Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Kata "Eat", "Ate", "Eaten", "Eats", dan "Eating"
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Kata "Eat", "Ate", "Eaten", "Eats", dan "Eating"

2022.02.17

Ada beberapa aturan dalam bahasa Inggris yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Salah satunya adalah bentuk kata kerja yang bisa berubah-ubah mengikuti subjek dan tenses yang sedang berlaku. Aturan ini berlaku pada setiap kata kerja, termasuk verb “eat” yang berarti “makan”. Kata kerja yang satu ini bisa berubah menjadi “ate”, “eaten”, “eats”, dan “eating”. Selain penulisannya yang sedikit berbeda antara satu dengan lainnya, waktu penggunaannya juga berbeda. Lalu, apa saja perbedaan yang ada di antara kosakata tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Eat

“Eat” merupakan bentuk dasar dari kata kerja yang satu ini. Biasanya, bentuk dasar ini disebut dengan infinitives. Kata “eat” memiliki arti “makan” dalam bahasa Indonesia. Kata kerja ini akan menggunakan bentuk dasarnya saat mengikuti subjek “I”, “you”, “they”, dan “we”. Sementara itu, kata “eat” juga akan digunakan pada simple present tense yang menunjukkan kebiasaan atau fakta. Namun, tak menutup kemungkinan untuk menggunakan kata “eat” pada simple past tense.

Untuk lebih jelasnya, simak penggunaan kata “eat” dalam kalimat berikut ini.

●        I eat bread for breakfast at 7 am every morning. (Aku makan roti untuk sarapan pada pukul tujuh pagi setiap hari.)

●        They love to eat at home since their mom is a good cook. (Mereka suka makan di rumah karena Ibunya pintar memasak.)

●        We want to eat pizza for dinner. (Kami ingin makan pizza untuk makan malam.)

●        You should eat so you won’t get sick. (Kamu harus makan agar kamu tidak jatuh sakit.)

Ate

Jika “eat” merupakan bentuk infinitive atau bentuk dasar dari kata itu sendiri, “ate” merupakan bentuk lampau atau verb 2 (V2) dari kata “eat”. Mengingat kata ini adalah bentuk lampau, kamu tidak boleh menggunakannya untuk kalimat present tense. Alih-alih, kata ini hanya bisa digunakan pada kalimat past simple tense yang berbentuk positif. Kata “ate” boleh mengikuti subjek apapun, termasuk “I”, “you”, “they”, “we”, he”, “she”, dan “it” selama berada di dalam kalimat past simple. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan “ate” yang tepat:

●     She ate all the cookies in the refrigerator yesterday. (Dia makan semua kue yang ada di kulkas kemarin.)

●     They went out and ate Italian food for dinner at the restaurant last night. (Mereka pergi keluar dan makan makanan Italia untuk makan malam kemarin.)

●     I already ate pad thai for lunch earlier today. (Aku sudah makan pad thai untuk makan siang hari ini.)

●     John ate our bread and didn’t even tell us anything. (John memakan roti kita dan tidak mengatakan apapun pada kita.)

Eaten

Selanjutnya, kata “eaten” merupakan bentuk ketiga atau Verb 3 (V3) dari kata “eat”. Meski sama-sama memiliki arti “makan”, kedua kata tersebut digunakan pada waktu yang berbeda. Jika “eat” digunakan untuk simple present tense, “eaten” digunakan untuk kalimat dengan bentuk present perfect, past perfect, dan future perfect. Tak hanya itu, kata “eaten” juga bisa digunakan mengikuti modal verbs yang berbentuk past tense, seperti “could have”, “should have”, atau “would have”.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “eaten” yang tepat:

●        My parents have eaten. (Kedua orangtuaku sudah makan.)

●        I haven’t eaten yet today. (Aku belum makan hari ini.)

●        She had eaten yesterday. (Dia sudah makan kemarin.)

●        He will have eaten by the time we arrive. (Dia pasti sudah makan ketika kita sampai.)

Eats

Sebenarnya, “eats” adalah bentuk dasar atau infinitive dari “eat” yang diberi imbuhan “-s” di belakangnya. Kata yang satu ini bisa kamu gunakan pada kalimat positif present simple jika subjeknya adalah orang ketiga tunggal. Contohnya, “he”, “she”, dan “it”. 

●     She eats a burger every once a week. (Dia makan burger seminggu sekali.)

●     A cow eats grass. (Seekor sapi makan rumput.)

●     He eats out every lunch. (Dia selalu makan ke luar saat makan siang.)

Eating

Sementara itu, “eating” adalah kata dasar “eat” yang diberi imbuhan “-ing” sehingga menjadi “eating”. Kata ini biasanya digunakan untuk suatu kejadian yang sedang berlangsung. Bisa di masa sekarang atau  di masa lampau.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan “eating”:

●        She is eating out with her friends. (Dia makan keluar bersama teman-temannya.)

●        Charlie was eating with Camilla when I arrived. (Charlie sedang makan dengan Camilla saat aku datang.)

●        I am eating cereal for breakfast now. (Aku makan sereal untuk sarapan sekarang.)

Dari berbagai contoh di atas, kini kamu sudah tahu kan, perbedaan dari masing-masing kata?

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Kata "Eat", "Ate", "Eaten", "Eats", dan "Eating"