Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Menu Sahur yang Cocok Disantap di Hari Pertama Puasa
Gaya Hidup

6 Menu Sahur yang Cocok Disantap di Hari Pertama Puasa

2020.04.17

Siapa sangka, sebentar lagi sudah datang kembali bulan suci Ramadhan. Ramadhan memang identik dengan aktivitas berpuasa selama 30 hari penuh. Kamu pun harus bangun sejak dini hari untuk menjalani rutinitas sahur sebelum memulai puasa di hari itu. Kira-kira menu sahur seperti apa yang pas untuk dikonsumsi di puasa hari pertama? Yuk, simak berbagai pilihan menu yang cocok untuk sahur berikut ini.

Telur

Meski terdengar sederhana, telur adalah menu yang pas untuk santap sahur di hari pertama. Kok bisa? Tentu bisa. Telur adalah makanan yang kaya akan protein. Sementara itu, protein dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu kamu untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Apalagi, kamu bisa memasak telur dengan berbagai kreasi, sehingga kamu bisa membuat telur sesuai dengan seleramu. Bahkan, kamu bisa mencoba berbagai teknik memasak telur agar tidak bosan jika ingin menyantapnya setiap hari. Menarik, kan?

Nasi merah

Biasanya, nasi merah adalah salah satu makanan pilihan untuk orang yang sedang diet. Namun, nasi merah juga boleh kok dimakan untuk santap sahur. Ya, nasi merah bisa menjadi menu puasa hari pertama saat kamu hendak sahur.

Nasi merah bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama dibanding dengan nasi putih. Itu karena nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga proses penyerapannya di dalam tubuh lebih lama. Proses penyerapan inilah yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Sayuran

Menu sahur yang juga tidak boleh ketinggalan adalah sayuran, khususnya sayuran hijau. Mengapa? Sayuran hijau mengandung antioksidan, mineral, vitamin, dan juga serat. Kandungan nutrisi dalam sayuran hijau juga bisa mempertahankan rasa kenyang. Hal ini tentu membuat Anda lebih berenergi saat menjalani puasa.

Apalagi, sayuran hijau juga tidak mengandung kalori berlebih. Oleh sebab itu, meski Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami peningkatan berat badan secara signifikan.

Ikan

Ikan seperti salmon dan tuna adalah menu yang baik juga untuk sahur. Makanan yang satu ini kaya akan asam lemak omega-3 yang tergolong ke dalam lemak baik. Agar lebih sehat, kamu bisa mengolahnya dengan cara dikukus atau dipanggang.

Buah apel dan pisang

Bagi Anda yang mungkin malas makan saat sahur, Anda bisa hanya dengan menyantap buah apel dan pisang. Meski terlihat sedikit, kedua jenis buah tersebut bisa menjadi makanan pendamping atau saat Anda sedang sahur.

Kedua buah ini mengandung serat yang mampu mempertahankan rasa kenyang. Tak hanya itu, buah pisang mengandung karbohidrat yang bisa menjadi pengganti nasi. Jadi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika hanya makan apel dan pisang saja saat sahur.

Minuman hangat

Saat makan sahur, usahakan untuk minum minuman yang hangat. Pasalnya, minuman hangat dapat membantu Anda mencerna nutrisi dari makanan yang Anda makan dengan baik. Anda bisa mengonsumsi air putih hangat atau teh hangat.

Di samping itu, Anda juga boleh menambahkan rempah-rempah seperti jahe atau kayu manis ke dalam teh hangat untuk memperkaya rasa.

Jadi, sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencari menu sahur di hari pertama yang enak dan sehat, kan? Selalu pastikan nutrisi yang terkandung di menu sahur dan buka puasa agar kamu bisa menjalani aktivitas puasa dengan lebih bersemangat!

Daftar Konsultasi Gratis