Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Bahasa Asing yang Penting Dipelajari Selain Bahasa Inggris
Karir & Bisnis

5 Bahasa Asing yang Penting Dipelajari Selain Bahasa Inggris

2020.03.18

Menguasai bahasa Inggris memang tidak bisa dipungkiri adalah sebuah kelebihan yang kamu patut banggakan. Namun, apakah penguasaan akan bahasa Inggris cukup untuk membuatmu bertahan di persaingan global hingga lima tahun ke depan? Tentu kamu tidak bisa menjaminnya. Maka itu, jangan berhenti belajar dan cobalah untuk menguasai berbagai bahasa asing lain, seperti bahasa Mandarin, atau bahasa Jepang. Tapi, sebenarnya bahasa penting selain bahasa Inggris itu, apa saja sih?

Bahasa Mandarin

Tahukah kamu bahwa ada 983 juta orang yang bisa berkomunikasi dalam bahasa Mandarin? Bahkan, setidaknya 1.2 miliar jiwa memahami bahasa tersebut, meski tidak bisa menggunakannya dengan lancar. Sementara itu, bahasa ini sangat penting jika kamu ingin sukses dalam bisnis kelas Internasional. Kok bisa?

Ya, menguasai bahasa Mandarin bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu bertahan di industri bisnis dalam kelas global. Pasalnya, para pemain-pemain utama dalam bidang ini sebagian besarnya adalah orang Tiongkok. Dengan menguasai bahasa ini, kamu akan lebih mudah menemukan celah untuk berbisnis dengan para orang Tiongkok ini. 

Bahasa Jerman

Jerman bisa dikatakan sebagai salah satu negara Eropa dengan kondisi ekonomi yang cukup stabil. Bagaimana tidak, Jerman adalah negara yang sangat maju dalam bidang industri. Oleh karena itu, jika kamu ingin berbisnis secara global dalam bidang tersebut, kamu mungkin setidaknya harus bisa fasih dalam berbahasa Jerman.

Di samping itu, bahasa Jerman juga tidak digunakan di negara Jerman saja. Ada beberapa negara di Eropa yang juga menggunakan bahasa Jerman sebagai salah satu bahasa sehari-hari untuk berkomunikasi. Sebagai contoh, Belgia, Austria, Swiss, Belanda, dan Denmark.

Bahasa Arab

Bahasa ini termasuk salah satu bahasa penting selain bahasa Inggris jika kamu ingin sukses berbisnis. Apalagi, negara timur tengah memang sedang berkembang pesat dalam segi bisnis. Maka, tak heran jika bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari lebih dalam lagi.

Hal ini dibuktikan bahwa enam negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama telah menyusul Tiongkok, Italia, dan juga Spanyol dalam pasar ekspor. Jadi, sebelum terlambat dan menyesal, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk belajar bahasa Arab.

Bahasa Jepang

Salah satu bahasa Asia lain yang mungkin juga penting untuk kamu pelajari adalah bahasa Jepang. Bahasa Jepang bukan hanya bermanfaat untuk dunia bisnis, tapi juga dunia pendidikan. Apalagi, Jepang adalah salah satu negara yang cukup maju dalam perkembangan teknologi.

Maka itu, tak jarang orang yang ingin melanjutkan pendidikannya di bidang sains akan memilih untuk meneruskan studinya di negeri sakura tersebut. Tak hanya itu, bahasa Jepang juga bisa menjadi bahasa Asing untuk kerja, sebagai bekal kamu nanti mengembangkan sayap karirmu di sana.

Bahasa Rusia

Pentingnya memahami atau mempelajari suatu bahasa biasanya bisa kamu tentukan dari peluangmu untuk berkembang jika mempelajari bahasa tersebut. Namun, dengan mempelajari bahasa Rusia hingga fasih menggunakannya untuk berkomunikasi, kamu mungkin sudah meningkatkan peluang tersebut.

Bagaimana tidak, Rusia termasuk salah satu negara terkuat di dunia, baik dari segi politik maupun ekonomi. Kamu yang gemar berbisnis, mungkin akan menemukan banyak peluang bisnis di negara tersebut. Untuk melancarkan proses berbisnis di negara tersebut, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari bahasanya.

Sebenarnya, masih banyak lagi bahasa lain yang mungkin perlu kamu pelajari untuk menghadapi persaingan global di masa mendatang. Jangan malas belajar, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Bahasa Asing yang Penting Dipelajari Selain Bahasa Inggris