Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Menulis Biodata Lengkap dalam Bahasa Inggris
Karir & Bisnis

5 Cara Menulis Biodata Lengkap dalam Bahasa Inggris

2021.01.04

Menulis profil atau biodata diri saat ini mungkin dibutuhkan untuk berbagai kepentingan, mulai dari pekerjaan, pendidikan, administrasi, dan berbagai hal lainnya. Kamu mungkin tidak terlalu merasa kesulitan jika harus menuliskannya dalam bahasa Indonesia. Namun, kamu bisa saja diminta untuk menuliskannya dalam bahasa Inggris. Nah, tahukah kamu cara menulis profil yang baik dan benar dalam bahasa Inggris? Cobalah untuk mengikuti tips berikut ini untuk menulis biodata diri dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Pilih format bahasa sesuai kebutuhan

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki beberapa format bahasa, mulai dari yang formal hingga kasual. Pastikan kamu menggunakan pilihan kata yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, jika kamu hendak menulis biodata dalam bahasa Inggris untuk kebutuhan pekerjaan atau pendidikan. Tentu saja, kamu diharapkan menuliskannya dalam bahasa Inggris yang formal.

Sementara itu, apabila kamu menulis biodata untuk bertukar biodata dengan teman, untuk mengisi biodata di media sosial dan kebutuhan yang cenderung tidak terlalu mendesak, kamu boleh menggunakan bahasa Inggris kasual yang biasa digunakan sehari-hari.

Hindari penggunaan kata yang tidak dipahami

Menulis profil dalam bahasa Inggris untuk kebutuhan pekerjaan atau pendidikan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kamu tentu ingin melakukan yang terbaik agar tidak terdapat kesalahan penulisan dalam biodata tersebut. Bahkan, kamu mungkin ingin membuat orang yang membaca biodata dirimu menjadi kagum terhadap dirimu. Kamu boleh-boleh saja melakukannya, selama kamu menggunakan bahasa Inggris yang kamu benar-benar pahami.

Hindari menggunakan kata yang kamu sendiri tidak paham apa maknanya. Apalagi jika kata tersebut ternyata tidak mencerminkan siapa diri kamu sebenarnya.

Tulis apa adanya tentang dirimu

Salah satu aspek terpenting saat menulis biodata dalam bahasa Inggris adalah menjelaskan tentang dirimu apa adanya. Hindari melebih-lebihkan siapa dirimu karena hal itu sama saja dengan berbohong.

Orang yang membaca biodata tentang kamu tentu ingin lebih mengenal siapa dirimu. Daripada harus menjadi “orang lain” dalam profilmu sendiri, lebih baik tuangkan informasi yang benar-benar sesuai dengan kenyataan yang terjadi padamu.

Hal ini pun akan memudahkan kamu dalam menulis biodata lengkap dalam bahasa Inggris, karena kamu tidak perlu berpikir keras untuk “mengarang” informasi tentang siapa diri kamu yang sebenarnya.

Perhatikan tata bahasa yang digunakan

Tata bahasa juga termasuk elemen penting saat menulis dalam bahasa Inggris. Pasalnya, saat terjadi kesalahan tata bahasa atau grammatical error, kamu bisa jadi memberikan informasi yang salah. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama, apakah penggunaan grammar pada tiap kalimat sudah benar. Selain itu, tata bahasa dalam bahasa Inggris juga bisa menunjukkan keterangan waktu, seperti lampau, saat ini, maupun masa depan. Jika kamu salah menggunakan tenses, orang yang membaca biodatamu bisa jadi salah paham dengan apa yang kamu tulis di dalamnya.

Tulis informasi yang dibutuhkan saja

Saat sudah mulai merasa nyaman menulis profil dalam bahasa Inggris, bisa jadi kamu ingin mencurahkan segala informasi tentang siapa dirimu. Padahal, belum tentu kamu memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan pembuatan biodata tersebut. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari menuliskan informasi yang tidak dibutuhkan, karena hal tersebut bisa jadi membuat biodata kamu menjadi bertele-tele dan tidak enak dibaca. Untuk memastikannya, baca ulang setiap kali kamu selesai menuliskan biodata.

Beberapa tips di atas bisa kamu coba saat hendak menulis biodata. Selamat menulis!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Menulis Biodata Lengkap dalam Bahasa Inggris