Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
10 Fakta Unik Tentang Bahasa Inggris
Gaya Hidup

10 Fakta Unik Tentang Bahasa Inggris

2022.07.25

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, sehingga kemampuan Bahasa Inggris merupakan salah satu keahlian yang diperlukan, bahkan untuk mencari kerja atau untuk menaiki jenjang pendidikan. Karena itu, tidak heran kalau Bahasa Inggris memiliki banyak fakta unik yang menarik. Apa saja sih fakta unik Bahasa Inggris? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Bahasa Inggris selalu berkembang

Bahasa Inggris modern sudah digunakan sejak abad ke-14 dan terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan budaya menyebabkan munculnya berbagai kata baru, sehingga sampai saat ini, ada lebih dari 1 juta kata dalam Bahasa Inggris. Menurut The Global Language Monitor, rata-rata ada 536 kata baru dalam Bahasa Inggris setiap tahun.

Shakespeare menciptakan 1700 kata dalam Bahasa Inggris

Shakespeare adalah salah satu tokoh penting yang membantu membentuk Bahasa Inggris. Dia menciptakan lebih dari 1700 kata dalam Bahasa Inggris yang masih kita gunakan di jaman modern ini. Dia mengubah kata kerja menjadi kata sifat, kata benda menjadi kata kerja, menambahkan imbuhan pada berbagai kata, hingga menciptakan begitu banyak kata serta idiom. Beberapa kata ciptaan Shakespeare adalah ‘champion’, ‘torture’, ‘zany’, ‘worthless’, dll. Selain itu, Shakespeare juga menciptakan berbagai idiom seperti ‘love is blind’, ‘laughing stock’, dan masih banyak lagi.

“I am” adalah kalimat lengkap terpendek

Kalimat “I am” hanya terdiri dari 3 huruf, tapi merupakan kalimat lengkap yang sesuai dengan grammar Bahasa Inggris. Sederhana, tapi tepat dan bisa dipahami.

Kata terpanjang dalam Bahasa Inggris terdiri dari 45 huruf

Kata terpanjang dalam Bahasa Inggris adalah ‘Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis’ yang berarti penyakit paru-paru yang disebabkan karena menghirup debu dan abu.

Kata terpendek dalam Bahasa Inggris

Kata terpendek dalam Bahasa Inggris adalah ‘a’ dan ‘I’. Tapi karena ‘a’ merupakan monoftong atau bunyi vokal murni, sedangkan ‘I’ merupakan diftong atau bunyi yang memiliki pengucapan yang menggabungkan 2 vokal, maka ‘a’ sering dianggap sebagai kata yang paling pendek dalam Bahasa Inggris.

Kalimat yang menggunakan semua huruf dalam alfabet

Kalimat pangram adalah kalimat yang menggunakan semua huruf dalam alfabet. Salah satu contoh kalimat pangram dalam Bahasa Inggris adalah “the quick brown fox jumps over the lasy dog.”

‘E’ adalah huruf yang paling banyak digunakan dalam Bahasa Inggris

Menurut Readers Digest, huruf ‘e’ digunakan dalam 11% dari 240.000 kata dalam Concise Oxford English Dictionary.

Beberapa kata dalam Bahasa Inggris tidak memiliki bentuk singular

Dalam Bahasa Inggris, bentuk plural kata benda digunakan untuk menggambarkan benda yang berjumlah lebih dari satu. Tapi ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang tidak memiliki bentuk singular, misalnya ‘glasses’, ‘scissors’, ‘pants’, dll.

Kombinasi huruf -ough diucapkan dalam banyak cara

Kombinasi huruf -ough cukup umum ditemukan dalam Bahasa Inggris. Uniknya, cara pengucapan kombinasi huruf -ough ini ada sangat banyak! Coba saja cek cara pengucapan kata-kata seperti ‘rough’, ‘through’, ‘thorough’, ‘though’, ‘thought’, ‘plough’, ‘cough’, ‘hiccough’, dan ‘slough’. Semuanya diucapkan dengan cara yang berbeda, bukan?

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di udara

Apakah kamu tahu bahwa semua pilot harus mengidentifikasi diri mereka dalam Bahasa Inggris saat melakukan penerbangan internasional? Selain itu, para pengontrol lalu lintas udara di bandara internasional juga harus berkomunikasi dengan para pilot dalam Bahasa Inggris. Jadi, Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di udara. Bahasa Inggris punya banyak fakta unik lainnya. Apakah kamu mengetahui fakta unik dan menarik lain tentang Bahasa Inggris?

Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dengan EF Adults! Sekarang kamu bisa ngobrol langsung mengenai kebutuhan kursus melalui Live Char dengan klik di sini ya.

Daftar Konsultasi Gratis

10 Fakta Unik Tentang Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu – EF Adults