Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Tips Menarik untuk Menulis Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris
Karir & Bisnis

6 Tips Menarik untuk Menulis Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris

2020.12.10

Menulis cerita pendek mungkin terdengar sederhana. Tetapi, tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Bahkan, ada yang harus menghabiskan waktu berjam-jam terlebih dahulu untuk berhasil mulai menulis. Namun, kamu bisa menerapkan beberapa tips jitu menulis cerita pendek yang menarik untuk para pembaca dalam bahasa Inggris seperti berikut ini.

Tentukan karakter utama

Biasanya, untuk memulai sebuah cerita, penulis akan berangkat dari karakternya terlebih dahulu. Oleh karena itu, penting hukumnya untuk menentukan siapa karakter yang ingin kamu ceritakan dalam cerita pendek bahasa Inggris tersebut.

Agar karakter itu terlihat lebih nyata, kamu bisa membentuk sebuah karakter dari orang-orang yang kamu kenal, atau ada di sekelilingmu. Perhatikan kebiasaan, gerak-gerik, dan sifat dan sikap yang bisa kamu tuangkan sehingga karakter buatanmu ini menjadi lebih hidup.

Tentukan outline dari cerita pendek

Meski ‘hanya’ cerita pendek, kamu tetap harus menentukan garis besarnya terlebih dahulu. Sebagai contoh, tentukan sudut pandang yang akan kamu gunakan, bagaimana kamu memulai ceritanya, bagaimana kamu menyampaikan klimaks dari cerita, dan sebagainya.

Kamu juga perlu menentukan solusi dari masalah utama yang tertuang dalam cerita, hingga bagaimana cerita itu berakhir. Menentukan beberapa hal ini memudahkan kamu menentukan alur dari cerita tersebut.

Tentukan first line yang menarik

Biasanya, dalam membaca, baik cerita pendek atau jenis tulisan lainnya, first line atau awalan dari setiap cerita itu menentukan, apakah orang lain akan terus membaca atau justru langsung berhenti dan berganti bacaan. Oleh karenanya, first line yang ‘memikat’ hati termasuk penting agar pembaca merasa tertarik dan penasaran dengan kelanjutan cerita. Ada banyak cara untuk melakukannya, tapi kamu bisa menciptakan gaya tersendiri untuk membuat first line melalui kreativitas yang kamu miliki.

Lakukan riset mendalam

Membuat cerita pendek dalam bahasa Inggris juga membutuhkan riset terhadap topik yang kamu angkat. Hal ini penting agar cerita menjadi lebih terasa nyata dan dapat dipercaya. Apalagi, orang akan semakin tertarik membaca jika cerita tersebut bisa menampilkan realita yang dekat dengan kehidupannya. Bahkan, jika kamu ingin membuat cerita pendek dengan genre fantasi, kamu tetap harus membuat detil cerita yang rinci sekaligus menarik agar pembaca percaya dengan ‘realita’ yang kamu ciptakan dalam cerita pendek buatanmu.

Baca ulang dan revisi

Hal ini tentu sudah menjadi hal yang wajar untuk para penulis. Setiap kali sedang menulis, tugas kamu adalah membaca kembali tulisan kamu dan melakukan edit sana sini agar tulisan menjadi lebih baik. Jika perlu, mintalah bantuan teman terdekat yang teliti dan kritis pada bacaan sehingga ia bisa membantu memeriksa hasil tulisanmu serta memberikan kritik membangun agar tulisanmu bisa mengalami peningkatan.

Membaca banyak cerita pendek bahasa Inggris

Jika kamu masih belum percaya diri dalam membuat cerita pendek bahasa Inggris, cobalah untuk memperbanyak referensi bacaan sejenis, misalnya perbanyak membaca cerita pendek dalam bahasa tersebut.

Dengan membaca berbagai macam cerita pendek dalam bahasa Inggris, kamu mungkin jadi tahu bagaimana memulai menulis cerita berbahasa Inggris yang menarik bagi khalayak luas.

Nah, dengan tips-tips yang sudah disebutkan di atas, kamu sudah percaya diri untuk mulai menulis cerita pendek berbahasa Inggris, kan?

Daftar Konsultasi Gratis

6 Tips Menarik untuk Menulis Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris