1500-003

Beberapa Hal yang Harus Anda Lakukan Agar Sukses Tes IELTS

Untuk menguji kompetensi berbahasa, tentu perlu dilakukan suatu tes agar didapat hasil yang valid mengenai kemampuan berbahasa seseorang. Hampir di setiap bahasa terdapat suatu tes untuk menguji kemampuan berbahasa seseorang. Tak terkecuali pada Bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional dan digunakan di hampir seluruh negara di dunia. Pada Bahasa Inggris, terdapat berbagai macam tes yang dapat dilakukan dan salah satu yang paling umum adalah IELTS atau International English Language Testing System.

Tes IELTS merupakan salah satu jenis tes yang cukup populer dalam Bahasa Inggris karena digunakan untuk berbagai persyaratan seperti studi ke luar negeri hingga bekerja ke luar negeri. Di dalam tes tersebut, kemampuan berbahasa Inggris Anda akan diuji dalam 4 sesi yakni readingwritinglistening dan speaking. Bobot tes yang diberikan juga cukup sulit sehingga memerlukan berbagai persiapan matang sebelum melakukannya. Selain itu, beberapa hal berikut juga harus Anda lakukan agar meraih kesuksesan dalam tes IELTS.

Mempersiapkan diri dengan berbagai aksen Bahasa Inggris

Aksen dalam Bahasa Inggris cukup variatif dan biasanya berdasarkan lokasi aksen tersebut berasal. Beberapa diantaranya seperti Welsh English AccentScottish English AccentAmerican English Accent hingga Australian English Accent. Agar Anda sukses saat menjalani tes IELTS, maka ada baiknya Anda mulai mendengarkan beberapa aksen dalam Bahasa Inggris tersebut. Karena, pada tes listening bukan tidak mungkin Anda akan menemukan podcast dengan aksen yang asing dan sulit untuk dipahami ucapannya.

Mengikuti instruksi dengan benar

Tes IELTS sangat menitikberatkan task response dalam setiap fase tesnya. Task response berarti Anda harus memahami betul instruksi dalam tes tersebut. Dengan memahami instruksi tersebut dengan baik dan benar, maka Anda akan mendapatkan poin plus dan jika tidak, maka besar kemungkinan hasil tes IELTS Anda akan mengecewakan.

Keep Practicing

Tidak ada hasil tes yang sempurna jika tidak diawali dengan latihan dan usaha yang keras. Begitu pula halnya ketika Anda akan melakukan tes IELTS, maka Anda diharuskan untuk selalu berlatih agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Untuk mempelajari IELTS, Anda dapat memulainya dengan cara mempelajari setiap bagian dari tes IELTS setiap harinya mulai dari writingspeakinglistening dan reading. Agar lebih mudah, Anda dapat mencari tempat les Bahasa Inggris yang memiliki program khusus IELTS. Selain mengikuti les bahasa Inggris, Anda juga dapat mempersiapkan tes IELTS dengan mencari partner belajar. Kehadiran partner sangat penting karena dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Anda lebih cepat. Partner yang sesuai juga dapat memotivasi Anda untuk bisa lebih baik lagi sekaligus mempelajari hal baru tentang Bahasa Inggris yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Dengan demikian, progress latihan Anda akan berjalan lebih pesat.

Coba kelas pertama gratis