Beragam Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menghadiri Jamuan Makan Malam

 

 

Saat berada di acara-acara yang penting atau formal, ada berbagai etika yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya seperti saat kamu menghadiri suatu jamuan makan malam, etika sangat diperlukan agar membuat tuan rumah merasa nyaman dengan kehadiran kamu di jamuan tersebut. Berbagai etika makan sangat perlu diperhatikan karena selain menyantap makanan, di jamuan makan malam tersebut kamu juga akan bertemu dengan tamu undangan lainnya sehingga diperlukan etika yang tepat. Berikut ini beberapa etika yang perlu kamu perhatikan saat menghadiri jamuan makan malam.

 

Tidak Datang Terlambat

Ketika mendapatkan undangan untuk mengikuti jamuan makan malam, biasanya kamu akan diinformasikan kapan waktu acara tersebut berlangsung. Hal ini perlu kamu perhatikan karena kamu diharapkan datang tepat waktu atau sebelum acara berlangsung. Karena, sebelum jamuan makan malam dimulai, biasanya para undangan akan dipersilahkan untuk duduk di tempat yang telah disediakan dan para pramusaji pun mempersiapkan makanan yang akan disantap. Apabila datang terlambat, maka kamu akan mengganggu suasana makan malam yang sedang berlangsung.

 

Memperhatikan Posisi Tempat Duduk

 

Saat menghadiri jamuan makan malam, setiap undangan akan memperoleh tempat duduknya masing-masing. Tempat duduk saat jamuan perlu diperhatikan karena ada pada beberapa jamuan makan malam setiap orang telah mendapatkan tempat duduknya sesuai dengan nama yang ada di bangku. Selain itu, ada beberapa posisi dimana biasanya diisi oleh tuan rumah sehingga kamu perlu memperhatikan betul posisi tempat duduk sebelum menempatinya begitu saja.

 

Posisi Badan


Meski saat menyantap makan malam kamu berada dalam posisi duduk, bukan berarti kamu tidak perlu memperhatikan posisi badan kamu ketika duduk. Karena, posisi badan kamu ketika duduk akan menunjukkan etika yang akan kamu tunjukkan selama jamuan makan malam tersebut. Usahakan agar posisi kaki ketika duduk tidak menggantung dan jangan goyangkan kaki ketika duduk. Selain itu, posisi punggung juga tidak boleh bersandar ke punggung kursi. Pada bagian tangan, jangan sandarkan sikut pada meja makan karena akan membuat kamu terlihat tidak sopan. Pastikan pula kamu duduk dengan rileks dan tidak menunjukkan gestur tegang agar lebih nyaman saat bercengkrama dengan tamu lainnya.

 

Ketahui Cara Menggunakan Serbet yang Tepat


Acara jamuan makan malam yang formal biasanya menyediakan serbet yang terlipat di meja makan. Serbet tersebut bertujuan agar pakaian kamu tidak kotor apabila terkena noda dari makanan yang disantap. Sayangnya, banyak orang menggunakan serbet pada jamuan makan malam dengan cara yang kurang tepat. Gunakan serbet tersebut di atas paha bukan mengaitkannya di leher dan menutupi dada. Setelah jamuan makan malam selesai, jangan letakkan serbet tersebut di meja makan namun letakkan di kursi atau bagian punggung kursi.

 

Perhatikan Etika Saat Makan

Menyantap makanan jadi kegiatan utama saat menghadiri jamuan makan malam. Saat momen ini, kamu dituntut untuk menjaga etika saat makan. Karena, etika saat makan sangat mencerminkan kepribadian yang kamu miliki. Beberapa etika yang perlu kamu perhatikan antara lain seperti tidak mengangkat piring saat makan, tidak bersendawa, tidak berisik saat menggunakan peralatan makan dan menjaga sopan santun dengan mengucapkan tolong dan terimakasih kepada pelayan. Etika baik yang kamu tunjukkan akan membuat para undangan dan tuan rumah merasa nyaman dengan kehadiranmu.

 

Tinggalkan Ruangan Dengan Sopan

Meski menyantap makanan merupakan kegiatan utama pada jamuan makan malam, bukan berarti kamu bisa meninggalkan ruangan begitu saja setelah selesai makan. Karena, kamu harus menunggu sampai tuan rumah selesai makan dan mempersilahkan para undangan untuk meninggalkan ruangan. Saat meninggalkan ruangan, pastikan kamu keluar dengan sopan dan tidak terburu-buru agar terlihat nyaman saat menghadiri jamuan makan tersebut.

 

Menghadiri jamuan makan malam membutuhkan etika yang tepat agar membuat para undangan dan tuan rumah merasa nyaman dengan kehadiran kamu. Selain itu, saat menghadiri jamuan makan malam kamu juga harus bercengkrama dengan undangan lainnya agar terlihat sopan dan ramah. Dengan demikian, orang-orang akan terkesan dengan kehadiran kamu saat menghadiri jamuan tersebut.

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut