Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Antara "Postpone", "Put off", dan "Delay" yang Perlu Kamu Ketahui
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Antara "Postpone", "Put off", dan "Delay" yang Perlu Kamu Ketahui

2021.08.12

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kosakata “postpone”, “put off”, dan “delay” memiliki makna yang serupa, yaitu “menunda”. Namun, rupanya, ketiga kosakata tersebut digunakan pada waktu yang berbeda. Ada beberapa faktor yang membedakan, seperti situasi dan waktu penggunaan. Nah, berikut ini adalah penjelasan arti dari kata “postpone”, “put off”, dan “delay” yang dapat membantu kamu lebih memahami perbedaannya:

Postpone

Menurut Oxford Learners’ Dictionaries, kata postpone memiliki makna, “to arrange for an event, etc. to take place at a later time or date than originally planned”. Artinya, kosakata yang termasuk ke dalam kelas kata kerja atau verb ini digunakan saat kamu hendak menunda waktu dari sebuah kegiatan atau acara dari waktu yang telah ditentukan. Kata postpone ini menunjukkan adanya intensi atau kesengajaan dari seseorang yang melakukan aksi tersebut. Tandanya, aksi menunda dilakukan dalam keadaan sadar, biasanya oleh orang yang memiliki wewenang atau keleluasaan dalam melakukannya.

Kata ini digunakan dalam situasi formal, seperti dalam acara yang besar. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata postpone dalam kalimat bahasa Inggris:

The game has already been postponed five times.

We will have to postpone this meeting until tomorrow.

Rachel asked Monica to postpone her visit due to this pandemic situation.

Dari ketiga contoh di atas, kata postpone menunjukkan adanya aksi “menunda” yang dilakukan secara sadar oleh seseorang yang memiliki keleluasaan atau otoritas untuk melakukan aksi tersebut.

Put off

Tak jauh berbeda dari kata postpone, kata put off memiliki arti, “to change something to a later time or date.” Ya, kosakata ini memang dianggap sebagai kosakata dari kata postpone. Akan tetapi, put off biasanya digunakan dalam konteks informal atau kasual. Selain itu, kosakata ini juga menunjukkan nuansa yang sedikit lebih negatif dalam penggunaannya. Ini artinya, kosakata yang termasuk ke dalam phrasal verb atau frasa kata kerja ini bisa jadi digunakan saat aksi “menunda” dilakukan atas suatu hal yang kurang baik atau menjadi aksi yang memberi dampak kurang baik.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan put off dalam kalimat berbahasa Inggris:

She keeps putting off going to the doctor.

We’ve had to put off our wedding until September due to the pandemic.

She puts off the date again.

Delay

Sementara itu, pada kamus Oxford Learners’ Dictionaries, kata delay memiliki arti, “to make somebody/something late or force them to do something more slowly.” Nah, berbeda dengan postpone atau put off, kata ini mencerminkan aksi penundaan waktu yang terjadi karena suatu kondisi yang tidak bisa diubah. Kata ini menggambarkan bahwa suatu hal menjadi tertunda karena hal yang tak bisa diprediksi atau berada di luar kontrol. Contohnya, bencana alam, cuaca, maupun kondisi lainnya. Ini artinya, tidak ada unsur kesengajaan, justru aksi penundaan ini terjadi karena terpaksa, akibat tidak memiliki kontrol akan kondisi yang menjadi penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “delay”:

My flight was delayed due to the rainstorm.

Her arrival was delayed by a late bus.

Thousands of commuters were delayed for almost an hour.

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah lebih paham, kan perbedaan ketiganya?

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Antara "Postpone", "Put off", dan "Delay" yang Perlu Kamu Ketahui