Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Ungkapan Bahasa Inggris Hati-hati di Jalan
Gaya Hidup

6 Ungkapan Bahasa Inggris Hati-hati di Jalan

2022.09.26

Kamu pasti pernah mengucapkan “Hati-hati di jalan” kepada lawan bicara saat hendak berpisah. Ini adalah perhatian yang kamu berikan kepadanya dengan berharap bahwa ia akan berhati-hati selama perjalanan pergi ke tempat lain atau pulang ke rumah. Nah, perhatian seperti ini ternyata juga ada dalam bahasa Inggris. Ada beberapa ungkapan yang bisa kamu sampaikan kepada lawan bicara untuk menyampaikan perhatian serupa. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa ungkapan dalam bahasa Inggris saat kamu ingin mengucapkan “hati-hati di jalan”:

Take care!

Ungkapan pertama dalam bahasa Inggris yang cukup sering digunakan saat hendak berpisah dengan orang lain adalah, “take care!” Ungkapan tersebut sama persis maknanya dengan “hati-hati di jalan.” Pasalnya, saat mengucapkan, “take care” kamu berharap lawan bicara tersebut menjaga diri.

Bahkan, tak sekadar menjaga diri sepanjang perjalanan, “take care” memiliki arti lebih luas lagi, yaitu menjaga diri agar selalu selamat dan sehat sampai pertemuan kalian berikutnya. 

Drive safe!

Sedikit lebih spesifik dari ungkapan sebelumnya, “drive safe” juga bisa kamu sampaikan sebagai bentuk perhatian kepada lawan bicara saat hendak berpisah jalan. Namun, “drive safe” lebih sesuai jika kamu sedang berbicara dengan orang yang membawa kendaraan sendiri.

Saat mengucapkan ungkapan tersebut, kamu juga berharap agar ia berhati-hati selama perjalanan, tetapi lebih mengarah kepada hati-hati mengendarai kendaraan yang dikendarainya. Kamu bisa mengucapkan kepada lawan bicara yang membawa mobil maupun motor.

Mind how you go

Ungkapan yang cenderung tidak formal ini bisa kamu gunakan jika ingin menyampaikan perhatian seperti, “hati-hati di jalan” dalam bahasa Inggris. Saat mengucapkan ungkapan tersebut, kamu berharap agar lawan bicara bisa menjaga diri selama perjalanan.

Mengingat “mind how you go” adalah ungkapan yang informal, hindari untuk mengucapkannya dalam situasi formal. Kamu juga bisa menyampaikan ungkapan ini kepada teman atau orang terdekat. Namun, ungkapan ini mungkin akan kurang sopan atau kurang layak disampaikan kepada orang lain yang lebih tua atau atasan di tempat kerja.

Stay out of trouble

Ungkapan berikutnya yang juga bisa kamu gunakan jika ingin mengucapkan “hati-hati di jalan” dalam bahasa Inggris adalah, “stay out of trouble”. Ungkapan yang tergolong kasual ini bisa kamu sampaikan kepada lawan bicara yang sering mendapatkan masalah.

Saat mengucapkan ungkapan ini, kamu berharap ia berhati-hati selama perjalanan dan menghindari berbagai kondisi yang bisa menyebabkan ia berada dalam masalah. Bisa dikatakan bahwa ungkapan ini juga bisa berupa nasehat yang ingin kamu berikan kepadanya.

Godspeed

Ungkapan yang satu ini juga ternyata bisa kamu gunakan, lho, jika ingin menyampaikan “hati-hati di jalan” dalam bahasa Inggris. “Godspeed” adalah ungkapan yang bermakna bahwa saat kamu mengucapkannya kepada lawan bicara, kamu berharap bahwa ia bisa menjalani perjalanan yang aman dan selamat hingga sampai ke tujuannya.

Sama dengan beberapa ungkapan sebelumnya, “Godspeed” cenderung informal atau kasual. Oleh sebab itu, hindari mengucapkannya dalam situasi formal.

Get home in one piece

Contoh kalimat lain yang juga bisa kamu gunakan untuk menyampaikan keinginan atau harapan agar lawan bicara tersebut bisa berhati-hati di perjalanan adalah, “get home in one piece”. Mengapa? Kata yang satu ini memiliki makna, “Sampailah ke rumah dalam keadaan utuh.”

Itu tandanya, kamu berharap bahwa ia selamat sampai di tujuannya, yaitu rumah. Dengan berharap ia sampai di rumah dalam keadaan utuh, kamu sebenarnya juga berharap agar ia menjaga diri selama di perjalanan pulang.

Nah, cari tahu lebih banyak lagi contoh ungkapan lain dalam bahasa Inggris untuk menyampaikan “hati-hati di jalan,” ya!

EFellas masih mau cek artikel lain untuk menambah info tentang bahasa Inggris? EFellas bisa klik di sini ya. Selamat membaca.

Daftar Konsultasi Gratis

6 Ungkapan Bahasa Inggris Hati-hati di Jalan