Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Persiapan Nikah dengan Budget Minimalis
Gaya Hidup

5 Tips Persiapan Nikah dengan Budget Minimalis

2023.04.19

Pernikahan sering kali dianggap sebagai suatu acara yang harus dilaksanakan dengan mewah, dengan dalih akan melakukannya sekali seumur hidup. Padahal, pernikahan tetap bisa dilaksanakan meski hanya dengan budget nikah sederhana. Hal ini disebabkan, yang harus dipersiapkan dengan matang adalah pernikahannya itu sendiri, bukan hanya pestanya saja. Oleh sebab itu, jika kamu baru memiliki budget minimalis tetapi sudah mantap untuk melaksanakan pernikahan, jangan merasa ragu. Kamu bisa mengintip tips mempersiapkan pernikahan secara sederhana seperti berikut ini:

Membatasi jumlah undangan

Terkadang saat hendak mengadakan acara pernikahan, kamu dan keluarga ingin mengundang semua orang yang kamu kenal. Padahal, banyaknya jumlah undangan sangat berpengaruh terhadap biaya pernikahan secara menyeluruh.

Bagaimana tidak, semakin banyak orang yang kamu undang, semakin banyak pula jumlah makanan yang perlu kamu pesan dari catering. Belum lagi untuk mengundang tamu dalam jumlah besar kamu perlu menyewa venue yang luas agar bisa menampung semua tamu.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menghemat biaya pernikahan adalah membatasi jumlah tamu undangan. Pastikan bahwa kamu hanya mengundang orang-orang terdekat saja. Selain menghemat, cara ini juga bisa membuat pernikahanmu terasa lebih intimate.

Mengurangi biaya seragam keluarga dan teman

Salah satu hal yang biasanya membuat budget pernikahan membengkak adalah seragam yang dibagikan kepada keluarga atau teman terdekat. Padahal, hal semacam ini tidak mempengaruhi sah atau tidaknya sebuah pernikahan.

Oleh sebab itu, alangkah bijaknya jika kamu bisa memangkas biaya pengeluaran dengan cara tidak membagikan seragam terlalu banyak. Jika memungkinkan, tidak perlu membagikan kain kepada bridemaids. Kamu bisa mengakalinya dengan meminta mereka menggunakan dresscode.

Dengan begitu, saat foto kamu dan teman-teman tetap terlihat bagus dan kompak tanpa perlu mengeluarkan biaya berlebihan. Hal ini biasanya juga akan membantu teman kamu untuk menghemat karena saat membagikan kain bridesmaid, mereka juga perlu mengeluarkan uang untuk menjahitkan kain tersebut menjadi baju yang akan dipakai di pernikahanmu nanti.

Menyewa pakaian pengantin

Hal yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya pengeluaran dari sebuah pernikahan adalah menyewa alih-alih membeli pakaian untuk pengantin. Pasalnya, biaya membeli atau membuat baju pengantin biasanya tergolong cukup mahal.

Apalagi jika kamu menjahitkan baju pernikahan di desainer terkenal dengan detail baju yang cukup rumit. Tentu biaya yang kamu perlu keluarkan akan semakin besar. Oleh sebab itu, salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menyewa pakaian pengantin.

Selain itu, pakaian pengantin biasanya hanya dipakai satu kali saja dan tidak bisa digunakan lagi di lain waktu. Maka itu, demi menghemat pengeluaran, kamu bisa menyewa pakaian untuk acara pernikahan.

Hindari menggunakan jasa wedding organizer

Salah satu pengeluaran terbesar saat mengadakan acara pernikahan adalah menggunakan jasa wedding organizer atau WO. Ini adalah pengeluaran yang bisa dihindari, jika memang masih memungkinkan untuk mengurus pernikahan sendiri.

Mungkin memang membutuhkan usaha ekstra untuk mengurus segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan WO, akan tetapi hal ini jelas akan membantu kamu menghemat biaya pernikahan. Lagipula, terjun langsung mengurus pernikahan sebenarnya membuat kamu lebih memahami persiapan dan menghindari permasalahan yang tidak perlu.

Mengadakan acara pernikahan di hari kerja

Umumnya, pernikahan memang diadakan di akhir pekan, seperti hari Sabtu atau Minggu. Akan tetapi, tidak ada salahnya menikah di hari kerja, seperti hari Senin hingga Jumat. Hal ini bisa juga membantu menekan budget pernikahan karena biasanya biaya sewa venue dan vendor-vendor lain akan lebih murah jika dilakukan pada hari kerja dibandingkan dengan akhir pekan.

Tak hanya itu, ketersediaan jasa vendor biasanya lebih mudah dicari saat hari kerja karena pasangan lain lebih memilih untuk menikah di akhir pekan. Dengan begitu, kamu menjadi lebih leluasa memilih vendor-vendor dengan harga yang terjangkau untuk hari pernikahan nanti.

Nah, bagaimana, apakah kamu sudah mempersiapkan pernikahan dengan biaya seminimalis mungkin?

Daftar Konsultasi Gratis

5 Tips Persiapan Nikah dengan Budget Minimalis