Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Perbedaan Utama Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Perbedaan Utama Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika

2020.03.19

United Kingdom (UK) yang lebih dikenal sebagai negara Inggris dan United States (US) yang lebih dikenal sebagai negara Amerika adalah dua negara yang terletak di benua berbeda tapi menggunakan bahasa yang sama untuk berkomunikasi. Ya, kedua negara ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada perbedaan antara keduanya. Apa saja perbedaan yang mencolok dari kedua bahasa Inggris ini?

Logat atau dialek

Dari segala perbedaan antara bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika, logat US dan UK adalah satu faktor yang paling terlihat berbeda. Sebenarnya, perbedaan aksen atau logat berbicara bukan hal yang aneh. Bahkan, baik di Amerika maupun di Inggris, aksen yang digunakan pun berbeda.

Sebagai contoh, aksen Los Angeles dan aksen New York memiliki sedikit perbedaan. Sementara di negara Inggris, warga London mungkin memiliki aksen yang berbeda dengan warga Inggris yang tinggal di Manchester.

Namun, perbedaan yang sangat mencolok antar kedua bahasa Inggris ini adalah pelafalan huruf “r”. Warga Amerika masih melafalkan huruf “r” di setiap kata yang diucapkan, sedangkan warga Inggris tidak. Huruf “r” dalam bahasa Inggris British hanya dibaca jika huruf tersebut terletak di awal kata.

Kosa kata

Perbedaan bahasa US dan UK lain yang tak kalah mencolok adalah pilihan kosa kata. Ya, ada cukup banyak hal yang memiliki kosa kata berbeda dalam kedua bahasa Inggris ini.

Sebagai contoh, dalam bahasa Inggris Amerika, kotak surat disebut dengan mailbox. Padahal, dalam bahasa Inggris British, kotak surat disebut dengan post box. Tak hanya itu, dalam bahasa Inggris Amerika, apartemen disebut dengan apartments. Sementara, flat adalah kata yang digunakan dalam bahasa Inggris British untuk mendeskripsikan hal yang sama.

Penulisan

Meski hanya memiliki sedikit perbedaan, tapi penulisan dalam bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris British juga berbeda. Perbedaan ini memang tidak terdapat pada setiap kata, akan tetapi kamu penting untuk mengetahuinya agar bisa menulis kata yang tepat saat menggunakan salah satu dari bahasa Inggris tersebut.

Sebagai contoh, dalam bahasa Inggris British, “color” dan “behavior” ditulis dengan “colour” dan “behaviour”. Sementara itu, kata “theater”, “meter”, dan “center” ditulis dengan “theatre”, “metre”, dan “centre”. Masih banyak kata lain yang memiliki penulisan yang berbeda dalam kedua bahasa Inggris tersebut. Cari tahu lebih lanjut untuk mengetahui semua perbedaan dalam penulisan ini.

Tata Bahasa

Grammar atau tata bahasa yang digunakan dalam kedua bahasa ini untuk berkomunikasi sehari-hari juga cukup berbeda. Tapi bukan berarti ada yang salah, karena ini hanya masalah kebiasaan saja. Misalnya, orang Amerika terbiasa untuk menggunakan past simple tense dalam menjelaskan suatu kejadian yang baru saja terjadi.

Sementara itu, orang Inggris lebih suka menjelaskan hal yang sama dalam present perfect tense. Sebagai contoh, orang Amerika akan mengatakan, “I went to the theater,” saat orang Inggris berkata, “I’ve been to the theatre.”

Meski terdapat begitu banyak perbedaan dalam kedua bahasa Inggris ini, bukan berarti salah satunya tidak tepat dan yang lain lebih benar. Ini hanya masalah penggunaan dan kebiasaan saja. Kamu sendiri bisa memilih mana bahasa Inggris yang lebih mudah kamu pelajari, atau bahkan kamu juga bisa mempelajari keduanya.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Perbedaan Utama Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika