1500-003

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Karirmu

Media sosial kini tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi dan hiburan semata. Lebih dari itu, media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan juga Linkedin bisa berguna untuk menunjang kegiatan karirmu. Selain kemampuan bahasa Inggris untuk pemula dianggap sebagai salah satu faktor krusial, saat ini media sosial juga merupakan salah satu faktor penentu bagi para recruiter dalam menentukan kandidat-kandidat pelamar terbaik untuk bekerja di perusahaan mereka. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan penggunaannya demi kebutuhan berkarir?

Jadikan Wadah untuk Karyamu

Jika kamu suka menulis, mendesain, menggambar, dan melakukan hal lain yang dapat memamerkan kemampuan dan karyamu, jangan ragu untuk menjadikan media sosial sebagai wadahnya. Tanpa kamu sadari, kamu sedang membangun portfolio yang nantinya bisa kamu tunjukkan kepada para recruiter saat kamu melamar kerja. Hal ini bukannya tidak mungkin terjadi mengingat saat ini para recruiter juga melakukan pengecekan pada akun media sosial para pelamar kerja sebagai salah satu pertimbangan dalam proses recruitment. Jangan ragu untuk sekaligus menunjukkan kemampuanmu dalam berbahasa Asing, contohnya membuat tulisan dalam bahasa Inggris dan upload ke media sosialmu. Bagi kamu yang belum memiliki kemampuan berbahasa Asing, jangan ragu untuk segera belajar karena saat ini sudah banyak tempat belajar bahasa Inggris untuk dewasa yang tepercaya.

Jalin Koneksi dan Relasi Melalui Media Sosial

Gunakan media sosial yang kamu miliki secara positif dan hindari melakukan hal-hal yang bisa berdampak negatif pada dirimu, seperti menyebarkan ujaran kebencian atau meninggalkan komentar buruk pada akun media sosial orang lain. Justru, gunakan media sosialmu untuk berkomunikasi dengan berbagai macam orang dan jalinlah hubungan baik dengan mereka. Membangun citra baik di media sosial menjadi penting karena ia dianggap sebagai tempat di mana setiap orang menunjukkan jati diri yang sesungguhnya. Memiliki citra yang baik bukan berarti harus berpura-pura, melainkan menonjolkan kelebihan dan kebaikanmu, dan berusalah untuk tidak menggunakannya untuk hal yang tidak bermanfaat. Siapa tahu salah satu kenalan di media sosial akan melirikmu untuk bekerjasama dengannya melihat sikapmu yang baik, cerdas dan positif. 

Cari Lowongan Pekerjaan di Sosial Media

Saat ini, para job poster atau orang yang memberikan lowongan pekerjaan tidak hanya mencari kandidat melalui job portal saja, namun juga menyebarkannya melalui media sosial karena orang cenderung lebih responsif saat menggunakannya. Gunakan media sosialmu untuk mengikuti akun-akun bermanfaat dan akun-akun perusahaan agar kamu bisa dengan mudah menemukan lowongan pekerjaan di sana. Di samping itu, kamu juga bisa mengenal lebih jauh tentang prospek dan tujuan berbagai macam perusahaan dari akun media sosialnya sehingga kamu bisa mengetahui perusahaan-perusahaan mana sajakah yang menarik dan sesuai dengan visi misimu.

Cari Sumber Inspirasimu

Jika kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan baik, kamu bisa juga mendapatkan inspirasi untuk banyak hal di sana. Misalnya, kamu bisa menemukan inspirasi untuk membuat novel atau cerita pendek dari kisah yang dibagikan melalui thread yang kamu temukan di Twitter, atau kamu bisa menemukan inspirasi untuk membuat sebuah konten menarik dari foto yang kamu lihat di Instagram. Begitu juga dengan berbagai inspirasi lain untuk berbagai karyamu. Kamu akan dengan mudah menemukannya jika kamu tidak melihat media sosial hanya dari satu sudut pandang saja. 

 

Di era ini, media sosial yang memiliki berbagai jenis dan kegunaan memang seharusnya digunakan sebagaimana mestinya. Cobalah untuk mengambil segala manfaat dan berbagai hal positif serta hindari hal negatif yang kamu temukan di sana. Dengan begitu, kamu bisa dengan bijak menggunakannya untuk kebutuhan karirmu. Bagi para mahasiswa dan fresh graduates yang hendak menghadapi dunia kerja, persiapan yang matang merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sejak awal. Belajar bahasa Inggris untuk mahasiswa dan memanfaatkan media sosial sejak masih duduk di bangku kuliah bisa jadi awal dari kesuksesanmu menyongsong dunia nyata.

Coba kelas pertama gratis