Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Memahami Perbedaan Beberapa Konjungsi dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Memahami Perbedaan Beberapa Konjungsi dalam Bahasa Inggris

2022.03.16

“However”, “albeit”, “while”, “despite”, “nevertheless”, dan “although” merupakan conjunction atau konjungsi dalam bahasa Inggris. Ke-enam kata penghubung ini memiliki fungsi yang serupa tetapi sebenarnya tak sama. Perbedaan yang terdapat pada masing-masing kata tersebut menentukan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya dalam kalimat bahasa Inggris. Oleh sebab itu, berikut penjelasan mengenai arti dari masing-masing kata beserta contoh penggunaannya.

However

However adalah konjungsi atau kata hubung yang berfungsi untuk menunjukkan ide atau gagasan yang berlawanan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Arti however adalah “akan tetapi”, “namun”, “meski demikian”, dan sejenisnya. Kata however bisa digunakan pada awal, tengah, maupun akhir kalimat. Jika kamu menggunakan kata however pada awal kalimat, pastikan untuk menambahkan tanda koma (,) setelahnya. Nah, untuk lebih jelasnya, simak penggunaan kata “however” yang tepat berikut ini.

●        Ted and Robin fall in love with each other. However, they don’t know how to tell each other. (Ted dan Robin saling jatuh cinta. Namun, mereka tidak tahu bagaimana memberi tahu satu sama lain.)

●        Lily is a lovely person. She, however, can’t control herself sometimes. (Lily adalah orang yang menyenangkan. Namun, terkadang ia tidak bisa mengontrol dirinya.)

●        Barney is rich and smart. He is also a womanizer, however. (Barney adalah orang yang kaya dan pintar. Akan tetapi, ia juga suka mempermainkan perempuan.

Albeit

Konjungsi berikutnya adalah albeit yang memiliki arti “meskipun” atau “walaupun”. Kata hubung yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan although ataupun despite dalam kalimat bahasa Inggris. Akan tetapi, jika dibandingkan kedua kata lainnya, kata ini sudah tergolong old-fashioned atau kuno karena penggunaannya sudah jarang di zaman sekarang. Biasanya, albeit diikuti oleh adverb atau kata keterangan, adverbial phrase, atau adjectival phrase. Agar kamu lebih memahami cara penggunaan kata hubung yang satu ini, simak contohnya berikut:

●     She’s making progress, albeit slowly. (Dia membuat kemajuan, meskipun lambat.)

●     Albeit coming late, I managed to come to your birthday party. (Meskipun datang terlambat, aku berhasil datang ke acara ulang tahunmu.)

●     My husband brought me some Japanese food, albeit it doesn’t suit my appetite. (Suamiku membawakanmu makanan Jepang, meski kurang sesuai dengan seleraku.)

While

Kata penghubung berikutnya adalah “while”. Kata ini memiliki fungsi untuk menghubungkan dua kejadian yang terjadi secara bersamaan. Dalam konteks ini, “while” memiliki makna, “ketika” dalam bahasa Indonesia.

Berikut adalah contoh penggunaan kata hubung, “while” dalam kalimat bahasa Inggris:

●        While we were eating dinner in the dining room, Lucy was sleeping in her room. (Saat kami sedang makan malam di meja makan, Lucy sedang tidur di kamarnya.)

●        My parents came home while I was watching movies. (Kedua orang tuaku pulang saat aku sedang menonton film.)

●        My brother was sleeping while I was fully awake. (Kakakku sedang tidur saat aku benar-benar sedang terjaga.)

Namun, tak hanya itu, while juga bisa menjadi kata hubung yang menunjukkan kontras dalam sebuah kalimat mengenai dua hal.

●     Aceh is in the west of Indonesia, while Jayapura is in the east. (Aceh terletak di Indonesia barat, sedangkan Jayapura di Indonesia timur.)

●     While Joey’s hair is black, Rachel’s hair is blonde. (Rambut Joey berwarna hitam, sedangkan rambut Rachel berwarna pirang.)

Despite

Kata despite juga termasuk konjungsi atau kata hubung yang memiliki fungsi untuk menunjukkan adanya kontras dalam sebuah kalimat. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “despite” berarti “walaupun” atau “meskipun”. Kata hubung yang satu ini harus selalu diikuti oleh kata benda atau noun, gerund atau (verb+ing), atau pronoun (kata ganti).

Contoh:

●     Despite his laziness, he managed to be the top of the class. (Meskipun malas, ia berhasil menjadi ranking di kelas.)

●     Arvin decided to go to the office, despite not feeling well. (Arvin memutuskan untuk pergi ke kantor walaupun sedang tidak enak badan.)

●     Despite the heavy traffic, Jacob made it on time. (Meskipun lalu lintas yang macet, Jacob tetap bisa datang tepat waktu.)

Nevertheless

Nevertheless adalah konjungsi yang berfungsi untuk menunjukkan ide kontras dari dua kalimat. Fungsinya sebagai kata hubung tak jauh berbeda dengan however. Ini tandanya, dalam bahasa Indonesia, nevertheless bisa berarti “namun”, “tetapi”, atau “meskipun demikian”.

Penggunaannya dalam kalimat juga bisa di awal, di tengah, maupun di akhir kalimat. Jika digunakan di awal kalimat, nevertheless harus diikuti oleh tanda baca koma (,). Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat:

●        Ron has been in love with Hermione for a long time. Nevertheless, he has no guts to tell her how he feels. (Ron sudah jatuh cinta kepada Hermione untuk waktu yang lama. Namun, dia tidak memiliki keberanian untuk memberi tahunya apa yang ia rasakan.)

●        Neville didn’t study for the Herbology test. He passed with a perfect score, nevertheless. (Neville tidak belajar untuk tes Herbologi. Akan tetapi, ia berhasil mendapatkan nilai yang baik.)

●        Luna is very beautiful. She is, nevertheless, a little bit weird. (Luna sangatlah cantik. Namun, dia sedikit aneh.)

Although

Kata hubung terakhir yang akan kita bahas adalah although. Kata hubung yang satu ini berfungsi untuk menunjukkan kontras di antara dua kalimat yang dihubungkan menjadi satu kalimat. Dalam bahasa Indonesia, kata yang satu ini berarti “meskipun” atau “walaupun”. Kata yang satu ini harus selalu diikuti oleh kalimat yang setidaknya terdiri subjek dan kata kerja.

Berikut contoh penggunaan “although” yang tepat:

●     We get along well, although we have only known each other for a very short time. (Kita berhubungan sangat baik, meskipun kita hanya saling mengenal untuk waktu yang sangat singkat.)

●     Although he was hungry, he did not eat or drink. (Meskipun dia lapar, dia tidak makan atau minum.)

●     Aslan lives in a small house, although his parents are very rich. (Aslan tinggal di sebuah rumah yang kecil, meskipun kedua orang tuanya sangat kaya.)

Nah, dari penjelasan di atas, kini kamu sudah tidak kebingungan lagi kan membedakan kosakata tersebut?

Daftar Konsultasi Gratis

Memahami Perbedaan Beberapa Konjungsi dalam Bahasa Inggris