Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Cara Menyampaikan Berita Baik dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

4 Cara Menyampaikan Berita Baik dalam Bahasa Inggris

2021.02.08

Saat kamu berhasil melakukan, mendapatkan, atau mencapai sesuatu, tentu rasanya tidak ingin menyimpan kebahagiaan itu seorang diri. Ya, kamu mungkin ingin membaginya dengan orang-orang tersayang yang ada di sekelilingmu. Namun, tahukah kamu cara menyampaikan berita baik dalam bahasa Inggris? Yuk simak beberapa cara untuk menyampaikannya berikut ini.

Secara formal

Salah satu cara menyampaikan berita baik dalam bahasa Inggris biasanya dilakukan secara formal. Cara ini tentu digunakan dalam lingkup profesional, baik dalam lingkup pekerjaan maupun pendidikan.

Biasanya, dalam kondisi atau situasi formal, penyampaian berita baik maupun buruk cenderung disampaikan dengan cara yang sama yaitu berusaha tidak menunjukkan emosi bahagia atau senang yang berlebihan.

Justru, pola penyampaian berita baik dilakukan seperti sedang menyampaikan informasi biasa. Hal ini juga terjadi saat kamu menyampaikan berita baik dalam bahasa Inggris. Ada beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan, misalnya, “I’m really pleased to tell you that you get the job.”

Berita tersebut adalah berita yang baik, tapi cara penyampaiannya yang formal seolah menutup emosi bahagia dari orang yang menyampaikan berita. Biasanya, hal ini dilakukan agar tetap terlihat profesional.

Selain itu, cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kalimat, “I’d like to tell you that we accept your offer,” atau, “I’m excited to tell you that you pass the exam,” dan masih banyak lagi.

Secara mengejutkan atau tiba-tiba

Cara menyampaikan berita baik juga bisa dilakukan secara tiba-tiba. Biasanya, hal ini terjadi karena kamu mungkin terlalu senang sehingga tak mampu menutupi perasaan bahagia yang meletup-letup. Oleh karena itu, justru cara penyampaian berita baik ini bisa mengejutkan orang yang mendengarnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin sengaja menjadikan berita baik ini sebagai kejutan untuk orang yang hendak mendengarnya. Bisa jadi, berita baik ini adalah berita atau kabar yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama.

Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menyampaikan berita dengan cara mengejutkan menggunakan kalimat, “Can you believe it that I finally got the job?” Atau, kamu bisa juga langsung menembakkan berita baik tersebut tanpa berbasa-basi, seperti, “I got the job!”

Secara misterius dan membuat orang lain penasaran

Ada kalanya kamu ingin membuat orang lain penasaran dengan berita yang hendak kamu sampaikan. Ya, memang rasanya menyenangkan melihat orang lain menanti-nanti berita yang kamu sendiri sudah tahu. Biasanya, cara ini dilakukan untuk membuat orang yang menerima berita tersebut tidak yakin atau kebingungan, apakah berita yang disampaikan baik atau buruk?

Untuk membuat orang tetap penasaran, kamu bisa memulai memintanya untuk menerka-nerka, seperti, “Guess it, did I get the job?” Untuk meyakinkan, cobalah membuat ekspresi yang tidak mudah ditebak.

Secara blak-blakan

Berita baik juga bisa kamu sampaikan secara blak-blakan dalam bahasa Inggris. Ini artinya, kamu sudah menyampaikan terlebih dahulu bahwa apa yang hendak kamu sampaikan kemudian adalah berita baik. Untuk menyampaikannya, kamu bisa mengawali berita ini dengan kalimat, “I have a good news for you.” Jadi, setidaknya, orang yang hendak menerima kabar ini tahu bahwa ini adalah kabar baik. Hanya saja, mungkin orang tersebut masih belum tahu kabar apa yang kamu ingin beritahukan kepadanya.

Ada banyak contoh kalimat lain yang bisa kamu gunakan jika ingin menyampaikan berita baik dalam bahasa Inggris. Namun, setidaknya, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa contoh yang sudah disampaikan di atas. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Cara Menyampaikan Berita Baik dalam Bahasa Inggris