Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Jenis Hewan yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah
Gaya Hidup

5 Jenis Hewan yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah

2020.11.06

Memelihara hewan memang menyenangkan, apalagi jika kamu yang sering merasa kesepian. Hewan peliharaan bisa menjadi salah satu makhluk hidup yang bisa menemani kamu di saat sedih maupun senang. Kamu juga bisa merawatnya, memberinya nama, memberinya makan, bahkan mengajaknya tidur bersama. Menyenangkan, bukan? Ada dua jenis hewan yang sering sekali dijadikan hewan peliharaan, yaitu kucing dan anjing. Namun, tidak hanya dua jenis hewan itu saja, ada banyak pula hewan lain yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk menjadi hewan peliharaan kamu. Apalagi jika kamu tidak terlalu suka memelihara kucing maupun anjing. Apa saja ya, hewan untuk kamu pelihara di rumah? Yuk simak berbagai jenis hewan lucu yang mungkin bisa kamu rawat dan jaga di rumah, dalam artikel berikut ini.

Hamster

Bentuknya yang kecil dan bulunya yang halus tak jarang menarik perhatian banyak orang. Hal itu yang membuat hamster termasuk salah satu jenis hewan yang bisa kamu pelihara di rumah.

Selain imut, lucu, dan menggemaskan, hamster juga tidak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit. Makanannya pun bisa tumbuh-tumbuhan maupun biji-bijian. Akan tetapi, karena bentuknya yang kecil dan tubuhnya yang lincah, hamster bukan hewan yang bisa dilepaskan begitu saja. Hamster biasanya disimpan di dalam kandang yang terbuka dan berukuran cukup besar untuk tubuhnya.

Di dalam kandang hamster dilengkapi dengan tempat makan, tempat buang air, hingga aksesoris-aksesoris lucu yang biasa menjadi mainan seekor hamster, sehingga ia tidak merasa bosan dan tersiksa berada di dalam kandang.

Kelinci

Hewan yang satu ini juga tak kalah lucu dengan hamster. Tubuhnya yang mirip dengan kucing juga membuat hewan ini sangat lucu jika menjadi hewan peliharaan. Akan tetapi, kelinci yang hobi melompat dan berlari-lari dengan lincah kurang cocok jika diletakkan di dalam rumah. Jika kamu memiliki halaman rumah yang cukup luas, kamu bisa melepaskan kelinci agar bisa berlarian di halaman. Perawatan kelinci juga tidak terlalu susah karena kelinci bisa diberi makan sayur atau buah-buahan.

Ikan hias

Ikan hias juga termasuk salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dimiliki oleh banyak orang. Mengingat hewan yang satu ini hidup di dalam air, kamu harus menyiapkan aquarium untuk tempat tinggalnya. Jika kamu bisa membeli atau membuat aquarium yang cukup besar, kamu bisa meletakkan lebih dari satu jenis ikan hias di dalamnya. Selain aquarium, kamu juga perlu menyiapkan makanan ikan dan memberinya makan sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

Sedikit berbeda dengan perawatan hewan peliharaan biasanya, kamu harus rutin membersihkan aquarium dan mengganti airnya setiap beberapa waktu sekali.

Kura-kura

Hewan yang satu ini juga bisa menjadi peliharaan kamu di rumah. Namun ingat, karena kura-kura memiliki beragam jenis, jangan sampai kamu memilih untuk memelihara kura-kura langka yang dilindungi, ya. Pastikan bahwa kura-kura yang ingin kamu pelihara di rumah memang diperbolehkan untuk dipelihara, agar tidak menimbulkan masalah. Meski kura-kura bisa hidup di dua alam, kamu tetap harus memastikan bahwa kandang kura-kura selalu kering. Pasalnya, kura-kura justru akan mudah mati jika kandangnya lembap. Selain itu, tambahkan pasir pantai di dalam kandang kura-kura karena hewan ini lebih suka menghabiskan waktunya di pesisir pantai.

Untuk kandang kura-kura ini, kamu bisa menggunakan aquarium bekas ikan yang dihiasi dengan berbagai aksesoris lucu yang dapat mempercantik tempat tinggal hewan peliharaan.

Burung Kakatua

Kamu juga bisa memelihara burung yang tersebar di wilayah Indonesia Bagian Timur ini. Namun, sama halnya dengan kura-kura, kamu harus memerhatikan jenis burung kakatua yang mana yang boleh dipelihara. Pasalnya, ada beberapa jenis burung kakatua yang memang dilindungi. Jika rutin dilatih berbicara setiap hari, burung kakatua bisa mengeluarkan suara-suara seperti yang diucapkan oleh manusia, lho. Untuk makanan burung kakatua, kamu bisa memberinya buah-buahan maupun biji-bijian. Menarik, kan?

Kira-kira dari kelima jenis hewan peliharaan di atas, mana yang ingin kamu pelihara?

Daftar Konsultasi Gratis

5 Jenis Hewan yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah