Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Pengertian Serta Contoh Prefix dan Suffix dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Pengertian Serta Contoh Prefix dan Suffix dalam Bahasa Inggris

2022.01.13

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud “prefix” dan “suffix”? Dalam grammar atau aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris, “prefix” adalah imbuhan yang terdapat pada awal kata. Sementara itu, “suffix” adalah imbuhan yang dapat kamu temukan pada akhir kata. Hal ini menandakan bahwa “prefix” dan “suffix” tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya kata. Lalu, apa sih pengertian dari prefix dan suffix? Berikut ini adalah penjelasan beserta contohnya dalam bahasa Inggris:

Prefix

Prefix adalah imbuhan yang terdapat pada awal kata. Biasanya, dengan adanya prefix, makna dari kata tersebut berubah, sehingga keberadaan prefix bisa dianggap sebagai informasi baru. Nah, setiap prefix memiliki arti yang berbeda-beda. Saat dibubuhkan prefix pada awal kata, terbentuklah kata baru dengan makna yang juga baru. Berikut ini adalah beberapa contoh prefix yang biasa ditemukan dalam bahasa Inggris:

Suffix

Jika kamu sudah paham dengan pengertian prefix, kini saatnya kamu memahami apa yang dimaksud dengan suffix. “Suffix” adalah imbuhan yang terdapat di akhir kata. Ini artinya, imbuhan tersebut baru ditambahkan setelah penulisan kata. Sama halnya dengan prefix, keberadaan suffix di akhir kata juga bisa mengubah arti dari kata tersebut. Nah, masing-masing suffix dapat memberikan makna yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu harus memahami terlebih dahulu apa saja suffix dalam bahasa Inggris beserta contohnya, seperti berikut.

Nah, contoh-contoh di atas adalah berbagai prefix dan suffix yang bisa kamu gunakan untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris.

Daftar Konsultasi Gratis

Pengertian Serta Contoh Prefix dan Suffix dalam Bahasa Inggris