Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Cara Memperbanyak Kosa Kata dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Cara Memperbanyak Kosa Kata dalam Bahasa Inggris

2020.10.23

Memperbanyak kosa kata bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa tersebut, baik saat sedang menulis, membaca, mendengarkan, hingga berbicara. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk memperkaya kosa kata bahasa Inggris:

Banyak membaca buku berbahasa Inggris

Salah satu cara cepat dan jitu jika ingin memperkaya kosa kata dalam bahasa Inggris adalah membaca. Cobalah untuk membaca beragam buku dengan genre yang berbeda-beda.

Awalnya, kamu mungkin akan merasa kesulitan karena banyak kata yang tidak kamu mengerti. Tapi, semakin banyak buku yang kamu baca, semakin banyak pula kosa kata bahasa Inggris yang terekam oleh memorimu.

Di samping itu, semakin sering berjumpa dengan kata yang sama, kamu akan memahami kata tersebut dari konteks-konteks penggunaannya.

Menonton film dalam bahasa Inggris

Saat kamu nonton film, cobalah untuk menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Saat itu kamu akan memperkaya diri dengan berbagai kosa kata bahasa Inggris yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Belum lagi, kamu akan lebih mudah memahami kata tersebut dari konteks penggunaan yang hadir dalam bentuk cerita dalam film yang lebih mudah kamu pahami maksudnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui pelafalan atau cara mengucapkan tiap-tiap kata dengan benar melalui aktor dan aktris dalam film yang mengucapkan kata-kata tersebut. Jadi, selain memperkaya kosa kata dalam bahasa Inggris, kamu pun mengakrabkan pendengaranmu dengan pelafalan kata yang sedang kamu pelajari.

Mempelajari satu kata dalam satu hari

Memperbanyak kosa kata dalam bahasa Inggris tidak harus dalam jumlah yang banyak. Asalkan metode yang digunakan efektif, tak masalah jika kamu hanya menambah satu kosa kata baru dalam satu hari. Yang terpenting, kamu akan terus mengingat dan memahami penggunaan kata tersebut seterusnya.

Sebagai contoh, saat kamu mempelajari sebuah kata, cobalah untuk menggunakannya terus-menerus. Mulai dari berbicara dan menulis menggunakan kata tersebut dan lakukan berulang kali sepanjang hari selagi kamu memiliki waktu luang.

Bermain permainan kata

Jika kamu memiliki teman atau partner belajar, mungkin proses memperbanyak kosa kata dalam bahasa Inggris akan terasa lebih seru dan menantang. Salah satu yang bisa kamu lakukan dengan teman belajarmu adalah bermain permainan kata.

Ada banyak jenis permainan kata, tapi pilihlah permainan yang membuat kamu terus mempelajari kosa kata baru. Sebagai contoh, teka-teki silang dan scrabble. Kamu bisa membuatnya menjadi persaingan sehat dengan teman belajar sehingga kalian berdua sama-sama bersemangat untuk terus belajar.

Mencatat semua kosa kata baru

Tidak ada salahnya untuk mencatat setiap kata yang baru kamu pelajari. Catat kata dan maknanya di dalam buku dan gunakan masing-masing kata tersebut sesering mungkin untuk membuat jurnal atau catatan harian.

Dengan metode ini, setiap kata yang sudah kamu pelajari akan semakin mudah untuk diingat karena terus digunakan. Selain pada tulisan atau catatan harian, kamu juga bisa menggunakannya dalam percakapan.

Menggunakan kamus

Tidak ada salahnya untuk sering membaca kamus dan menggunakannya sebagai referensi untuk memperbanyak kosa kata dalam bahasa Inggris. Jika kamu menemukan sebuah kata baru dan tidak memahami artinya, kamu bisa mencari maknanya di kamus.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu sinonim, antonim, dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat.

Sebenarnya, memperbanyak kosa kata bahasa Inggris bukanlah hal yang rumit. Semua tergantung dari niat dan keinginan kamu, jadi jangan patah semangat untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Cara Memperbanyak Kosa Kata dalam Bahasa Inggris