Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan dan Contoh Penggunaan Famous dan Popular dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan dan Contoh Penggunaan Famous dan Popular dalam Bahasa Inggris

2022.01.13

Jika mendengar kata famous atau popular dalam bahasa Inggris, kamu tentu teringat orang-orang terkenal, seperti tokoh politik, artis, influencer, pemuka agama, dan masih banyak lagi. Ya, kedua kata tersebut memang sangat erat kaitannya dengan popularitas. Akan tetapi, “famous” dan “popular” ternyata tidak serta-merta memiliki makna yang sama. Bahkan, keduanya digunakan untuk dua konteks yang berbeda. Agar tidak salah menggunakannya dalam kalimat, simak penjelasan makna dari masing-masing kata beserta contoh penggunaannya yang benar berikut ini.

Makna dan contoh penggunaan kata famous dalam kalimat

Berdasarkan kamus Oxford Learners’ Dictionaries, kata famous artinya, “known about by many people”. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, famous berarti “terkenal”. Kata ini termasuk kata sifat atau adjective. Hal ini menandakan kata famous digunakan untuk memberi sifat kepada noun atau kata benda. Ketika seseorang dianggap “famous”, tandanya orang tersebut dikenal oleh banyak orang. Tidak penting apakah orang-orang menyukainya atau tidak. Selama banyak orang yang mengetahui eksistensinya, itu tanda bahwa ia famous atau terkenal. Jika kamu ingin mendeskripsikan seseorang atau suatu hal yang diketahui oleh banyak orang, kamu bisa menggunakan adjective yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang tepat dalam menggunakan kata “famous”:

●    Emma Watson is a famous British actress who plays Hermione Granger in Harry Potter movies. (Emma Watson adalah seorang aktris Inggris terkenal yang memerankan Hermione Granger di film-film Harry Potter.)

●    Arya is a famous English Literature student who is down-to-earth. (Arya adalah mahasiswa Sastra Inggris terkenal yang sangat rendah hati.)

●    Megawati is one of the most famous people in Indonesia. (Megawati adalah salah satu orang yang paling terkenal di Indonesia.)

●    Taylor Swift is the most famous female singer in the world. (Taylor Swift adalah penyanyi paling terkenal di dunia.)

●    Bong Joon-ho became famous after winning the Best Director title in Academy Awards 2020. (Bong Joon-ho menjadi terkenal setelah memenangkan gelar Sutradara Terbaik di Academy Awards 2020.)

Makna dan contoh penggunaan popular dalam kalimat

Pada dasarnya, “popular” juga bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “terkenal”. Akan tetapi, maknanya tidak lantas sama dengan famous. Pasalnya, menurut Oxford Learners’ Dictionaries, “popular” berarti, “liked or enjoyed by a large number of people.” Ini artinya, “popular” adalah suatu hal yang banyak diketahui sekaligus disukai oleh orang banyak. Hal ini tentu berbeda dengan “famous”, yang tidak disertai faktor disukai atau tidak oleh khalayak. Oleh sebab itu, kamu tidak disarankan memakai kata “famous” dan “popular” secara bergantian untuk mendeskripsikan satu hal yang sama. Agar lebih paham, berikut adalah beberapa contoh kalimat penggunaan “popular” dalam bahasa Inggris:

●        This restaurant is quite popular among youngsters. (Restoran ini cukup terkenal dan disukai oleh para anak muda.)

●        Decades after the first release, Titanic is still a popular movie until today. (Puluhan tahun setelah perilisan perdananya, Titanic masih terkenal dan banyak disukai hingga hari ini.)

●        Malls are popular places to hang out with friends. (Mall adalah tempat yang terkenal dan disukai untuk berkumpul bersama teman.)

●        My sister is popular among her friends. (Adik perempuanku terkenal dan banyak disukai oleh teman-temannya.)

●        I am quite popular among kids. (Aku cukup terkenal dan banyak disukai di antara anak-anak.)

Dari penjelasan dan berbagai contoh penggunaan di atas, kini kamu tahu kan perbedaan famous dan popular?

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan dan Contoh Penggunaan Famous dan Popular dalam Bahasa Inggris