Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Keuntungan Fasih Menggunakan Bahasa Inggris
Gaya Hidup

5 Keuntungan Fasih Menggunakan Bahasa Inggris

2021.01.04

Penggunaan bahasa Inggris kian lama kian meluas. Mulai dari dunia pendidikan, pekerjaan, hingga kehidupan sehari-hari, bahasa Inggris kian banyak digunakan. Oleh sebab itu, kamu bisa saja tertinggal jika tidak mau mempelajarinya. Nah, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan bila kamu memiliki kemampuan menggunakan bahasa ini, seperti berikut:

Meningkatkan kesempatan belajar dan bekerja di luar negeri

Keuntungan pertama dari fasih berbahasa Inggris adalah peluang untuk belajar atau bekerja di luar negeri yang lebih tinggi. Bahkan, sekalipun kamu ingin belajar atau bekerja di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Saat ini, meski belajar atau bekerja di dalam negeri, kamu pun juga diminta untuk menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Tujuannya untuk membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa tersebut karena proses belajar atau komunikasi dalam pekerjaan sering kali melibatkan bahasa tersebut.

Oleh sebab itu, jika di dalam negeri kamu sudah dituntut untuk memiliki kemampuan ini, apalagi jika kamu ingin belajar dan bekerja di luar negeri. Kemampuan ini dibutuhkan untuk membuktikan bahwa kamu bisa survive dan tidak perlu merasa kesulitan dalam berbahasa dan berkomunikasi saat berada di sana.

Memberikan lebih banyak peluang

Baik untuk pelajar maupun pekerja, fasih menggunakan bahasa Inggris jelas memberikan lebih banyak peluang. Contohnya, jika seorang pelajar bisa fasih dalam berbahasa Inggris, pelajar tersebut memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ke luar negeri dibanding yang tidak bisa menggunakan bahasa tersebut. Sementara, bagi seorang pekerja yang lancar berbahasa Inggris, kesempatannya untuk mendapatkan pekerjaan dalam perusahaan internasional juga lebih besar dibanding yang tidak lancar atau fasih dalam menggunakan bahasa tersebut.

Memudahkan proses belajar

Bayangkan jika saat kamu belajar, lalu informasi yang kamu butuhkan untuk menunjang kebutuhan belajar hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Tentu, bagi orang yang tidak memahami bahasa Inggris, hal ini bisa menyulitkannya. Namun, jika kamu fasih menggunakan bahasa Inggris, tentu keuntungannya, kamu bisa memahami informasi tersebut dengan baik. Jika sudah demikian, kamu bisa membaca banyak buku yang berkaitan dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang kamu ikuti meski buku-buku tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Kamu tidak perlu merasa khawatir tidak bisa membacanya karena kamu sudah fasih menggunakan bahasa ini.

Memungkinkan untuk melakukan solo travelling

Apabila kamu senang bepergian atau travelling sendiri, fasih menggunakan bahasa Inggris merupakan suatu keuntungan yang bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri bepergian ke luar negeri. Pasalnya, jika kamu tidak tahu penggunaan bahasa ini, mungkin kamu ragu untuk melakukan solo travelling ke luar negeri. Penggunaan bahasa Inggris ini tentu saja penting saat bepergian ke negara lain. Tidak mungkin, bukan, jika kamu tidak berbicara dengan satupun orang saat berada di luar negeri? Setidak-tidaknya, kamu mungkin akan berbicara dalam bahasa Inggris saat berbicara dengan resepsionis hotel atau hostel tempat tinggalmu selama di luar negeri. Kamu mungkin juga berbahasa Inggris saat hendak memesan makanan di restoran atau cafe yang kamu kunjungi di sana.

Membuka jendela informasi yang lebih luas

Ada banyak sekali film dan buku bacaan menarik yang mungkin akan terlewat begitu saja olehmu karena kamu tidak fasih menggunakan bahasa Inggris. Padahal, dari film dan buku, kamu sebenarnya sedang membuka jendela informasi yang lebih luas.

Bahkan, film dan buku dalam bahasa asing lainnya memiliki potensi lebih besar untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu dibanding langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dengan berbagai keuntungan yang telah disebutkan di atas, tentu kamu jadi semangat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, kan?

Daftar Konsultasi Gratis

5 Keuntungan Fasih Menggunakan Bahasa Inggris