Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan "Trip", "Travel", "Tour", dan "Journey" dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

Perbedaan "Trip", "Travel", "Tour", dan "Journey" dalam Bahasa Inggris

2022.02.03

Sebagai pengguna bahasa Inggris, kamu tentu mengenal kata “trip”, “travel”, “tour” dan “journey”. Bahkan, kamu mungkin pernah menggunakannya saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik dengan berbicara, maupun menulis. Biasanya, keempat kata tersebut digunakan untuk menjelaskan bahwa kamu sedang liburan. Lalu, bagaimana cara membedakan waktu penggunaannya? Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap dari masing-masing kata dan contoh penggunaannya yang tepat:

Trip

Secara harfiah, kata “trip” artinya adalah sebuah perjalanan, biasanya bolak-balik ke suatu tempat. Meski bisa digunakan untuk perjalanan jauh, kata “trip” akan lebih sesuai digunakan untuk perjalanan singkat yang sengaja dilakukan untuk kesenangan atau menyenangkan diri sendiri. Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan kata “trip” yang berupa kata benda atau noun untuk menceritakan perjalanan kerja (business trip), liburan singkat (short trip), atau liburan sekolah (school trip). Agar lebih jelas bagaimana menggunakan kata “trip” dengan tepat, berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa kamu pelajari:

We had a short trip to Bandung last week. (Kami melakukan perjalanan singkat ke Bandung minggu lalu.)

He’s gone to Paris for a business trip. (Dia pergi ke Paris untuk melakukan sebuah perjalanan bisnis.)

He went with me to my overseas trip last year. (Dia ikut bersamaku melakukan perjalanan ke luar negeri tahun lalu.)

She’s planning a trip to Singapore. (Dia merencanakan sebuah perjalanan ke Singapura.)

Travel

Kata “travel” dalam bahasa Inggris biasanya bisa diartikan sebagai “bepergian”. Itu sebabnya, saat kamu jalan-jalan ke berbagai tempat dalam jarak yang cukup jauh, kamu bisa disebut sedang travelling. Kata ini sebenarnya tidak berbeda jauh maknanya dengan kata “trip”. Akan tetapi, jika “trip” adalah kata benda atau noun, kata “travel” termasuk sebagai kata kerja atau verb. Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan kata “travel” untuk menunjukkan aksi atau kegiatan yang dilakukan dan berkaitan dengan bepergian. Jika kegiatan tersebut sedang berlangsung saat kamu mengatakannya, kamu bisa menggunakan kata “travelling” sebagai present participle dari kata “travel”.

Untuk lebih memahami penggunaan kata ini dengan tepat, simak beberapa contoh kalimat berikut ini.

I traveled abroad a lot last year.  (Aku sering bepergian ke luar negeri tahun lalu.)

We love to travel by train. (Kami suka bepergian menggunakan kereta api.)

My parents enjoy travelling around Asia continent. (Orangtua saya sangat menikmati bepergian keliling benua Asia.)

Tour

Sama halnya dengan kata trip, kata tour juga termasuk sebagai kata benda atau noun. Kata yang satu ini memiliki makna “perjalanan yang dilakukan ke beberapa tempat, bisa daerah, kota, hingga negara”. Hal ini bisa digunakan untuk mendeskripsikan sebuah perjalanan yang menyenangkan dan dilakukan secara berkelanjutan ke beberapa tempat. Meski demikian, kata ini sebenarnya juga bisa difungsikan sebagai verb layaknya “travel”. Biasanya, jika digunakan sebagai kata kerja, tour bermakna aktivitas bepergian yang dilakukan ke beberapa tempat secara berkelanjutan.

Berikut adalah contoh penggunaan kata “tour” sebagai  noun dan kata “tour” sebagai verb dalam kalimat Bahasa Inggris yang tepat.

Kata “tour” sebagai noun

They embarked on a tour around the country. (Mereka melakukan perjalanan keliling negara ini.)

When I was in Europe, I rode a bus tour. (Saat aku berada di Eropa, aku naik tur bus.)

Kata “tour” sebagai verb

She’s currently touring with her theatre club. (Dia saat ini sedang berkeliling dengan klub teaternya.)

He’s toured the country promoting his new album. (Dia bepergian keliling negara ini untuk mempromosikan album barunya.)

Journey

Sedikit berbeda dengan ketiga kata lainnya, journey yang tergolong sebagai kata benda atau noun ini memiliki makna “sebuah perjalanan panjang yang jauh dan memakan waktu lama.” Biasanya, kata journey juga bisa digunakan untuk mengatakan “perjalanan hidup” dalam bahasa Inggris.

Jika kamu ingin menggunakan kata journey saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, pastikan kamu sudah menggunakannya secara tepat. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “journey” sesuai konteks.

Lani had a very thoughtful journey in Africa. (Lani mengalami perjalanan yang berat di Afrika.)

She has a wonderful journey touring across the world. (Dia mengalami perjalanan yang sangat indah saat berkeliling dunia.)

My journey was tiring. (Perjalananku sangatlah melelahkan.)

Nah, dari penjelasan lengkap di atas, kini kamu sudah paham bukan bagaimana menggunakan keempat kosakata tersebut?

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan "Trip", "Travel", "Tour", dan "Journey" dalam Bahasa Inggris