Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Cara Memakai Kata “Ago” Sesuai Aturan Penggunaannya
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Cara Memakai Kata “Ago” Sesuai Aturan Penggunaannya

2021.03.03

Kamu pasti sudah cukup akrab dengan kata “ago”, baik saat menulis atau melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Tapi, apakah kamu yakin sudah menggunakannya sesuai dengan aturan grammar yang baik dan benar? Sering kali kata “ago” digunakan sebagai keterangan waktu, tapi penggunaannya masih salah. Nah, berikut ini adalah aturan penggunaan kata “ago” beserta contoh penggunaannya yang benar:

Menggunakan past tense

Secara harfiah, kata “ago” memiliki arti “yang lalu” atau “silam”. Itu artinya, jika kamu ingin menggunakan kata ini untuk menunjukkan keterangan waktu, kamu sedang menggunakannya untuk menerangkan suatu kejadian di masa lampau.

Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan past tense jika ingin menulis sebuah kalimat dan memakai kata “ago” sebagai keterangan waktunya. Contohnya dalam kalimat, “My friend went home two hours ago,” kata kerja “went” menunjukkan bahwa kalimat tersebut menggunakan kalimat simple past tense.

Mengikuti expression of time

Dalam bahasa Inggris, yang dimaksud dengan expression of time adalah “a month”, “a day”, “an hour”, “a while” dan masih banyak lagi. Nah, penggunaan kata “ago” selalu mengikuti expression of time dalam menunjukkan keterangan waktu. Itu artinya, kamu tidak bisa hanya menggunakan kata “ago” tanpa ada expression of time jika hendak menerangkan waktu dalam sebuah kalimat. Contoh penggunaannya seperti dalam kalimat ini, “My parents arrived in Jakarta two weeks ago.”

Pada kalimat tersebut, kata “ago” mengikuti expression of time “two weeks” dalam memberikan keterangan waktu yang memiliki makna “dua minggu yang lalu.”

Menerangkan waktu lampau yang berkaitan dengan saat ini

Penggunaan kata “ago” menunjukkan waktu lampau yang masih berkaitan dengan saat ini. Karena perbandingan waktu lampau yang diterangkan menggunakan kata “ago” memiliki tolak ukur dari masa kini.

Contohnya, pada kalimat, “He called me about an hour ago,” expression of time yang berupa “an hour” pada kalimat tersebut memiliki arti bahwa waktu yang dimaksud adalah satu jam jika dihitung dari saat ini. Contoh lainnya, pada kalimat, “My mother sent me this package three days ago,” menunjukkan bahwa paket tersebut dikirim tiga hari lalu jika menggunakan tolak ukur hari ini. Namun, jika menggunakan tolak ukur hari esok, sudah terhitung empat hari yang lalu

Diikuti that-clause

Kata “ago” biasanya diikuti oleh that-clause dalam sebuah kalimat yang terdiri dari dua klausa. Biasanya, klausa yang mengikuti kata “ago” adalah penjelas dari klausa sebelumnya. Contohnya bisa kamu lihat pada kalimat berikut, “It was three years ago that I left the house.” Di dalam kalimat tersebut, klausa, “that I left the house” menambahkan keterangan dari klausa yang memuat kata “ago” sebelumnya. Oleh sebab itu, kata “ago” tidak bisa diikuti oleh since-clause karena keterangan waktu dari kedua klausa tersebut bisa bertabrakan.

Nah, dari berbagai penjelasan di atas, kini kamu sudah paham kan bagaimana cara menggunakan kata “ago” sebagai keterangan waktu yang baik dan benar? Untuk mengetahui berbagai pengetahuan menarik yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Inggris, tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar di sini.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Cara Memakai Kata “Ago” Sesuai Aturan Penggunaannya