Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Phrasal Verbs "Let" dan Contoh Kalimat Penggunaaannya
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Phrasal Verbs "Let" dan Contoh Kalimat Penggunaaannya

2022.08.29

Phrasal verb atau frasa kata kerja adalah frasa yang berfungsi sebagai kata kerja dalam kalimat. Frasa tentu saja berbeda dengan kata. Kata bisa berdiri sendiri, sementara frasa terbentuk dari dua atau lebih kata. Nah, ada banyak sekali phrasal verb yang bisa kamu pelajari, termasuk frasa kata kerja yang menggunakan kata “let”. Ya, ada banyak macam frasa kata kerja yang menggunakan kata “let” dengan makna yang juga berbeda-beda. Penggunaannya pun juga pada konteks yang beragam. Berikut ini adalah beberapa contoh phrasal verb yang menggunakan kata “let” beserta maknanya:

Let up

Contoh phrasal verb yang satu ini tergolong informal. Artinya, frasa tersebut lebih cocok digunakan dalam suasana kasual, bukan pada kondisi formal. Phrasal verb yang satu ini memiliki dua makna. Makna pertama adalah, “to become less strong”, atau “menjadi lebih lemah” tetapi dalam makna yang positif.

Contohnya:

●        The pain finally let up. (Rasa sakitnya akhirnya melemah.)

Sementara itu, makna kedua dari phrasal verb ini adalah, “to make less effort” atau “tidak perlu berusaha terlalu keras”.

Contohnya:

●        We should not let up now. (Kita tidak boleh menyerah sekarang.)

Let (somebody) out

Frasa yang satu ini berkaitan dengan orang lain. Makna yang ada di balik frasa kata kerja ini adalah, “to make somebody stop feeling that they are involved in something or have to do something.” Ini artinya, “Membuat seseorang berhenti untuk merasa bahwa ia berkaitan dengan suatu hal atau terlibat dengan sesuatu.”

Contoh kalimat dari frasa tersebut:

●        Miss Anna said the winner is a girl, so we should let him out. (Miss Anna berkata pemenangnya adalah perempuan, jadi kita tidak bisa ikut menghitungnya.)

●        We need to let you out of the conversation. You are unrelated with the topic. (Kami perlu mengeluarkan kamu dari pembicaraan ini. Kamu tidak ada hubungannya dengan topiknya.)

Let (something) out

Selanjutnya, yang juga termasuk sebagai frasa kata kerja menggunakan kata “let” adalah “let (something) out”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, frasa ini bermakna, “mengeluarkan sesuatu dari tubuh.” Sesuatu yang dimaksud bisa berupa suara atau teriakan, hembusan napas, dan masih banyak lagi.

Contoh kalimat dari phrasal verb tersebut:

●        She let out a scream of terror. (Dia mengeluarkan teriakan seperti diteror.)

●        He let out a huge sigh of relief when the principal called his name. (Dia mengeluarkan hembusan napas lega saat sang kepala sekolah memanggil namanya.)

Let somebody down

Frasa yang satu ini memiliki makna, “membuat orang lain kecewa.” Biasanya, frasa ini digunakan saat kamu tidak bisa memberikan bantuan akan suatu hal kepada orang lain sesuai dengan yang diharapkan atau diekspektasikan.

Contohnya:

●        I can’t promise you anything because I don’t want to let you down. (Aku tidak bisa menjanjikanmu apapun karena aku tidak ingin mengecewakanmu.)

●        You let me down! I thought I could believe you. (Kamu mengecewakanku! Aku kira aku bisa mempercayaimu.)

Let somebody off

Contoh berikutnya dari phrasal verb yang menggunakan kata “let” adalah “let (somebody) off”. Frasa ini memiliki makna, “membiarkan seseorang yang telah melakukan kesalahan begitu saja tanpa memberikannya hukuman,” atau, “membiarkan seseorang mendapatkan hukuman yang ringan atas suatu kesalahan.”

Contohnya:

●        I’ll only let you off this time! (Aku hanya akan membiarkanmu kali ini saja!)

●        He let me off even though he knew I was wrong. (Dia membiarkanku begitu saja meski ia tahu aku salah.)

Let somebody into something

Ini adalah contoh phrasal verb yang menggunakan kata “let” dan biasanya digunakan dalam situasi informal. Ini tandanya, frasa ini sebaiknya tidak digunakan dalam situasi formal. Nah, makna dari frasa ini adalah, “untuk membiarkan orang lain berbagi rahasia yang dimilikinya.”

Contoh:

●        Are you going to let them in on your plans? (Apakah kamu akan mengikutsertakannya dalam rencanamu?)

Simak artikel di sini yuk untuk mengenal bahasa Inggris lebih dalam lagi. Selamat membaca :)

Daftar Konsultasi Gratis

6 Phrasal Verbs "Let" dan Contoh Kalimat Penggunaaannya