Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Mindset yang Kamu Butuhkan Saat Belajar Bahasa Inggris
Karir & Bisnis

6 Mindset yang Kamu Butuhkan Saat Belajar Bahasa Inggris

2019.11.25

Saat ingin meningkatkan kemampuan dengan belajar bahasa Inggris, selain komitmen, kamu harus memiliki mindset yang tepat. Artinya, mindset atau pola pikir yang kamu miliki penting dan akan berpengaruh terhadap proses sekaligus hasil belajarmu. Jadi, apa saja pola pikir yang kamu butuhkan saat belajar bahasa Inggris? Temukan jawabannya di dalam penjelasan berikut ini.

Selalu ingat tujuan belajar

Setiap orang tentu memiliki tujuan yang berbeda. Tetapi, tujuan itu bisa dijadikan motivasi saat belajar bahasa Inggris. Kamu butuh motivasi untuk membantumu konsisten dan terus bertahan meski saat belajar, kamu mungkin menemui banyak kesulitan.Misalnya, saat kamu mulai malas pergi les bahasa Inggris, coba ingat-ingat lagi apa tujuanmu belajar. Dengan begitu, kamu akan tergerak dan semangat belajarmu yang sempat hilang mungkin akan kembali.

Terima segala kesulitan yang kamu hadapi

Tidak ada proses yang mulus tanpa masalah. Artinya, segala kesulitan yang kamu hadapi bukan pertanda semesta bahwa kamu tidak akan pernah bisa lancar berbahasa Inggris. Tetapi, terima segala kesulitan tersebut dengan lapang dada.Yakini bahwa proses belajar bahasa asing memang tidak mudah, dan setiap kesulitan itu bukan hanya kamu yang merasakannya, tetapi semua orang yang juga belajar bahasa Inggris.

Fokus terhadap proses, bukan hasil

Sering kali, kamu lebih fokus terhadap hasil belajar, bukan prosesnya. Padahal, dari proses belajar, di situlah hasil jangka panjangmu akan terlihat. Jadi, jika saat ini hasil belajarmu masih belum menonjol dibanding dengan orang lain, jangan merasa kecil hati. Ingat bahwa kesulitan masing-masing orang tentu berbeda. Lebih baik, fokus terhadap proses belajar daripada sibuk membanding-bandingkan hasil belajarmu dengan orang lain.

Ciptakan pikiran positif

Jika kamu belajar bahasa Inggris dengan pikiran yang positif, kamu akan lebih senang dan total dalam belajar. Sementara, jika kamu sibuk mengeluh setiap menghadapi masalah dalam belajar, jalan menuju keberhasilan semakin terasa sulit untuk ditempuh.Artinya, selalu bangun perasaan yang positif setiap kamu harus belajar. Misalnya, saat kamu sedang kursus bahasa Inggris dan teman kursusmu mendapatkan nilai lebih bagus. Daripada kamu merutuki nilaimu yang masih kurang bagus, lebih baik kamu mencari tahu atau meminta bantuan belajar dari temanmu yang memiliki nilai lebih bagus darimu.

Habiskan waktumu dengan orang yang memiliki semangat belajar tinggi

Teman dengan semangat belajar yang tinggi akan mendorongmu untuk ikut bersemangat saat belajar. Sebaliknya, teman yang malas juga akan menyeretmu untuk ikut bermalas-malasan. Oleh karenanya, perbanyak waktu bersama dengan orang yang memiliki semangat belajar tinggi.Suasana dan lingkungan yang mendukung akan membuatmu lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar. Kurangi menghabiskan waktu dengan orang-orang yang justru menghambat proses mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Percaya bahwa kamu bisa

Percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu merasa kamu tidak bisa percaya terhadap kemampuan, setidaknya percayai kemauanmu. Yakini bahwa kamu pada akhirnya akan mendapatkan hasil cemerlang jika kamu terus berusaha.Kalau bukan kamu sendiri yang memompa semangat dan pikiran positif, proses ke depannya akan semakin terasa berat. Jangan khawatir dengan proses orang lain dan nikmati proses yang kamu jalani. Pola pikir yang telah disebutkan di atas harus kamu miliki untuk membantumu lebih konsisten dalam menjalani proses belajar bahasa Inggris yang memang akan penuh liku. Hindari rasa malas dan jangan pernah takut membuat kesalahan. Selamat belajar!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Mindset yang Kamu Butuhkan Saat Belajar Bahasa Inggris