Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Pemakaian "Good Night" dan "Good Evening"
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Pemakaian "Good Night" dan "Good Evening"

2021.09.03

Dalam mengucapkan selamat malam menggunakan bahasa Inggris, ada dua frasa yang paling sering digunakan, yaitu “good evening” dan “good night”. Nah, kamu mungkin sering menggunakannya secara bergantian. Padahal, meski memiliki makna yang serupa, keduanya digunakan pada waktu yang berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan arti “good evening” dan “good night” yang perlu kamu pahami:

Arti “good evening” dan contoh penggunaannya

Sebagian besar orang masih mengira bahwa “good evening” bisa digunakan bergantian dengan “good night”. Padahal, ada beberapa faktor yang membuat keduanya tak bisa digunakan untuk menggantikan satu sama lain. Dari faktor waktu penggunaan, frasa “good evening” lebih sesuai digunakan pada saat petang, yaitu berkisar antara pukul lima hingga enam sore. Pada saat itu, hari sudah mulai gelap, tetapi belum benar-benar memasuki waktu malam hari. Nah, kata “good evening” lebih sesuai jika digunakan pada waktu-waktu tersebut.

Selain itu, para native speaker hampir tidak pernah menggunakan frasa “good evening” untuk saling menyapa kepada orang lain dalam suasana kasual. Ini tandanya, “good evening” lebih sesuai jika digunakan dalam suasana formal. Sebagai contoh, saat kamu pergi ke restoran, pelayan akan menyambutmu dengan mengucapkan “good evening”.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan frasa “good evening” pada saat sedang berpidato atau memberikan sambutan dalam acara formal yang dihadiri oleh orang dalam jumlah banyak. Penggunaan “good evening” ini tergolong sapaan pengganti kata “hi” atau “hello” sehingga lebih sesuai jika digunakan saat mengawali percakapan dengan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan frasa “good evening” sebagai sapaan:

Good evening, sir. Do you have a reservation?

Good evening, ladies and gentlemen.

Good evening, Rachel. How are you?

Arti “Good night” dan contoh penggunaannya

Sementara itu, frasa “good night” memang dikenal lebih kasual. Kamu bisa menggunakan frasa ini saat berbicara dengan teman dekat atau keluarga. Nah, penggunaan frasa ini cenderung lebih sesuai untuk digunakan pada waktu yang lebih malam, misalnya pukul tujuh malam hingga tengah malam menjelang pergantian hari. Berbeda dengan “good evening” yang biasanya digunakan sebagai sapaan saat hendak memulai percakapan, saat kamu mengucapkan “good night” kepada orang lain, hal tersebut menandakan bahwa kamu sedang mengakhiri percakapan dengannya.

Jika kamu tinggal satu rumah dengan orang lain dan mengucapkan “good night” kepadanya, hal ini menandakan bahwa kamu hendak tidur lebih dahulu daripadanya. Sementara itu, jika kamu mengatakannya saat sedang berbicara melalui telepon, hal tersebut menandakan kamu hendak menutup telepon. Begitu pula jika kamu sedang bertemu dengan orang lain. Saat mengucapkan “good night” itu artinya kamu hendak pergi pulang. Apabila kamu hendak menyapa seseorang dalam situasi kasual atau informal pada malam hari, kamu bisa mengatakan “hi” atau “hello” dan baru mengatakan “good night” saat hendak berpisah. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan frasa “good night” dengan tepat:

Good night, Steven. See you tomorrow.

Good night, Dad. I’m going to bed.

Good night and have a good rest.

Dari penjelasan di atas, kini kamu tidak perlu lagi kebingungan untuk menggunakan “good evening” dan “good night”. Gunakan pada saat yang tepat, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Pemakaian "Good Night" dan "Good Evening"