Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Genre Film yang Harus Dihindari Saat Belajar Bahasa Inggris Dasar
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Genre Film yang Harus Dihindari Saat Belajar Bahasa Inggris Dasar

2019.12.13

Belajar bahasa Inggris lewat film bisa menjadi hal yang amat menyenangkan. Apalagi jika kamu memang hobby menonton film, baik di bioskop atau di rumah. Tapi, ada juga, lho, genre film yang mungkin harus kamu hindari jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dasar. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Crime

Genre crime memang sedang booming dan banyak peminatnya. Contohnya, film seperti Joker dan Triple Frontier. Sayangnya, genre ini kurang cocok untuk digunakan sebagai media belajar bahasa Inggris. Mengapa? Karena film dengan genre crime sarat dengan kosakata yang jarang digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Memang benar bahwa kamu bisa belajar bahasa Inggris dari film apapun, tetapi jika kamu masih belajar bahasa Inggris dasar, lebih baik cari tontonan ringan yang memudahkan kamu memahami cerita dan kosakata yang digunakan.

Science fiction

Mungkin genre ini akan lebih cocok jika kamu ingin belajar bahasa Inggris khusus untuk istilah-istilah science. Tapi, bila kamu ingin belajar bahasa Inggris dasar, genre ini justru akan membuatmu "takut" dan pusing untuk belajar bahasa ini.

Science fiction penuh dengan istilah-istilah ilmiah yang bisa membuat kepala pening jika kamu tidak terbiasa. Hal ini juga bisa menghambat proses belajarmu, lho. Maka dari itu, hindari genre ini kalau kamu masih belajar kemampuan dasar.

Horor

Sebenarnya, kamu mungkin saja mendapatkan manfaat menonton film bahasa Inggris untuk belajar dari genre horror. Pasalnya, ada beberapa film horor yang dibuat dari kisah kehidupan sehari-hari. Sehingga, kamu masih bisa mempelajari kosakata dari adegan sehari-hari.

Masalahnya, saat menonton film horror, kamu mungkin lebih konsentrasi terhadap jalan ceritanya dan tidak fokus untuk belajar karena ketakutan dan lain sebagainya. Belum lagi jika filmnya tidak memiliki banyak dialog sehingga kamu pun semakin kesulitan belajar.

Fantasy

Film fantasy seperti Harry Potter atau Twilight mungkin menarik untuk ditonton, tapi genre film ini kurang cocok jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dasar. Selain karena ceritanya yang terkadang rumit, film fantasy justru memberikan kosakata baru yang tidak digunakan di dalam dunia nyata.

Misalnya, saat kamu menonton saga Harry Potter, kamu akan menemukan kata muggle, quidditch, dementor, dan banyak istilah lain yang hanya terdapat di dalam

film. Namun, tidak bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Action

Tentu kamu sudah akrab dengan genre yang satu ini. Film dengan genre yang sering kali bikin gregetan dan perasaan tegang ini memang sayang jika dilewatkan. Tetapi, kamu juga tidak bisa menggunakannya untuk belajar bahasa Inggris dasar.

Pasalnya, film action sarat dengan adegan bertarung, kejar-kejaran di jalan, dan aksi ngebut di jalanan. Sering kali, film ini menampilkan adegan tak berdialog, sehingga kamu pun kesulitan mencari bahan belajar dan manfaat menonton film bahasa Inggris yang satu ini.

Alih-alih menonton semua genre yang sudah disebutkan di atas, jika kamu ingin belajar bahasa Inggris lewat film, kamu bisa memilih genre komedi, drama, dan romance yang cenderung sarat dialog, serta percakapan yang dilakukan sehari-hari. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan manfaat menonton film berbahasa Inggris untuk belajar. Selamat mencoba, ya.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Genre Film yang Harus Dihindari Saat Belajar Bahasa Inggris Dasar