Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Ungkapan Rasa Kasihan dalam Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan
Gaya Hidup

4 Ungkapan Rasa Kasihan dalam Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan

2021.08.12

Saat melihat seseorang sedang mengalami masalah, berduka, atau hal yang kurang beruntung lainnya, kamu tentu ingin mengungkapkan rasa kasihan kepada orang lain. Akan tetapi, tidak semua orang merasa nyaman dikasihani. Oleh sebab itu, penting untuk menyampaikan ungkapan rasa kasihan dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa ungkapan rasa kasihan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan:

I’m sorry to hear that

Ungkapan rasa kasihan atau simpati yang satu ini memang salah satu yang paling umum. Alhasil, ungkapan ini bisa kamu gunakan dalam berbagai situasi. Contohnya, kamu bisa mengungkapkan “I’m sorry to hear that” kepada orang lain baik saat sedang berduka atas kematian seseorang, sedang kehilangan pekerjaan, atau berbagai kejadian buruk lain yang menimpa orang tersebut. Nah, ungkapan “I’m sorry to hear that” tidak ada kaitannya dengan permintaan maaf. Kata “sorry” menandakan adanya empati dan belas kasihan atas kondisi tak menyenangkan yang menimpa orang lain. Dengan menggunakan pilihan kata tersebut menunjukkan bahwa kamu turut merasakan duka atau perasaan tak menyenangkan yang dirasakan olehnya.

Kamu juga bisa memodifikasi ungkapan ini dengan berbagai padanan kata lainnya, seperti berikut:

I’m sorry for your loss.

I’m sorry it happened to you.

I’m sorry to hear such terrible news.

I’m terribly sorry. Words simply aren’t enough. 

I can’t tell you how sorry I am.

I feel bad for you

Ungkapan yang satu ini juga bisa kamu sampaikan sebagai bentuk rasa kasihan kepada orang lain yang juga baru mengalami kejadian tak menyenangkan. Meski demikian, ungkapan ini akan lebih sesuai untuk suatu kondisi yang mungkin tidak terlalu parah atau serius. Contohnya, saat orang lain baru saja pulang dalam kondisi basah kuyup karena kehujanan dan ia lupa membawa payung. Contoh lain, saat orang lain menceritakan bahwa ia baru saja merasa malu karena pergi ke minimarket dan tidak bisa membayar belanjaan karena lupa membawa dompet. Ini artinya, kamu menyampaikan rasa kasihan atau empati saat kejadian tersebut telah berlalu. Selain itu, kamu sudah tidak punya kesempatan untuk membantu memperbaiki keadaan buruk yang menimpa orang tersebut.

Dengan menggunakan ungkapan kasihan dalam bahasa Inggris yang satu ini, kamu bisa menunjukkan kepada orang tersebut bahwa kamu ikut merasa tak senang atas apa yang dialami oleh orang tersebut.

I can’t imagine how you must feel

Ungkapan rasa kasihan dalam bahasa Inggris yang satu ini juga bisa kamu sampaikan kepada seseorang yang baru saja menceritakan kondisi atau kejadian tak menyenangkan yang sedang atau baru saja ia alami. Ungkapan ini bisa kamu gunakan untuk kondisi yang cukup serius, misalnya kematian seseorang, hilangnya pekerjaan, kerugian besar-besaran, dan kejadian tak menyenangkan lainnya. Rasa sedih sebenarnya kondisi yang sangat personal.

Ini artinya, bahkan rasa sedih atau tak nyaman yang kamu rasakan saat melihat orang lain ditimpa musibah mungkin tetap tak bisa menggambarkan rasa sedih yang dialaminya. Oleh sebab itu, ungkapan ini menunjukkan bahwa kamu memvalidasi perasaan yang ia miliki. Dengan kata lain, kamu menyetujui bahwa dalam kondisi seperti itu, orang tersebut pantas untuk merasakan sedih yang sedang ia rasakan.

My heart hurts for you

Ungkapan rasa kasihan dalam bahasa Inggris yang satu ini juga bisa kamu gunakan jika ingin menunjukkan empati atas musibah yang dialami oleh orang lain. Penggunaan kalimat, “My heart hurts for you,” dengan kata lain menyatakan bahwa kamu turut sedih atas kejadian yang menimpanya.

Hal ini juga menunjukkan bahwa kejadian sedih yang dialami orang tersebut juga turut mempengaruhi suasana hatimu. Dengan begitu, kamu membantu orang lain untuk tidak merasa sendirian dalam menghadapi kesedihan yang dialaminya.

Masih ada banyak ungkapan rasa kasihan dalam bahasa Inggris lain yang bisa kamu sampaikan kepada orang lain. Pelajari dan gunakan sesuai dengan kondisinya, ya.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Ungkapan Rasa Kasihan dalam Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan