Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan “Worth It”, “Worth”, dan “Worthy” dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan “Worth It”, “Worth”, dan “Worthy” dalam Bahasa Inggris

2023.09.26

Dalam belajar suatu bahasa, tentu kamu akan menemukan hal-hal yang membuat kamu merasa kebingungan. Hal ini juga sangat mungkin terjadi saat kamu belajar bahasa Inggris. Namun, bukan berarti kebingungan yang kamu alami saat belajar bahasa asing tidak bisa diuraikan atau dipelajari. Salah satu contoh materi yang mungkin membuatmu kebingungan dalam bahasa Inggris adalah perbedaan antara “Worth it”, “Worth”, dan “Worthy”. Ketiganya mungkin berasal dari kata yang sama, tetapi ternyata digunakan di waktu dan konteks yang berbeda. Berikut adalah perbedaan ketiganya beserta contoh kalimat yang menggunakan “Worth it”, “Worth”, dan “Worthy”.

Worth it

Sedikit berbeda dengan “Worth” dan “Worthy”, alih-alih termasuk sebagai kata, “worth it” adalah frasa. Frasa yang satu ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu hal yang dibicarakan memiliki nilai atau manfaat yang sebanding dengan usaha atau waktu yang dikeluarkan untuk mendapatkannya. 

Biasanya, kita akan menggunakan frasa ini ketika kita ingin menyampaikan bahwa suatu hal layak dilakukan atau diusahakan semaksimal mungkin. Pasalnya, hasilnya akan sebanding dengan usaha yang kamu keluarkan.

Berikut contoh penggunaan frasa “worth it” dalam kalimat bahasa Inggris:

●      Going on a vacation to Bali was expensive, but it was definitely worth it for the beautiful beaches and cultural experiences. (Liburan ke Bali mahal, tetapi biaya yang dikeluarkan benar-benar sesuai dengan pantai-pantai indah di sana dan pengalaman budaya yang didapatkan.)

●      Studying late into the night for the exam was exhausting, but getting the highest score in the class made it all worth it. (Belajar hingga larut malam untuk ujian memang melelahkan, tetapi mendapatkan nilai paling tinggi di kelas membuat semua usaha itu tidak sia-sia.)

Worth

Sementara itu, kata “Worth” tergolong sebagai kata benda tetapi juga bisa digunakan sebagai kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan nilai moneter atau nilai lainnya dari suatu objek atau tindakan. Ini artinya, kata “worth” biasanya digunakan untuk menggambarkan seberapa berharganya sesuatu dalam hal nilai.

Agar lebih mudah dipahami, simak contoh penggunaan kata “worth” dalam kalimat bahasa Inggris berikut:

●      The antique vase was expensive, but it was definitely worth the price. (Vans antik itu harganya hamal, tetapi vasnya memang sepadan dengan harganya.)

●      I spent hours working on this project, and the end result was worth all the effort. (Aku menghabiskan waktu berjam-jam mengerjakan proyek ini, dan hasil akhirnya memang sesuai dengan usaha yang sudah aku lakukan.)

Worthy

Kata “Worthy” termasuk ke dalam kata sifat. Kata yang satu ini biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang memiliki nilai atau kualitas yang layak dihargai atau dihormati. Sedikit berbeda dengan “Worth”, kata “Worthy” lebih sesuai dengan konteks apakah sesuatu hal atau seseorang itu pantas mendapatkan penghargaan atau perhatian yang positif.

Nah, berikut adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “Worthy” dengan tepat:

●      The documentary highlighted the worthy efforts of conservationists working to protect endangered species. (Dokumenter itu menyoroti upaya-upaya berharga dari para pelestari yang bekerja untuk melindungi spesies yang terancam punah.)

●      Earning that prestigious award is a testament to his worthy contributions to the field of science. (Mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut adalah bukti dari kontribusi berharganya dalam bidang ilmu pengetahuan.)

Nah, dari beberapa contoh tersebut, kini kamus udah tahu kan bagaimana membedakan “worth it”, “worth”, dan “worthy”?

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan “Worth It”, “Worth”, dan “Worthy” dalam Bahasa Inggris