Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Bahasa Inggris Membantuku Menjadi Pendengar Yang Baik
EF Ambassador

Bahasa Inggris Membantuku Menjadi Pendengar Yang Baik

2020.03.17

Memilih profesi sebagai conselor memberikan Hajar banyak pengalaman dalam menjadi seorang pribadi yang mau dengan terbuka mendengarkan cerita orang, tak berhenti di situ Hajar juga menyadari peran bahasa Inggris sangat membantunya dalam berkomunikasi dengan orang-orang tersebut. Simak lanjutan cerita singkat dengan Hajar, salah satu EF Ambassador batch II.

Hi Hajar, sedang melakukan kesibukan apa nih sekarang?

Aku sekarang lagi siapin sebuah platform curhat sama temenku, sembari itu aku lagi proses juga untuk apply kerja dan yang terakhir adalah siapin diri untuk lanjut sekolah S2

Wah ceritain dong platform curhat itu?

Aku buat platform ini bersama tiga temanku yang lainnya, platform ini menggunakan Instagram dan Whatsapp. Platform ini bertujuan untuk orang-orang yang mau bercerita keluh kesahnya dengan bayar sejumlah uang per sesinya. Kenapa sistem bayarnya seperti itu, karena menurutku, banyak orang di sini masih taboo perihal datang ke psikolog atau psikiater dan harus bayar mahal untuk itu.

Di sini juga aku sebenernya menyalurkan hobi sama minatku yang suka dengerin orang cerita dan ngasih point of view lain dari masalah mereka. Aku berharap platform ini bisa dipake mahasiswa-mahasiswi psikolog yang punya minat sama dan mau menambah uang jajan, karena sistem ini pun aku bikinnya third party.

Wow good move to help people! Apa sih yang mendorong kamu untuk bertindak seperti ini?

Ini berawal dari sering jadi tempat curhat anak-anak EF Adults, dan hasilnya pun mereka mau datang lagi ke aku untuk cerita. Dari situ aku punya pikiran seperti ini, “Apa tujuan gue hidup di dunia ini buat dengerin cerita orang dan ngasih pandangan gue dari apa yang udah gue alamin ya?” Karena sejauh ini selalu seneng kalo bisa bantu dengerin orang cerita.

Ada yang kamu pelajari dari cerita-cerita yang kamu dengar, gak?

Rasanya seneng sih bisa bantu orang lain, seenggaknya bikin mereka tenang akan dua hal, pertama mereka gak sendirian, mereka punya orang yang bisa mereka ceritain dan percaya ke aku, kedua mereka tau ada orang yang bisa mengerti mereka. Kalo hal yang dipelajarin banyak banget, ngebuka sudut pandang baru, bisa tau cara menangani masalah itu gimana, cara menghadapi orang kayak gimana. Menurutku, gak semua orang yang cerita ke kita butuh safe place ketika mereka ada masalah, ada yang harus ditampar pake masalah mereka sendiri biar sadar dan biar tau apa yang harus mereka lakukan.

Setelah menjalani profesi kamu ini, peran bahasa Inggris ini berguna gak?

Berguna banget, karena ada beberapa orang yang cerita ke aku pake bahasa Inggris.

Dulu mengasah bahasa Inggris gimana, Hajar?

Dulu tuh aku suka nonton Netflix sama dari dengerin lagu rap. Hehe.

Iya sih sering banget tuh nonton pakai subtitle bahasa Inggris dan dengerin lagu bahasa Inggris, jadi cara sederhana untuk belajar bahasa Inggris. Selama kamu belajar di EF Adults kemampuan kamu bagian mana yang makin terasah?

Bagian speaking, dan keberanian. Dulu sama Jamie selalu diajarin untuk berani, tiap ketemu dia aku dikasih tugas suruh jelasin sesuatu dari buku yang dia pilihin. Ditambah emang anaknya lumayan bawel, hobinya ngomong, jadi sekalian aku gunain untuk terus latih speaking ku.

Selain didorong buat berbicara pake bahasa Inggris, apa lagi yang membuat kamu ngerasa bahasa Inggris kamu makin terasah?

Ngerasa jauh lebih bisa bales orang yang berbicara bahasa Inggris. Jadi kayak karena ngerasa udah lumayan bisa, makin lama makin dilatih buat baca vocabulary baru dan coba untuk aplikasiin itu.

Wah kamu jadi makin bisa berkomunikasi baik ya dengan orang-orang yang curhat ke kamu. Dan kamu juga semakin bisa memberikan point of view dengan kosa kata kamu yang semakin banyak?

Bener banget, merasa belajar di lingkungkan yang terus menerus berbicara bahasa Inggris seperti di EF Adults membuat minder aku hilang hehe.

Hi EFellas, mau kayak Hajar yang memiliki lingkungan belajar yang membuat kamu semakin percaya diri dan mahir untuk berbicara bahasa Inggris? Yuk klik tombol di bawah ini, kamu bisa dapetin Kelas Pertama GRATIS* di center terdekat dari kamu!

Daftar Konsultasi Gratis

Bahasa Inggris Membantuku Menjadi Pendengar Yang Baik