Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Sick, ill, Pain, Hurt, dan Ache
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Sick, ill, Pain, Hurt, dan Ache

2021.12.31

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, ada beberapa kata dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan perasaan yang serupa. Salah satu contohnya adalah kosakata “sick”, “pain”, “hurt”, dan “ache”. Kelima kosakata tersebut biasanya digunakan untuk menjelaskan rasa sakit. Akan tetapi, sakit yang dirasakan tak sama, sehingga masing-masing kata tersebut juga digunakan pada konteks yang berbeda. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai makna, perbedaan, hingga contoh kalimat yang tepat.

Sick

Sick adalah kosakata dalam bahasa Inggris yang utamanya berfungsi sebagai kata sifat atau adjektiva. Ini artinya, kata “sick” biasanya digunakan untuk memberi sifat pada sebuah subjek atau kata benda. Sick bermakna “sakit” atau kondisi saat seseorang sedang tidak sehat. Namun, kata ini sering kali digunakan untuk menjelaskan kondisi sakit yang ringan atau tidak terlalu parah.

Sebagai contoh, kamu akan lebih tepat menggunakan kata “sick” saat sedang mengalami sakit ringan seperti flu, kelelahan, demam, batuk, pusing kepala, dan sebagainya. Akan tetapi, kata “sick” cenderung tidak sesuai jika digunakan untuk mendeskripsikan kondisi sakit seperti mengalami penyakit jantung, kanker, dan penyakit berat lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “sick” pada konteks yang tepat:

“I have been sick since last Sunday.”

“His mother was sick yesterday and he had to take care of her, so he could not make it.”

Ill

Maka dari kata “Ill” juga “sakit”, tetapi kata ini sedikit berbeda dengan arti dari kata “sick”. Jika kata “sick” digunakan untuk mendeskripsikan kondisi sakit yang ringan atau tidak terlalu parah, kata “ill” justru sebaliknya. Kata yang juga tergolong sebagai kata sifat atau adjective ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu kondisi sakit yang tergolong parah. Pada umumnya, kata ini digunakan untuk mendeskripsikan kondisi seseorang yang sedang mengidap penyakit berat, seperti penyakit kanker, penyakit jantung, dan berbagai penyakit berat lainnya. Tak hanya mendeskripsikan kondisi sakit secara fisik, kata “ill” juga bisa mendeskripsikan masalah kesehatan yang cukup parah secara mental.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penggunaan kata "ill" yang tepat:

Ratna is critically ill in the hospital.”

“Her brother is mentally ill.”

Pain

Jika “sick” dan “ill” adalah dua kosakata dalam bahasa Inggris yang menjelaskan kondisi seseorang yang sedang sakit atau tidak sehat, pain memiliki makna yang berbeda. Kata pain tergolong sebagai noun atau kata benda yang berarti “rasa sakit”. Ini artinya, kata “pain” bukan menjelaskan suatu kondisi melainkan perasaan atau sesuatu yang dirasakan oleh seseorang.

Sakit yang dirasakan saat seseorang mendeskripsikan dirinya sedang mengalami “pain” tidak selalu perasaan yang dialami akibat penyakit atau tidak sehat. Hal ini juga bisa  merujuk pada rasa sakit karena sedang terluka, baik secara fisik maupun secara batin. Oleh sebab itu, saat orang sedang patah hati, ia bisa saja mendeskripsikan rasa sakit yang ia alami sebagai “pain”.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “pain” dengan tepat:

“I screamed in pain when I fell from the tree.”

“My father is suffering from back pain.”

Hurt

Sedikit berbeda dengan ketiga kosakata sebelumnya, kata “hurt” adalah kata kerja atau verb yang berarti “menimbulkan rasa sakit secara fisik baik kepada diri sendiri maupun orang lain.” Ini artinya, “hurt” bermakna, “menyakiti”. Kamu bisa menggunakan kata ini dalam kalimat jika sedang ingin mengatakan bahwa kamu telah menyakiti seseorang atau sebaliknya.

Meski utamanya menggambarkan perbuatan menyakiti secara fisik, kata “hurt” juga bisa kamu gunakan jika seseorang telah menyakitimu secara batin. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan “hurt” yang tepat di dalam kalimat.

I didn’t mean to hurt you.”

She hurts me so many times already.”

Ache

Berbeda lagi dengan yang lain, “ache” adalah kata kerja atau verb yang bermakna, “merasakan rasa sakit yang berkelanjutan meski tidak parah.” Biasanya, “ache” berkaitan dengan rasa sakit pada tubuh atau fisik. Akan tetapi, tidak jarang pula orang menggunakan kata kerja ini untuk menggambarkan rasa sakit yang terjadi pada hati kamu. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penggunaan kata ache yang tepat:

My body is aching all over.”

“It makes my heart ache to see her suffer.”

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah lebih memahami, kan, perbedaan dari kelima kosakata di atas? Pelajari lebih lanjut agar pemahaman kamu semakin dalam.

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Sick, ill, Pain, Hurt, dan Ache