Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Tips Menulis Personal Statement Untuk Mendaftar Beasiswa
Karir & Bisnis

Tips Menulis Personal Statement Untuk Mendaftar Beasiswa

2023.07.12

Personal statement merupakan elemen krusial dalam aplikasi beasiswa. Tulisan personal ini bisa menjadi pertimbangan penting untuk pemberi beasiswa, seperti beasiswa LPDP, dalam menilai kesesuaian dan potensi seorang calon. Dalam konteks ini, beasiswa LPDP adalah program dari pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mencetak pemimpin dan profesional masa depan. Nah, bagaimana cara menulis personal statement yang efektif? Simak tips-tips berikut.

Pertama, pahami definisi personal statement. Personal statement adalah esai diri yang menceritakan tentang diri Anda, termasuk latar belakang, pengalaman, minat, tujuan, dan alasan mengapa Anda pantas mendapatkan beasiswa tersebut. Personal statement menjadi media bagi Anda untuk 'berbicara' langsung kepada pemberi beasiswa.

1. Memahami tujuan dan misi dari beasiswa yang Anda tuju.

Misalnya, beasiswa LPDP menargetkan individu berprestasi yang berkomitmen untuk mengabdi kepada Indonesia. Oleh karena itu, personal statement Anda harus menunjukkan bagaimana Anda dapat memenuhi kriteria tersebut.

2. Tunjukkan pengalaman dan pencapaian Anda.

Pengalaman Anda, baik dalam studi maupun pekerjaan, akan menjadi bukti nyata bahwa Anda memiliki kualitas dan potensi yang diperlukan. Jangan lupa untuk mengaitkannya dengan tujuan dan misi beasiswa yang Anda lamar.

3. Menggunakan gaya bahasa yang baik dan sopan.

Hindari jargon yang rumit dan pastikan personal statement Anda mudah dipahami. Ini juga menunjukkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan efektif.

Tips keempat dalam penulisan personal statement, ceritakan mengenai kesulitan yang Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya. Hal ini akan menunjukkan kepada pemberi beasiswa bahwa Anda adalah individu yang tangguh dan dapat mengatasi tantangan. Jika Anda pernah menghadapi kesulitan finansial atau lainnya yang membuat Anda berjuang lebih keras dalam studi atau pekerjaan, ini adalah kesempatan untuk menceritakannya.

4. Tetaplah jujur.

Tidak ada yang lebih penting dari kejujuran dalam personal statement Anda. Sebuah personal statement yang autentik dan jujur akan memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan personal statement yang dibuat-buat.

Berikut contoh personal statement sederhana

"Saya adalah seorang insinyur sipil dengan pengalaman lebih dari lima tahun. Pengalaman tersebut mengajarkan saya banyak tentang manajemen proyek dan kebutuhan infrastruktur di Indonesia. Saya melamar beasiswa LPDP karena saya ingin mendapatkan pengetahuan dan keterampilan lanjutan untuk membantu membangun infrastruktur yang lebih baik di Indonesia. Saya yakin dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki, saya bisa memberikan kontribusi nyata bagi negara saya."

Pembuatan personal statement tidak semudah membalik telapak tangan, namun dengan latihan dan persiapan yang tepat, Anda pasti bisa melakukannya. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional untuk meningkatkan kualitas personal statement Anda.

EF Adults adalah salah satu tempat terbaik untuk meningkatkan keterampilan penulisan Anda. Dengan berbagai program pelatihan dan pendekatan belajar yang efektif, EF Adults dapat membantu Anda mempersiapkan personal statement yang mampu meyakinkan pemberi beasiswa. Segera daftar dan rasakan manfaatnya!

Daftar Konsultasi Gratis

Tips Menulis Personal Statement Untuk Mendaftar Beasiswa