu tersebut dan bisa menikmatipartkesukaan dari lagu tersebut.

Cari Tahu Arti dari Tiap Part-nya

Menyukai suatu lagu kerap kali membuat setiap orang penasaran dengan makna dari lirik yang dinyanyikan lagu tersebut. Nah, supaya kamu bisa lebih mudah dalam menghafal liriknya, kamu mungkin bisa membedah lirik lagu tersebut di tiappart-nya. Beberapa lagu Bahasa Inggris memiliki makna yang sangat dalam dan bisa jadi cara untuk mewakili perasaan kamu. Jadi, cobalah untuk membedah tiappartdari lagu kesukaan kamu untuk bisa menghafalnya.

Nyanyikan Bersama Teman-teman

Mau menghafal lirik lagu Bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan? Kamu bisa melakukannya dengan menyanyikan lagu tersebut bersama teman-temanmu. Menyanyikan lagu tersebut dapat menjadi cara yang paling mudah untuk menghafal liriknya. Jangan lupa, gunakan alat musik agar menyanyi jadi lebih seru dan mudah dalam menghafalkan liriknya.

Menyanyi untuk menghafalkan lirik merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Supaya lebih lancar dalam menyanyikan tiap kata dari liriknya, kamu perlu melancarkanpronunciationdalam bahasa Inggris. Karena,pronunciationyang salah akan membuat lagu yang dinyanyikan punya arti yang berbeda. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

Tips Mudah Menghafal Lirik Lagu dalam Bahasa Inggris