1500-003

Bahasa Inggris membantuku berkomunikasi dengan banyak orang

Pernah merasa dikucilkan karena tidak lancar berbahasa Inggris di lingkungan kerjanya tidak membuat Pritta patah semangat. Situasi tersebut dijadikan Pritta sebagai situasi untuk mengintrospeksi diri. Kini Pritta menyadari bagian dari kemampuan bahasa Inggris mana yang patut diperbaiki. Dengan kurang waktu 7 bulan belajar bahasa Inggris bersama EF Adults, Pritta sudah yakin dan percaya diri dalam berkomunikasi, tidak hanya dengan teman kantor namun juga yang paling penting yaitu atasannya di kantor. Simak perjalanan Pritta dalam belajar bahasa Inggris di artikel kali ini!

Hi Pritta, how's your day? Sekarang kamu sedang bekerja di mana dan seperti apa?

Saat ini saya aktif sebagai Personal Assistant Board of Directors in Private Company di bidang Inflight Catering Service (Aircraft Support). Tugas utamanya adalah Assist BoD di Board of Commissioner Meeting (prepare materi presentasi, minutes of meeting, kebutuhan logistik dll), selain itu mengatur seluruh jadwal persiapan meeting berasama BoD, direktur koordinasi dan juga semua bagian bisnis lainnya.

Apakah pekerjaan kamu mengharuskan kamu untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris?

Pastinya, karena harus koordinasi sama masing masing banyak departemen ya. Apalagi jika saya berhadapan dengan CEO dan komisaris. Di situ saya harus menggunakan bahasa Inggris, karena mereka berasal dari luar negeri. Bahasa Inggris yang saya gunakan biasanya sih formal ya, namun di luar itu jika bersama teman kantor saya menggunakan bahasa Inggris sehari-hari aja sih.

Wah seru! Kamu bekerja sambil terus memperdalam kosa kata kamu. Ceritain dong awalnya kamu harus memperbaiki bahasa Inggris kamu!

Jadi pas sebelum jadi PA, saya di commercial dan pas lagi lunch bareng sama Dept Head dan CEO, kami berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Beliau sempat berkomentar kalau bahasa Inggris perlu ditingkatkan apalagi kalau mau kerja langsung dengan expatriate. Pada waktu ketika saya mendengar komentar itu, saya malah menjadi penasaran dengan kemampuan bahasa Inggris saya sendiri dan ternyata benar, terkadang saya belum bisa menulis email dengan grammar yang benar. Tidak hal itu aja, pernah notes meeting dikoreksi oleh CEO karena grammar saya banyak salahnya. Dari situlah, saya akhirnya ikut kursus di EF Adults agar lebih baik lagi dalam menulis dan juga berbicara bahasa Inggris.

Selama kamu di EF, apa yang udah EF berikan ke kamu yang kamu rasakan membantu kamu dalam belajar?

Banyak loh! Dengan English Speaking Zone di EF membuat saya mau tidak mau harus memberanikan diri untuk berbicara bahasa Inggris. Akhirnya juga memberikan hasil baik di pekerjaanku. Akhir-akhir ini, aku sering dapet kelas sama Mr. Kurt juga yg otomatis harus berbicara bahasa Inggris. Terus karena di EF kelas EE (EF Extra) untuk mempelajari tense time dan English basic jadi saya bisa belajar dari awal lagi memperbaiki grammar khususnya.

We're really happy to know that your English is getting better with us! Oh iya, last but not least, bagaimana perasaan kamu terpilih menjadi EF Ambassador?

Surprised! Karena sama sekali tidak menyangka! Karena masih banyak murid lain yg levelnya Advanced atau Upper Intermediate di atas saya, cuma bersyukur banget dengan mendengarkan kritik yg membangun dari bos dan kita ambil langkah yang positif bakalan dapat kesempatan yg tidak terduga dan semakin bisa mengasah public speaking in English dan banyak ketemu sama orang-orang baru. Mungkin yg perlu di highlight adalah berani keluar dari comfort zone biar jadi lebih berkembang dan ubah kritik menjadi semangat untuk belajar jadi pribadi yg lebih baik. 


Buat kamu yang merasa minder dengan kemampuan bahasa Inggris kamu di kantor maupun di kehidupan sehari-hari dan pernah berada di situasi yang mirip dengan Pritta. Bisa banget nih, jadikan pengalaman Pritta sebagai panutan. Karena hanya dengan mulai berani belajar lah yang membuat kita berkembang. This is Pritta's English journey. What's yours?

Coba kelas pertama gratis