Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris
Gaya Hidup

5 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris

2021.02.08

Pernahkah terpikir untuk mempelajari bahasa Inggris lebih dalam saat memasuki bangku kuliah? Ternyata, ada beberapa jurusan yang berkaitan erat dengan bahasa Inggris. Bahkan, bahasa Inggris merupakan materi penting yang harus ada di dalam kurikulum pembelajarannya. Nah, berikut adalah jurusan-jurusan tersebut, di antaranya:

Pendidikan Bahasa Inggris

Jurusan kuliah yang berkaitan erat dengan bahasa Inggris adalah Pendidikan Bahasa Inggris. Para mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini akan mempelajari berbagai materi yang berkaitan dengan kurikulum pendidikan untuk mengajar bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai berbagai teori dasar bahasa Inggris dan kemampuan yang kamu butuhkan, seperti reading, listening, writing, dan tentu saja speaking.

Ya, jurusan ini memang diperuntukkan untuk kamu yang ingin mengajar atau menjadi guru bahasa Inggris saat memasuki dunia kerja. Kamu bisa menjadi guru SD, SMP, atau SMA yang mengajar para siswa belajar bahasa Inggris sesuai kurikulum.

Sastra Inggris

Hingga saat ini, masih banyak yang tidak bisa membedakan pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris, padahal meski terdengar sama, keduanya mengajarkan hal yang berbeda.

Meski kamu juga akan mempelajari ilmu-ilmu dasar bahasa Inggris, kamu juga akan mempelajari mengenai ilmu yang lebih kompleks lagi, seperti sastra kuno maupun modern, sejarah yang berkaitan dengan Inggris dan Amerika.

Tak hanya itu, pada jurusan yang erat kaitannya dengan bahasa Inggris ini kamu akan mempelajari ilmu budaya, kemampuan menerjemahkan dari dan ke bahasa Inggris, serta berbagai ilmu kebahasaan seperti semantik, semiotik, pragmatik, dan dan sosiolinguistik dalam bahasa Inggris.

Hubungan Internasional

Berbeda dengan jurusan-jurusan sebelumnya, Hubungan Internasional (HI) memang tidak mempelajari ilmu bahasa sebagai ilmu utama. Jurusan yang satu ini lebih condong ke Ilmu Politik, tapi bahasa Inggris tetap menjadi komponen utama yang akan dipelajari oleh para mahasiswanya.

Mengapa demikian? Jurusan HI mempersiapkan mahasiswanya untuk menjalin hubungan diplomatis dengan berbagai perwakilan dari negara lain. Agar berhasil menjalin komunikasi dengan perwakilan-perwakilan tersebut, para mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Oleh sebab itu, tak heran jika mahasiswa jurusan hubungan internasional juga diberikan mata kuliah bahasa Inggris yang sangat penting dalam karir mereka di dunia kerja nantinya.

Pariwisata

Salah satu prospek pekerjaan untuk para mahasiswa yang mengambil jurusan Pariwisata saat berkuliah adalah menjadi pemandu wisata atau tour guide. Meski pemandu wisata tidak melulu internasional, tapi kesempatan itu tentu ada, sehingga orang yang akan dipandu nanti kemungkinan besar adalah pelancong dari berbagai negara selain Indonesia.

Jika ingin menjadi pemandu wisata profesional yang bisa berkomunikasi dengan para turis, tentu bahasa Inggris menjadi modal utama yang juga tak kalah pentingnya dengan kemampuan lain.

Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah ini juga berkaitan erat dengan bahasa Inggris. Meski ilmu komunikasi utamanya mengajarkan kemampuan berkomunikasi dalam dunia profesional, seperti kemampuan berkomunikasi dengan client, menjadi seorang marketer, atau berkomunikasi di hadapan publik, tapi hal tersebut harus didampingi dengan kemampuan bahasa Inggris.

Tak heran jika bahasa tersebut juga menjadi bagian dari kurikulum yang diajarkan. Bahasa ini, nantinya yang akan meningkatkan kesempatan kerjamu setelah lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi ke kancah internasional.

Kamu bisa pilih salah satu dari beberapa jurusan yang telah disebutkan di atas jika ingin ahli berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Nah, kamu pilih yang mana?

Daftar Konsultasi Gratis

5 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris