Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Cara Mengucapkan Selamat dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Cara Mengucapkan Selamat dalam Bahasa Inggris

2020.12.15

Sangat mengucapkan selamat kepada orang lain atas pencapaiannya, kamu mungkin akan mengucapkan “congratulations”. Tapi, tahukah kamu bahwa ungkapan selamat dalam bahasa Inggris bisa disampaikan menggunakan kalimat lain? Ya, sebenarnya ada banyak pilihan kalimat ucapan selamat dalam bahasa Inggris dengan makna yang berbeda-beda seperti berikut ini.

Congratulations

Sebagian besar orang termasuk kamu pasti tahu ungkapan paling standar yang akan digunakan untuk memberikan selamat kepada orang lain dalam bahasa Inggris adalah “congratulations” yang bisa juga disingkat menjadi “congrats” dalam situasi kasual. Dalam bahasa Inggris, ucapan selamat ini memiliki makna “selamat”. Kamu bisa menggunakannya dalam berbagai situasi dan kondisi. Contoh, “Congratulations for your graduation!” atau, “I knew it was only a matter of time. Congratulations!”

I’m happy for you

Selain “congratulations” ucapan selamat dalam bahasa Inggris bisa disampaikan menggunakan kata “I’m happy for you” yang artinya “aku turut berbahagia untukmu.” Sama halnya dengan “congrats” kalimat ini juga bisa digunakan dalam berbagai situasi. Contohnya, “I’m happy for your wedding!” yang artinya “Aku bahagia atas pernikahanmu.” Kamu juga bisa mengucapkan, “I’m happy for your new job!” yang artinya, “Aku bahagia atas pekerjaan barumu.”

Well done!

Meski tidak terlihat seperti ucapan selamat dan cenderung terlihat seperti pujian, “well done” yang artinya kurang lebih, “Kamu melakukannya dengan baik,” bisa digunakan untuk mengungkapkan selamat. Saat mengucapkan “well done”, berarti kamu sudah mengakui kehebatannya dalam melakukan sesuatu dan ingin mengucapkan selamat atas kehebatannya tersebut. Meski tidak secara memberikan arti selamat secara harfiah, tapi kamu bisa menggunakannya sebagai variasi.

Kata sifat

Kamu juga bisa lho, menggunakan berbagai kata sifat atau “adjektif” sebagai salah satu bentuk ucapan selamat dalam bahasa Inggris. Sama halnya dengan “well done”, penggunaan berbagai kata sifat ini adalah ungkapan selamat yang disampaikan secara tak langsung.

Contohnya, saat seseorang yang kamu kenal berhasil meraih suatu pencapaian, kamu bisa saja mengucapkan, “Amazing!” yang artinya, “Hebat!” Itu tandanya kamu memberikan pujian sekaligus memberikan selamat atas kehebatannya.

Ada lagi contoh lainnya, seperti, “Awesome!” yang artinya, “Keren!” Dengan kata sifat ini kamu menunjukkan kekaguman pada orang tersebut sembari memberikan ungkapan selamat karena telah “keren” dan berhasil meraih pencapaiannya.

“Happy ………..!”

Ucapan selamat dalam bahasa Inggris juga bisa disampaikan menggunakan kalimat yang diawali dengan kata “happy”. Salah satunya adalah “Happy birthday!” yang menjadi ungkapan paling umum saat mengucapkan selamat pada seseorang atas pertambahan usianya. Lalu, kamu juga bisa menggunakan formulasi ini untuk mengucapkan selamat sesuai dengan situasinya. “Happy wedding,” “Happy thanksgiving,” “Happy Valentine’s Day,” dan “Happy Halloween” merupakan berbagai ucapan selamat yang disesuaikan dengan kondisinya saat itu.

Menggunakan quotes

Kamu bisa juga menggunakan kutipan atau “quote” untuk mengucapkan selamat kepada lawan bicara dalam bahasa Inggris. Namun ingat, gunakan kutipan yang sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Salah satu “quote” yang bisa kamu gunakan untuk mengucapkan selamat kepada orang lain adalah kutipan milik Ralph Waldo Emerson yang berbunyi, “The reward of a thing well done is to have done it.” Maknanya, “Hadiah atau imbalan karena telah berhasil melakukan suatu hal dengan baik adalah berhasil melakukannya.”

Nah, kira-kira, kamu ingin mengucapkan selamat dengan ungkapan yang mana ya?

Daftar Konsultasi Gratis

6 Cara Mengucapkan Selamat dalam Bahasa Inggris