Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Indonesia in English Proficiency Rankings
Gaya Hidup

Indonesia in English Proficiency Rankings

2020.11.27

Indeks Kecakapan bahasa Inggris EF adalah peringkat paling komprehensif yang didapatkan dari berbagai negara dan wilayah berdasarkan kemampuan bahasa Inggris. Saat ini, bahasa Inggris menunjukkan efek jaringan yang kuat: semakin banyak orang menggunakannya, semakin bermanfaat.

Tahun ini, EF EPI memeringkat 100 negara dan wilayah menggunakan data uji dari lebih dari 2,2 juta orang dewasa (usia 18+). Dan Sembilan puluh empat persen berusia di bawah 60 tahun mengikuti tes bahasa Inggris Standar EF (EF SET)

Tes Bahasa Inggris Standar EF (EF SET) menilai membaca dan mendengarkan, tetapi TIDAK berbicara dan menulis.

Indeks Kecakapan Bahasa Inggris EF menempatkan negara dan wilayah yang disurvei ke dalam lima kelompok kecakapan, dari Sangat Tinggi hingga Sangat Rendah. Kelompok kecakapan ini mempermudah untuk mengidentifikasi negara dengan tingkat keterampilan yang sama dan untuk membuat perbandingan antar dan dalam kawasan.

Di tahun 2020 ini, Indonesia menduduki peringkat ke 74 dari 100 negara dan wilayah. Sedangkan dalam peringkat se-Asia, Indonesia meraih peringkat ke 15 dari 24 propinsi. Peringkat ini masuk kedalam tingkat kemampuan rendah, skor Indonesia sendiri berada di peringkat 453. Selama tiga tahun terakhir ini, Indonesia tidak menunjukan peningkatan bahkan bisa dibilang penurunan. Pada tahun 2018, Indonesia berhasil di peringkat ke 51, tahun 2019 adanya penurunan ke peringkat 61.

Dari EF EPI sendiri mengutarakan bahwa, orang yang dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dapat terlibat lebih baik dengan dunia luar melewati batas mereka sendiri. Ada korelasi positif antara kecakapan bahasa Inggris rata-rata suatu negara dan keterhubungannya dengan global.

Dari data EF EPI ini membuktikan bahwa orang Indonesia masih acuh-tak-acuh dalam menanggapi keseriusannya untuk menguasai bahasa Inggris. EFellas, yuk kita menyempatkan waktu kita untuk mempelajari bahasa Inggris guna untuk meningkatkan karir, sosial, hingga daya ingat kita!
Buat kamu yang sedang bertanya-tanya kenapa ya harus bahasa Inggris, kamu bisa nih klik link ini Dan buat kamu yang langsung pengen tau tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu dengan EFSET, klik link ini. Terus semangat belajar, EFellas :)

Daftar Konsultasi Gratis

Indonesia in English Proficiency Rankings