Dengan Bahasa Inggris, Ayo Ubah Dunia Menjadi Lebih Baik Lagi

 

 

Setiap orang punya kesempatan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik lagi. Termasuk Anda dengan berbagai latar belakang kehidupan yang Anda jalani. Karena, tindakan sekecil apapun yang Anda lakukan bisa membawa pengaruh besar untuk dunia apalagi jika Anda berusaha mengembangkan karier Anda hingga ke mancanegara. Untuk dapat menjadi agen perubahan di dunia, Anda perlu menguasai bahasa yang universal dan digunakan pada hampir seluruh negara di dunia, yaitu Bahasa Inggris. Penggunaan Bahasa Inggris yang universal bisa memuluskan langkah Anda untuk memberikan perubahan terhadap dunia. Karena, dengan menguasai bahasa Inggris Anda dapat melakukan beberapa hal berikut dan memiliki kans untuk dapat mengubah dunia.

 

Meraih Beasiswa Studi ke Luar Negeri


Jika Anda pernah bermimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri melalui jalur beasiswa, maka tiket utama yang harus Anda miliki adalah kemampuan bahasa Inggris. Karena, mayoritas perguruan tinggi di dunia yang memiliki kelas internasional menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar mengharuskan Anda untuk memiliki sertifikat yang menunjukkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut, Anda harus menjalani serangkaian tes Bahasa Inggris terlebih dahulu. Biasanya, sertifikat yang digunakan adalah IELTS atau International English Language Testing System. Tes ini mengharuskan Anda untuk menguasai berbagai aspek dalam bahasa Inggris seperti ListeningReading, Writing dan Speaking. Karena sertifikat IELTS sangat penting maka persiapkan diri Anda sebaik mungkin dengan mengasah kemampuan Bahasa Inggris sejak dini.

 

Menyampaikan Gagasan Perubahan Dunia

Apabila Anda seorang Mahasiswa yang tengah memulai mimpi Anda untuk menjadi diplomat internasional, maka salah satu jalannya dengan mengikuti Harvard National Model United Nations (HNMUN). HNMUN merupakan suatu program simulasi sidang Persatuan Bangsa-Bangsa atau United Nations yang diselenggarakan oleh Harvard. Dengan berpartisipasi di HNMUN, Anda akan ditugaskan seolah-olah menjadi delegasi dari negara yang Anda wakili. Saat berpartisipasi di HNMUN, Anda akan dituntut untuk menyampaikan ide atau gagasan yang Anda miliki tentang berbagai isu-isu yang ada di dunia. Saat mengikuti persidangan, Anda akan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama baik saat berinteraksi dengan sesama delegasi maupun saat menyampaikan ide atau gagasan.

 

Melakukan Penelitian Antar Negara

Menjadi peneliti tidak melulu mengharuskan Anda untuk berada di dalam laboratorium. Sebaliknya, seorang peneliti bisa saja terjun ke lapangan atau bertemu dengan peneliti lainnya di luar negeri untuk melakukan penelitian bersama guna mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Penelitian antar negara menjadi hal yang umum untuk dilakukan terlebih jika kasus tersebut merupakan isu dunia yang perlu dipecahkan. Agar penelitian antar negara dapat berjalan dengan efektif maka Anda perlu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik secara profesional.

 

Menjadi Relawan di Luar Negeri


Dunia berjalan dengan sangat dinamis dan senantiasa berubah setiap saat. Ada kejadian yang menyenangkan dan ada pula yang memilukan. Salah satu kejadian yang memilukan adalah bencana alam yang bisa terjadi kapan saja. Saat terjadi bencana alam dahsyat di salah satu penjuru dunia, maka seluruh dunia akan berduka dan berusaha untuk mengirimkan bantuan baik secara materi maupun tenaga berupa relawan. Menjadi relawan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selain harus beradaptasi dengan cepat, misi kemanusiaan tersebut harus dilakukan dengan cara bekerja sama agar lebih optimal. Agar kerjasama lebih mudah dilakukan, bahasa menjadi salah satu kendala yang perlu diperhatikan. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dapat menjadi cara Anda untuk berkomunikasi dengan berbagai relawan dari negara lain. Sehingga, bantuan tenaga yang Anda berikan dapat mengubah dunia dan bahasa Inggris menjadi salah satu alat untuk memudahkannya.

 

Bahasa Inggris dengan peran besarnya bisa membantu Anda untuk memberikan perubahan pada dunia. Jadi, mulailah belajar Bahasa Inggris secara profesional dan mewujudkan mimpi menjadi agent of change di dunia. Jika Anda tinggal di Jakarta, salah satu caranya dengan mengikuti kelas bahasa Inggris pada lembaga bahasa Inggris Profesional Jakarta, English First Adults.

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut