Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Istilah Pembagian Wilayah dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

Istilah Pembagian Wilayah dalam Bahasa Inggris

2023.02.22

Pembagian administratif atau administrative division adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan wilayah pemerintahan di bawah suatu negara. Setiap wilayah dalam pembagian administratif biasanya memiliki derajat otonomi yang berbeda-beda, misalnya kecamatan memiliki wilayah otonomi yang lebih luas dari kelurahan, kabupaten memiliki wilayah otonomi yang lebih luas dari kecamatan, dan seterusnya.

Setiap negara memiliki cara pembagian administratif yang berbeda-beda. Kalau kamu memiliki rencana untuk tinggal di luar negeri, berarti kamu harus memahami istilah pembagian administratif dalam Bahasa Inggris. Penjabaran istilah pembagian administratif dalam Bahasa Inggris serta padanannya dalam Bahasa Indonesia berikut ini bisa membantu kamu.

Negara

Wilayah administratif yang paling besar tentunya adalah negara (country). Nama kepala negara dalam Bahasa Inggris berbeda-beda, tergantung pada sistem pemerintahan negara tersebut. Negara dengan sistem pemerintahan parlementer memiliki kepala negara Perdana Menteri (Prime Minister), sedangkan negara dengan sistem pemerintahan presidensial memiliki kepala negara Presiden (President). Beberapa negara juga memiliki istilah lain untuk jabatan setingkat Perdana Menteri, misalnya Jerman yang memiliki kepala negara Kanselir atau Chancellor.

Provinsi

Indonesia dibagi atas beberapa wilayah Provinsi (Province) yang dikepalai oleh Gubernur (Governor). Tapi kamu perlu ingat, istilah provinsi tidak digunakan di semua negara. Beberapa negara seperti Amerika Serikat menggunakan istilah Negara Bagian (State) untuk menggambarkan wilayah yang setingkat dengan provinsi. Istilah lain yang menggambarkan jenjang pemerintahan setingkat provinsi adalah prefektur (prefecture). Salah satu negara yang menggunakan istilah ini adalah Jepang.

Kabupaten

Pembagian wilayah administrative dengan tingkat di bawah provinsi adalah Kabupaten (Regency) yang dikepalai oleh Bupati (Regent). Di Amerika Serikat, istilah yang digunakan bukan Regency, melainkan County.

Kota/Munisipalitas

Dalam konteks jenjang pemerintahan, Bahasa Inggris ‘kota’ bukan city, melainkan municipality. Wali Kota (Mayor) adalah kepala daerah untuk daerah Kota (Municipality) atau Kotamadya. Pada dasarnya jabatan ini sejajar dengan Bupati dan baik walikota maupun bupati bertanggung jawab langsung kepada Gubernur yang mengepalai Provinsi. Perbedaan mendasar antara Kota dengan Kabupaten adalah luas wilayah Kabupaten biasanya lebih luas dari Kota. Selain itu, Kota memiliki aktivitas ekonomi selain pertanian, berbeda dengan Kabupaten yang umumnya memiliki pertanian sebagai aktivitas ekonomi utama. Singkatnya, Kabupaten biasa digunakan untuk wilayah rural, sedangkan Kota digunakan untuk wilayah perkotaan.

Kecamatan

Bahasa Inggris Kecamatan, jenjang pemerintahan di bawah Kota dan Kabupaten, adalah District dengan Camat (Head of District) sebagai pemimpinnya. Camat dalam sebuah Kabupaten bertanggung jawab langsung kepada Bupati, sedangkan Camat dalam sebuah Kota bertanggung jawab langsung pada Wali Kota.

Kelurahan

Setelah kecamatan, jenjang pemerintahan berikutnya adalah Kelurahan (Urban Village) dan Desa (Village) yang dipimpin oleh Kepala Desa (Head of Village) atau Lurah. Kelurahan biasanya digunakan untuk daerah yang lebih urban atau perkotaan dibandingkan Desa yang biasanya digunakan untuk wilayah rural. Baik Kepala Desa atau Lurah bertanggung jawab langsung pada Camat.

RT dan RW

Jenjang pemerintahan di bawah kelurahan adalah RW, kemudian RT. Baik RT maupun RW dikenal dengan istilah Neighbourhood dalam Bahasa Inggris, sedangkan Ketua RT dan Ketua RW disebut sebagai Neighbourhood Head.

Istilah dan jenjang pemerintahan yang dijelaskan di atas merupakan penggambaran pembagian administratif secara garis besar yang didasarkan pada pembagian administratif di Indonesia. Kamu perlu ingat, setiap negara memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda, sehingga mungkin ada sedikit perbedaan struktur dengan sistem yang berlaku di Indonesia. Kalau cita-cita kamu tinggal di luar negeri terwujud, tentu kamu harus mempelajari sistem pemerintahan di negara tersebut.

Daftar Konsultasi Gratis

Istilah Pembagian Wilayah dalam Bahasa Inggris – EF Adults