Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Menggabungkan Speaking dan Grammar saat Belajar Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Menggabungkan Speaking dan Grammar saat Belajar Bahasa Inggris

2020.08.14

Dalam mempelajari bahasa Inggris, grammar atau tata bahasa dan speaking atau kemampuan berbicara adalah dua hal yang sama pentingnya. Jika perlu, kamu harus mempelajarinya secara beriringan. Sayangnya, banyak orang yang terkecoh dengan mempelajari salah satunya terlebih dahulu. Nah, ada tips belajar grammar dan speaking secara bersamaan, seperti berikut ini.

Pahami grammar dasar terlebih dahulu

Kamu mungkin bisa mempelajari grammar dan speaking secara bersamaan. Namun, setidaknya kamu sudah paham aturan grammar dasar sebelum memulai sebuah percakapan. Hampir tidak mungkin kamu bisa menyusun kalimat yang padu padan jika tidak mengetahui bagaimana aturan grammar yang paling mendasar.

Sebagai contoh, setidaknya kamu harus tahu bagaimana susunan kalimat yang benar dalam bahasa Inggris. Lalu, kamu juga diharapkan untuk memahami beberapa tenses yang masih tergolong mudah, seperti simple present dan simple past dan kapan harus menggunakannya.

Seiring dengan hal tersebut, kamu bisa meningkatkan kemampuan grammar sembari latihan berbicara.

Saat berbicara jangan terlalu memikirkan grammar

Meski kamu tahu bahwa grammar merupakan aspek penting dalam berbicara, bukan berarti kamu harus memikirkannya terlalu keras. Hal ini disebabkan, saat kamu terlalu fokus terhadap grammar saat berbicara, kamu mungkin justru menjadi terbata-bata.

Dalam berbicara bahasa Inggris, setidaknya lawan bicaramu mengerti apa yang sedang kamu katakan. Bahkan, terkadang native pun tidak terlalu memerhatikan grammar yang benar, apalagi jika harus menggunakan tenses yang terlalu rumit.

Hal yang terpenting, kamu bisa menyusun kalimat dengan baik terlebih dahulu. Sisanya, kamu bisa pelajari bersama-sama dengan belajar berbicara. Jangan takut untuk membuat kesalahan, ya.

Langsung praktekkan grammar yang baru dipelajari

Sebenarnya, ilmu dari grammar yang kamu pelajari akan lebih mudah ‘menempel’ di kepala jika langsung digunakan. Kamu bisa mempraktekkan penggunaan aturan tata bahasa yang kamu pelajari saat menulis. Namun, kamu juga bisa menggunakannya saat berbicara.

Meski salah satu tips speaking adalah tidak terlalu fokus pada tata bahasa, kamu sebenarnya bisa melatih kemampuan grammar sekaligus speaking di waktu yang bersamaan.

Saat baru saja mempelajari sebuah aturan grammar, coba untuk langsung mempraktekkan dengan berbicara. Khususkan praktek tersebut untuk melatih penggunaan grammar dalam setiap kalimat yang kamu ucapkan.

Sedikit demi sedikit, kamu akan terbiasa menggunakan aturan tata bahasa tersebut, sehingga saat berbicara dengan aturan itu, kamu sudah mampu menggunakannya tanpa berpikir terlalu lama terlebih dahulu.

Perbaiki mindset mengenai grammar dan speaking

Alih-alih menggabungkan keduanya, sering kali orang justru mempelajarinya di waktu yang berbeda. Alasannya, saat belajar speaking orang cenderung menganggap bahwa berusaha memahami aturan grammar justru berpotensi menghambat progres dalam belajar berbicara.

Jika kamu masih berpikiran demikian, segera perbaiki mindset atau pola pikir mengenai hal ini. Hal ini disebabkan, grammar sebenarnya penolong saat belajar berbicara bahasa Inggris. Tips grammar yang kamu pahami justru dapat membuat waktu belajar speaking menjadi lebih efisien.

Di samping itu, yakini bahwa saat berbicara, kamu tidak harus mahir dalam semua aturan grammar. Hal yang terpenting adalah, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, lawan bicara paham apa maksud dari ucapan kamu.

Nah, jadi tidak perlu terlalu khawatir untuk menggabungkan kedua aspek yang memang penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Tidak masalah jika masih terus membuat kesalahan selama proses belajar. Ingin mengenal lebih dalam mengenaik speaking dalam bahasa Inggris? Klik link berikut ini ya. Selamat mencoba, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

grammar dan speaking