1500-003

Metode Tepat Belajar Bicara Seperti Native Speaker

Banyak orang yang sudah ahli dalam menggunakan tata bahasa, lancar saat berbicara tanpa perlu berpikir, namun belum tentu pronunciation atau pelafalan dari tiap kata bahasa Inggris yang diucapkannya sudah benar. Belajar melafalkan kata asing yang tidak kita gunakan sehari-hari memang punya tantangan tersendiri. Maka dari itu, agar terdengar seperti native speaker, kamu harus melatih pelafalan dari tiap-tiap kata bahasa Inggris yang kamu tahu. Simak langkah-langkah mudah untuk mempelajarinya berikut ini. 

Belajar dari mendengarkan

Salah satu cara paling ampuh untuk mempelajari pelafalan dari sebuah kata bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan bagaimana para native melafalkannya. Misalnya, menonton film atau video berbahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan podcast atau radio yang menggunakan bahasa Inggris. Saat ini, sudah banyak akses terhadap video dan audio bahasa Inggris, jadi akan sangat disayangkan jika akses ini tidak dimanfaatkan dengan baik. 

Berbicaralah di depan kaca

Berbicara di depan kaca membantumu melihat bagaimana bibirmu bergerak saat melafalkan sesuatu. Hal ini dapat mempermudah proses belajar bahasa Inggris, khususnya jika salah satu metode yang kamu gunakan untuk memoles pelafalan bahasa Inggris adalah dengan mempelajari gerak bibir.

Jika berhasil memahami bagaimana bibir bergerak atau terbentuk saat mengucapkan kata-kata tertentu, kamu akan lebih mudah mempraktikkannya. Yang kamu harus lakukan adalah terus melatihnya di depan kaca, sehingga kamu akan tahu bagaimana bentuk bibirmu saat kamu melafalkan sesuatu dengan cara yang salah. 

Berikan penekanan pada tiap bunyi atau kata

Dalam bahasa Inggris, kamu juga harus mempelajari stres atau penekanan. Artinya, kamu juga harus mempelajari pada silabel mana kamu akan memberikan penekanan tertentu. Hal ini biasanya disesuaikan dengan konteksnya. Pasalnya, beda penekanan bisa memberikan arti yang berbeda.

Misalnya, kata “present” bisa berbeda arti jika kamu memberikan stress atau tekanan yang berbeda. “PREsent” artinya “kondisi saat ini” atau “hadiah”, sementara “preSENT” artinya “memberi atau menunjukkan”. 

Rekam suaramu sendiri

Saat belajar berbicara, merekam suara sudah menjadi satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Dengan mendengarkan kembali suaramu saat mengucapkan kata-kata, kamu akan tahu apakah pelafalanmu sudah benar atau belum.

Pasalnya, sering kali kita luput untuk menemukan kesalahan dari diri kita sendiri. Jika suara itu direkam, selain kamu bisa mengoreksinya di waktu yang berbeda, kamu juga bisa memberikan rekaman suara itu kepada orang lain--mungkin native atau orang yang sudah lebih jago pronunciation-nya--sehingga bisa membantumu untuk mengoreksi jika ada kesalahan. 

Kursus bahasa Inggris

Tidak ada salahnya mengikuti kursus bahasa Inggris khusus untuk percakapan. Selain harga kursus bahasa Inggris sudah semakin terjangkau, jika kamu pergi les Inggris, kamu akan dibantu dengan orang yang sudah ahli dan tentu saja lebih mahir daripada kamu.  Bahkan, bukan tidak mungkin native bahasa Inggris sendiri yang akan mengajarimu.

Di sisi lain, kamu juga akan bertemu dengan teman-teman yang juga berjuang untuk belajar berbicara bahasa Inggris dengan lancar, sehingga kamu lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik. 

Jadi jangan putus asa jika sekarang pelafalanmu masih kurang baik. Masih banyak cara untukmu mahir berbicara bahasa Inggris. Tingkatkan rasa percaya dirimu, dan teruslah berlatih. Dengan begitu, kamu akan semakin ahli berbicara seperti native speaker. 

Coba Kelas Pertama Gratis