Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Menggunakan At Least, Which Is, Literally, dan Prefer
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Menggunakan At Least, Which Is, Literally, dan Prefer

2020.11.27

Kamu mungkin sering kali kebingungan menemukan padanan kata yang tepat untuk beberapa hal dalam bahasa Indonesia saat sedang berbicara dengan orang lain. Lalu, alih-alih menjelaskannya dalam bahasa tersebut, kamu memilih untuk menggunakan padanan kata dalam bahasa Inggris. Ada beberapa kata bahasa Inggris yang sering terselip saat kamu berbicara dalam bahasa Indonesia, di antaranya adalah at least, which is, literally, dan prefer. Yuk, simak penjelasan makna dan penggunaannya yang tepat dari kata-kata tersebut berikut ini.

At least

Jika frasa at least diartikan ke dalam bahasa Indonesia, artinya menjadi, “setidaknya” atau “sekurang-kurangnya”. Contoh penggunaan kata at least yang berarti “setidaknya” adalah, “Brush your teeth at least twice a day.” Artinya, “Gosok gigimu setidaknya dua kali dalam sehari.” Namun, kata ini juga bisa digunakan saat ingin memberikan komentar positif atas suatu keadaan yang buruk jika dilihat dari gambaran utuhnya. Misalnya, “You are late, but at least you came.” Pada kalimat itu, at least mengawali sebuah komentar positif yaitu “you came” dari sebuah situasi yang sebenarnya negatif, yaitu “you are late”.

Which is

Saat mencampuradukkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, kamu mungkin sering juga menyelipkan kata “Which is” misalnya, “Harga buku ini sepuluh ribu, which is murah banget.” Namun, ternyata penggunaan kata “which” dalam bahasa Inggris tidak semudah saat kamu menyisipkannya dalam percakapan sehari-hari berbahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris, penggunaan kata “which” tidak selalu diikuti dengan “is”. Kata which sendiri biasanya digunakan untuk menambahkan informasi yang berkaitan dengan klausa sebelumnya di kalimat yang sama.

Sebagai contoh, “She cooks breakfast for me everyday, which I find incredible.” Pada kalimat ini, kata which tidak diikuti dengan kata is. Pada kalimat ini, kata “which” mengacu pada pernyataan “She cooks breakfast for me everyday.”

Begitu pula dengan kata which pada kalimat, “She said Andy took all of her money, a claim which Andy denies.” Pada kalimat ini, kata “which” mengacu pada frasa “a claim”.

Masih banyak lagi penggunaan kata “which” yang tidak selalu diikuti oleh kata “is”. Maka itu, akan lebih baik jika kamu juga mulai mengevaluasi penggunaan kata “which is” yang sering terselip saat berbahasa Indonesia agar tidak memengaruhi penggunaannya dalam bahasa Inggris. Selain itu, pelajari secara lengkap bagaimana penggunaan kata “which” yang baik dan benar

Literally

Kata literally termasuk ke dalam jenis kata keterangan yang berarti, “arti yang sesungguhnya.” Kamu mungkin pernah mengucapkannya saat ingin menggunakan makna yang sesungguhnya dari kata atau frasa yang sedang kamu ucapkan dalam percakapan. Sebagai contoh, penggunaan kata literally terlihat pada kalimat, “She lives literally next to my house.” Hal ini berarti pembicara berusaha menjelaskan atau menekankan bahwa orang yang sedang dibicarakan tinggal tepat di sebelah rumahnya, bukan hanya sekedar tinggal di daerah yang dekat dengan rumahnya.

Prefer

Sementara itu, kata “prefer” yang termasuk ke dalam kata kerja memiliki arti “lebih menyukai, memilih, atau menginginkan satu hal dibandingkan hal lainnya.” Kamu bisa menggunakan kata prefer dengan mengucapkan perbandingannya, seperti, “I prefer pancake to waffle,” yang berarti pembicara lebih suka makan pancake dibanding makan waffle. Namun, penggunaan kata prefer juga dianggap benar tanpa menyebutkan perbandingannya, seperti, “I prefer to sleep, but I can’t.” Pada kalimat itu hanya menyebutkan hal yang ingin dilakukannya tanpa menyebutkan kegiatan lain sebagai pembandingnya.

Oleh karena itu, perhatikan selalu penggunaan kata bahasa Inggris tersebut, termasuk saat mencampuradukkannya dengan bahasa Indonesia, agar selalu menggunakannya dengan tepat.

Daftar Konsultasi Gratis

Menggunakan At Least, Which Is, Literally, dan Prefer