Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Self-love: Tips Ampuh Memberi Kasih Sayang untuk Diri Sendiri di Saat Senggang
Gaya Hidup

Self-love: Tips Ampuh Memberi Kasih Sayang untuk Diri Sendiri di Saat Senggang

2019.12.26

Sudahkah kamu mempraktekkan self-love? Self-love berarti memberikan kasih sayang kepada diri sendiri, dan hal itu bisa berupa apa saja. Kamu bisa mengawalinya dengan berpikir positif tentang dirimu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan dirimu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang membuat kamu merasa bahagia, tanpa harus mendahulukan orang lain. Self-love bisa dilakukan saat senggang. Apa saja sih, kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu merasa dicintai?

Lakukan hal yang paling kamu suka

Mungkin selama ini, kamu tidak pernah benar-benar bisa melakukannya karena kamu sibuk memikirkan opini orang lain. Bisa juga selama ini, kamu tidak punya waktu untuk melakukannya karena waktumu tersita untuk bekerja atau belajar. Dengan melakukan hal yang paling kamu sukai, kamu memberikan dirimu sendiri kesempatan benar-benar meluangkan waktu untuk kebahagiaanmu.

Hal ini bisa bermacam-macam bergantung dengan hal yang kamu sukai, mulai dari menonton televisi, mendengarkan musik seharian, membaca buku, belajar memasak, membersihkan rumah, belajar bahasa inggris sehari-hari, bahkan hanya tidur dan bermalas-malasan tanpa melakukan kegiatan apapun. Pastinya, setelah melakukan kegiatan yang kamu sukai, kamu akan merasa berbahagia.

Berolahraga

Berolahraga bisa jadi bukan kegiatan favoritmu. Tetapi berolahraga adalah salah satu hal yang penting untuk menunjukkan kasih sayang kepada tubuhmu. Terlalu banyak kegiatan mungkin membuatmu mudah lelah dan kamu lebih suka beristirahat daripada berolahraga. Padahal, olahraga yang tepat dengan cara yang benar bisa membantumu menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain itu, rutin berolahraga juga bisa membuatmu tidak mudah sakit dan lelah.

Kamu tidak harus melakukan olahraga yang berat untuk tetap sehat. Mulai dengan latihan-latihan singkat yang bisa kamu lakukan di rumah. Ada banyak pilihan olahraga, mulai dari yoga, senam kardio, atau berenang.

Menambah pengetahuan

Cari tahu tentang hal-hal yang menarik perhatianmu. Tentunya, hal ini adalah hal

yang akan bermanfaat untukmu, entah saat itu atau suatu saat kelak. Menambah

pengetahuan mengenai hal yang kamu suka tentu tidak sama dengan belajar pada umumnya. Mungkin, saat belajar, kamu mempelajari hal yang harus kamu ketahui, sekalipun kamu tidak menyukainya. Tetapi, mencari tahu tentang hal yang kamu sukai lebih dalam akan membuatmu bersemangat.

Jika kamu tertarik dengan politik, kamu bisa memperdalam pengetahuanmu tentang itu. Lain lagi jika kamu suka dengan sejarah. Kamu bisa membaca buku, menonton film, atau pergi ke museum sejarah untuk mengetahui lebih banyak. Hal lain juga bisa kamu lakukan jika ingin belajar ke luar negeri. Misalnya, mempertajam kemampuan Bahasa Inggris untuk mahasiswa, misalnya demi kebutuhan akademismu saat belajar di luar nanti.

Jauhkan dirimu dengan gadget

Gadget sering kali membuatmu lupa waktu. Bahkan, lebih dari itu, gadget juga bisa membuatmu stres apalagi dengan fitur media sosial yang bisa kamu gunakan saat ini. Untuk mengurangi hal-hal negatif dari penggunaan gadget, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak.

Hari libur adalah waktu yang tepat untuk menjauhkan dirimu dari gadget. Simpan gadgetmu di tempat yang tidak mudah diraih dan lakukan hal lain. Misalnya membaca buku, atau bercengkerama dengan keluarga bisa jadi alternatif yang menarik. Kalau kamu tinggal sendiri, kamu juga bisa belajar masak, atau mengundang teman-temanmu bermain ke rumah dan melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama mereka.

Daftar Konsultasi Gratis

Self-love: Tips Ampuh Memberi Kasih Sayang untuk Diri Sendiri di Saat Senggang