Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Cara Membedakan Pemakaian “Toilet”, “Restroom” dan “Bathroom” dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

Cara Membedakan Pemakaian “Toilet”, “Restroom” dan “Bathroom” dalam Bahasa Inggris

2022.02.02

Kamu pasti pernah menyebut kata “toilet”, “restroom”, maupun “bathroom” saat ingin mengatakan “kamar mandi” dalam bahasa Inggris. Ketiga kosakata tersebut memang merujuk pada makna yang sama. Lalu, apa perbedaan dari ketiganya? Nah, dalam bahasa Inggris, ternyata, terdapat banyak kosakata yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan “kamar mandi”. Oleh sebab itu, pahami makna dari masing-masing kata beserta perbedaannya berikut ini.

Toilet

Toilet adalah kosakata dalam bahasa Inggris yang kini juga sudah cukup banyak yang menggunakan di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit yang menyangka toilet adalah bahasa Indonesia. Padahal, toilet merujuk pada kamar mandi yang biasanya digunakan untuk membuang air. Ini artinya, di dalam sebuah toilet biasanya hanya terdapat kloset jongkok atau duduk. Apakah kamu bisa mandi di toilet? Umumnya, toilet tidak dilengkapi dengan peralatan mandi, seperti shower, bath tub, dan lain sebagainya. Itu artinya, kemungkinannya sangat kecil jika kamu ingin mandi atau membersihkan diri di toilet. Pada toilet tertentu, terdapat wastafel yang dapat kamu pergunakan untuk mencuci tangan.

Namun demikian, tidak semua toilet dilengkapi dengan wastafel. Nah, berikut ini adalah beberapa kalimat dalam bahasa Inggris saat kata toilet digunakan dengan tepat:

I asked him whether I could use the toilet.

Do you need to use the toilet?”

Restroom

Pada dasarnya, restroom juga tidak berbeda dengan toilet. Kata benda yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan kamar mandi yang hanya bisa digunakan untuk membuang air saja. Akan tetapi, toilet bisa merujuk pada kamar mandi sejenis yang terdapat di dalam rumah. Sementara itu, restroom tidak bisa. Ya, biasanya, restroom digunakan untuk mendeskripsikan kamar mandi yang ada di tempat umum, misalnya bioskop atau restoran. Umumnya, kata restroom digunakan oleh orang Amerika saat ingin mendeskripsikan kamar mandi umum.

Sementara itu, pengguna bahasa Inggris di tempat lain biasanya menggunakan kata restroom untuk mendeskripsikan ruangan yang bisa digunakan untuk beristirahat. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata restroom dalam kalimat dengan tepat:

“Do you need to use the restroom?”

“She went off to find the restroom.”

Bathroom

Nah, jika restroom hanya bisa digunakan untuk merujuk pada kamar mandi yang terdapat di tempat umum, bathroom justru digunakan sebaliknya. Kosakata ini hanya bisa digunakan untuk mendeskripsikan kamar mandi yang ada di dalam tempat tinggal atau rumah. Namun, ada perbedaan penggunaan pada orang Amerika dengan pengguna bahasa Inggris di area lain, seperti Inggris ataupun Australia.

Di negara Amerika, kata bathroom terkadang masih digunakan untuk merujuk pada ruangan yang hanya dilengkapi peralatan untuk buang air. Sementara, di Inggris, Australia, atau negara lain, kata ini digunakan untuk mendeskripsikan “kamar mandi” yang sesungguhnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata “bathroom” dengan tepat:

“I need to go to the bathroom right now.”

“Can I use the bathroom?”

 

Yuk mengenal lagi kata-kata sederhana yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Klik tombol di bawah ini dan belajar bahasa Inggris dengan native teacher kami. See you soon.

Daftar Konsultasi Gratis

Cara Membedakan Pemakaian “Toilet”, “Restroom” dan “Bathroom” dalam Bahasa Inggris