Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Ungkapan Bahasa Inggris Pengganti "I Don't Know"
Gaya Hidup

5 Ungkapan Bahasa Inggris Pengganti "I Don't Know"

2021.09.29

Saat ingin mengucapkan “Saya tidak tahu,” dalam bahasa Inggris, biasanya kamu akan mengatakan, “I don’t know.” Hal ini tentu saja tidak salah. Akan tetapi, kamu bisa memperluas kemampuan berbahasa Inggris dengan mencoba menggunakan ungkapan lain. Ya, dalam bahasa Inggris, ada beberapa ungkapan lain yang bisa kamu gunakan jika ingin menyatakan “Tidak tahu.” Berikut adalah beberapa contoh ungkapan tersebut:

I have no idea

Jika kamu menerjemahkan kalimat tersebut secara langsung, artinya menjadi, “Aku tidak memiliki ide.” Padahal, tidak semua kalimat dalam bahasa Inggris bisa kamu terjemahkan secara langsung. Terkadang, kamu harus memahami konteksnya terlebih dahulu. Nah, hal ini berlaku pada kalimat, “I have no idea.” Alih-alih bermakna, “Aku tidak memiliki ide,” kalimat tersebut lebih cocok diartikan sebagai, “Aku tidak tahu.” Kalimat ini bisa digunakan jika seseorang bertanya akan suatu hal atau pendapat, tetapi kamu tidak tahu.

I haven’t got a clue

Sama dengan kalimat sebelumnya, kalimat I haven’t got a clue bisa kamu gunakan sebagai bahasa Inggris dari kalimat “Tidak tahu”. Kalimat ini juga tidak bisa kamu artikan secara lugas, karena dalam bahasa Indonesia akan menjadi, “Aku masih belum mendapat petunjuk.”

Meski arti tersebut tidak salah, akan tetapi konteks yang tepat adalah kamu masih belum mendapat petunjuk akan suatu informasi yang mungkin seharusnya kamu ketahui. Sebagai contoh, saat seseorang bertanya mengenai peraturan kantor tempatmu bekerja yang terbaru. Saat itu, kamu belum mendapatkan informasi apapun, padahal sebagai pegawai tentu kamu seharusnya mengenai peraturan tersebut. Nah, ketika itu, kamu bisa menjawab dengan kalimat, “I haven’t got a clue,” yang artinya kamu masih belum tahu, tetapi mungkin di masa mendatang akan mengetahuinya.

I’ve been wondering the same thing

Nah, dalam bahasa Inggris, kalimat, “Tidak tahu,” juga bisa kamu sampaikan menggunakan kalimat, “I’ve been wondering the same thing.” Jika kamu artikan secara langsung, kalimat tersebut bermakna, “Aku juga sedang berpikir dan mencari tahu tentang hal yang sama.” Nah, dengan menyatakan kalimat tersebut, kamu mengindikasikan ketidaktahuan terhadap hal yang sedang ditanyakan oleh lawan bicara. Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan kalimat tersebut untuk menggantikan kalimat “I don’t know” jika ingin menyatakan bahwa kamu tidak mengetahui akan suatu hal tertentu.

I’m at loss

Kalimat I’m at loss juga bisa kamu gunakan jika ingin menyatakan ketidaktahuan selain menggunakan I don’t know dalam bahasa Inggris. Meski demikian, kalimat ini lebih merujuk kepada ketidaktahuan yang dapat membuat kamu sendiri merasa bingung.

Sebagai contoh, saat kamu mengerjakan sebuah ujian, tetapi tidak ada satupun materi yang kamu pahami dari soal-soal yang keluar. Justru, kamu merasa kebingungan karena materi yang kamu pelajari sebelumnya tidak ada yang keluar pada saat ujian.

Nah, pada kondisi tersebut, kamu bisa menyatakan, “I’m at loss” karena kamu kebingungan dengan kondisi yang sedang kamu alami.

How could I know?

Nah, kalimat yang satu ini tidak sebaiknya kamu gunakan jika tidak akrab dengan lawan bicara. Selain itu, kalimat ini lebih sesuai jika digunakan dalam kondisi yang informal. Pasalnya, kalimat, “How could I know?” mengindikasikan kekesalan atau rasa tak suka terhadap pertanyaan mengenai suatu informasi.

Kalimat, “How could I know” bisa kamu gunakan saat seseorang bertanya mengenai informasi yang tidak kamu ketahui tapi seharusnya lawan bicara juga paham bahwa kamu tidak mungkin tahu mengenai hal tersebut. Oleh sebab itu, kamu bisa menunjukkan rasa kebingungan atau rasa heran akan pertanyaan tersebut dengan menggunakan kalimat How could I know? sebagai jawabannya.

Nah, kini kamu sudah paham kan ungkapan-ungkapan lain yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti, “I don’t know?” Gunakan secara bergantian agar kemampuan bahasa Inggrismu semakin terasah. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Ungkapan Bahasa Inggris Pengganti "I Don't Know"