Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengikuti Test TOEFL?

2019.12.26

Test of English as a Foreign Language yang lebih dikenal dengan TOEFL adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang banyak diminati oleh para pemula. Tapi, kapan sih waktu yang tepat jika kamu ingin mengambil tes ini?

Saat kamu membutuhkannya

Mengambil tes TOEFL memang termasuk hal yang penting. Namun, salah satu tips tes TOEFL adalah mengikutinya di waktu yang tepat. Misalnya, saat kamu memang butuh sertifikat TOEFL untuk melamar pekerjaan atau saat kamu sedang ingin daftar beasiswa, kuliah, dan berbagai kegiatan lain yang mengharuskan kamu untuk mengantongi sertifikat ini. Hindari untuk mengambil tes TOEFL di waktu yang salah. Misalnya, saat kamu tidak memiliki niatan apapun untuk mulai bekerja, mulai sekolah, dan sertifikatnya tidak dibutuhkan waktu dekat. Bukan apa-apa, namun sertifikat TOEFL memiliki masa berlaku.

Artinya, dalam kurun waktu tertentu, sertifikat tersebut akan kadaluarsa. Jika dalam kurun waktu tertentu kamu tidak punya intensitas menggunakannya, sertifikat itu akan terbuang sia-sia.

Saat kamu sudah siap

Daripada buru-buru mengikuti tesnya, lebih baik persiapkan dengan matang hingga waktu yang tepat datang. Salah satu strategi lulus tes TOEFL adalah mempersiapkan dan mempelajari materinya sebaik mungkin. Masalahnya, jika kamu mengambil tes ini tanpa persiapan, skor yang kamu dapat bisa saja di bawah target yang kamu inginkan.

Cara belajar TOEFL untuk pemula adalah memperbanyak latihan. Semakin sering mengerjakan latihan soal, kamu akan semakin “akrab” dengan soal-soal TOEFL sehingga saat mengikuti real-testnya, kamu tidak akan merasa soal tersebut terlalu sulit.

Saat diadakan oleh institusi

Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, tidak ada salahnya mengikuti tes TOEFL yang diadakan di sekolah atau kampus. Meski biasanya sertifikasi yang dikeluarkan bukan resmi dari ETS, setidaknya kamu bisa menggunakan ajang tes ini sebagai tes latihan.

Selain itu, harga yang dipatok umumnya lebih murah, jadi jika memang hanya untuk kebutuhan mencoba dan mengukur kira-kira berapa hasil tes mu jika mengikuti tes TOEFL dari institusi seperti ini. Jadi, kamu bisa seberapa besar kamu harus belajar untuk persiapan resttest TOEFL nanti.

Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk mengikuti tes TOEFL bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Pasalnya, semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Maka dari itu, hanya kamu yang paling tahu, kapan saat yang tepat untuk mengambil tes ini. Selalu persiapkan diri dan upayakan yang terbaik agar hasil tes tidak mengecewakan.

Daftar Konsultasi Gratis