Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Kata Bahasa Inggris yang Sering Terselip dalam Percakapan Bahasa Indonesia
Karir & Bisnis

4 Kata Bahasa Inggris yang Sering Terselip dalam Percakapan Bahasa Indonesia

2020.10.05

Pernah dengar, orang lain yang sedang berbicara bahasa Indonesia, tapi terselip beberapa kata bahasa Inggris seperti actually, like, probably, hingga it means? Bahkan, bisa jadi kamu salah satu di antara sekian banyak yang suka berbicara dengan mencampurkan kedua bahasa ini. Simak yuk penjelasan mengenai penggunaan dan makna dari masing-masing kata tersebut, berikut ini:

Actually

Kata actually merupakan kata keterangan atau adverb yang digunakan untuk menekankan sebuah fakta atau opini. Misalnya, “The book is actually very good.”

Kata ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan rasa terkejut atau terkesan atas fakta akan suatu hal yang kontras atau berbeda dengan yang selama ini dipercaya oleh banyak orang. Sebagai contoh, “The book price was not actually that expensive.”

Kamu juga bisa menggunakan kata actually jika ingin mengoreksi orang lain dengan cara yang sopan. Biasanya, actually digunakan untuk mengoreksi pemahaman orang lain akan suatu hal yang kamu tahu tidak sesuai dengan fakta. Misalnya, “We are not married, actually.”

Penggunaan actually yang juga tepat adalah saat kamu ingin mengubah topik atau mengucapkan suatu hal yang mungkin tidak disukai oleh lawan bicara. Dengan menggunakan kata actually, kamu melakukan salah satu dari kedua hal tersebut dengan cara yang sopan.

Contohnya, “Actually, I haven’t eaten anything since morning. Can I eat first and talk later?” Meski kamu berbicara dalam bahasa campuran, pastikan untuk selalu memperhatikan penggunaan actually yang benar dan sesuai.

Like

Kata like memiliki makna yang cukup luas. Bahkan, kata like termasuk ke dalam kata kerja dan juga preposisi. Sehingga, penggunaan kata like pun juga semakin banyak. Kamu bisa menggunakan kata like berdasarkan maknanya masing-masing.

Sebagai kata kerja, like digunakan untuk menunjukkan rasa suka terhadap sesuatu atau seseorang seperti pada kalimat, “I really like you.”

Namun, like juga bisa digunakan untuk menyatakan sebuah permintaan. Penggunaannya selalu berdampingan dengan kata would, seperti, “I would like to make a reservation.”

Sementara itu, kata like sebagai preposisi juga memiliki beberapa makna. Pertama, kata like digunakan untuk menjelaskan kemiripan dengan sesuatu atau seseorang. Misalnya, “He has a pair of shoes like mine.”

Lalu, kata like juga bisa digunakan untuk menanyakan opini kepada orang lain. Kata ini juga bisa digunakan untuk memberikan contoh. Misalnya, “I like to watch romance movies like When Harry met Sally and Pretty Woman.”

Probably

Sama dengan actually, kata probably termasuk dalam kata keterangan. Penggunaan probably biasanya untuk menjelaskan sesuatu yang sangat mungkin terjadi. Sebagai contoh, “He will probably be home by midnight.”

Contoh lain dari penggunaan probably adalah dalam percakapan singkat seperti, “Is she going to be here?” yang dijawab dengan, “Probably.” Artinya, kemungkinan besarnya seseorang yang sedang dibicarakan akan ada di tempat tersebut.

It means

Dua kata ini sering sekali digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia. Jika it merupakan subjek yang berupa kata benda, means adalah kata kerja yang berfungsi sebagai predikat.

Frasa ini biasanya digunakan untuk menjelaskan makna dari suatu hal yang sedang dibicarakan. Contoh penggunaan it means adalah, “She goes to medical school. It means she will be a doctor.”

Nah, bagaimana, apakah kamu sudah menggunakan masing-masing kata dengan tepat?

Daftar Konsultasi Gratis

Kata Bahasa Inggris yang Sering Terselip dalam Percakapan Bahasa Indonesia